9 Daftar Menu Diet Sehat Tanpa Nasi Yang Terbukti Khasiatnya

Diet adalah jalan yang paling banyak orang ambil ketika menginginkan bentuk tubuh yang ideal atau langsing. Oleh karenanya, mereka akan menghindari untuk makan nasi. Karena nasi mengandung karbohidrat dan kadar gula tinggi yang mana jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan masalah obesitas. Ada beberapa pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi saat melakukan diet agar mendapatkan hasil sesuai dengan harapanmu. Berikut daftar menu diet sehat tanpa nasi yang wajib kamu coba dan lakukan!

1. Dengan mengkonsumsi singkong

Singkong bisa kamu gunakan  sebagai menu andalan dalam melakukan program diet. Karena singkong merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dan sangat baik untuk kesehatan. Singkong juga mampu membuat perasaan kenyang yang lebih tahan lama dalam perut. Sehingga sangat cocok jika digunakan untuk menurunkan berat badan.

Cara menggunakan singkong sebagai menu diet sehat tanpa nasi juga sangat mudah. Cukup dengan merebus beberapa batang umbi singkong, kemudian dimakan tiga kali dalam sehari. Tujuannya agar asupan energi masih tetap terjaga ketika melakukan aktivitas.

2. Dengan mengkonsumsi sereal

Jika menginginkan menu diet sehat tanpa nasi, sereal bisa menjadi pilihan sekaligus andalan kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Meskipun terdengar sepele ditelinga, namun nayatanya ini bisa menjadi menu yang sangat efektif untuk membentuk postur tubuh yang ideal.

Pada sereal kamu akan mendapatkan karbohidrat yang sebagai energi untuk beraktivitas melalui kandungan gandum yang merupakan bahan utama dari sereal ini. Selain mengandung karbohidrat, dalam sereal juga kaya kandungan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya seperti, zat besi, serat yang tinggi, vitamin B, dan protein.

Menu sereal ini sangat cocok kamu gunakan untuk sarapan di pagi hari. Jika ingin mendapatkan rasa yang lebih nikmat, kamu bisa memadukannya dengan susu yang rendah lemak. Tertarik untuk mencoba?

3. Daftar menu diet sehat tanpa nasi dengan ubi

Kamu bisa memasukkan ubi ke dalam daftar menu diet sehat di rumah. Sama halnya dengan singkong, ubi juga memiliki karbohidrat yang rendah akan kandungan gula. Sehingga ketika mengkonsumsinya, kamu tidak perlu khawatir lagi akan berat badan yang meningkat.

Sama halnya dengan singkong, ketika ingin mengkonsumsi ubi sebagai menu diet kamu hanya tinggal merebus beberap potong ubi. Dan setelah matang, makanlah 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan untuk memberikan asupan energi yang pas ke dalam tubuh kamu. Penting untuk diketahui, ubi menjadi menu favorit bagi para wanita-wanita korea sebagai bahan andalan mereka untuk melakukan penurunan berat badan.

4. Mengkonsumsi roti gandum cokelat

Makanan selanjutnya yang wajib kamu masukkan pada daftar menu diet sehat tanpa nasi adalah roti gandum cokelat. Roti gandum cokelat memiliki manfaat yang sama dengan gandum biasa. Sehingga sangat cocok jika kamu konsumsi sebagai asupan energi dan sebagai makanan penurun berat badan.

Selain mampu menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh, roti gandum cokelat juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatannya. Diantaranya ada mineral alami, vitamin B, dan juga serat yang tinggi. Dengan kandungan yang luar biasa, kamu tidak perlu ragu lagi jika menggunakan roti gandum cokelat sebagai menu utama diet tanpa nasi.

5. Dengan menggunakan kentang

Sebagian besar masyarakat yang akan menjalani program diet tidak sadar jika kentang mampu dijadikan sebagai menu utamanya. Mereka hanya menggunakan kentang sebagai menu tambahan semata saja.

Sejatinya kentang adalah menu andalan yang bisa kamu gunakan sebagai bahan makanan utama ketika kamu melakukan program diet. Pasalnya kentang mampu memberikan asupan energi yang tinggi sama halnya seperti ubi dan singkong. Selain itu juga, kentang mengandung karbohidrat yang rendah gula. Sehingga kamu tidak lagi khawatir jika mengkonsumsi kentang membuat tubuh gemuk.

Kentang bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis makanan. Misalnya di sisir tipis-tipis kemudian digoreng menjadi menu camilan, direbus, atau olah dan dicampur pada sayur-sayuran.

6. Menjadikan jagung sebagai pengganti nasi

Jagung merupakan salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Oleh karena kepopulerannya, jagung sering diolah oleh banyak orang menjadi berbagai jenis makanan olahan. Nah, siapa sangka jika jagung ini bisa kamu masukkan sebagai salah satu daftar menu diet sehat tanpa nasi di rumah.

Ini disebabkan karena jagung memiliki kandungan indeks glikemik yang lebih rendah daripada 100 gram kentang. Nilai indeks glikemik yang dimaksud di sini adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur cepat atau lambatnya tubuh dalam mencerna karbohidrat yang dikonsumsi.

Apabila nilai ideks glikemik yang ada pada makanan itu tinggi, maka akan semakin cepat tubuh dapat mencerna karbohidrat yang terdapat pada makanan. Begitu juga sebaliknya, jika nilai indeks glikemik rendah, maka semakin rendah pula kemampuan tubuh dalam mencerna karbohidrat yang ada pada makanan.

Oleh karena demikian, semakin rendah kandungan ideks glikemik yang ada pada jagung yang dicerna oleh tubuh, maka resiko akan kenaikan gula darah pada tubuh bisa dipastikan akan semakin rendah juga.

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengandalkan jagung sebagai pengganti nasi dalam program dietmu.

7. Dengan mengkonsumsi pisang

Siapa sih tidak mengenal buah pisang ini? Tentu semua orang mengetahui pisang. Selain memiliki cita rasa yang enak, buah pisang juga mudah ditemui serta memiliki harga yang relative murah di pasaran. Oleh karenanya, kamu sangat wajib memasukkan buah pisang ke dalam daftar menu diet sehat tanpa nasi.

Pisang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mana memiliki manfaat membuat perut terasa kenyang. Dengan cara kamu mengkonsumsi 3 buah pisang dalam sehari, itu artinya kamu telah mampu mengganjal perut untuk tidak cepat dalam merasakan lapar.

8. Mengkonsumsi salad

Tahukah kamu, jika salad bisa dimasukkan ke dalam daftar menu diet sehat tanpa nasi untuk membantumu memperlancar dalam proses penurunan berat badan agar mendapatkan postur tubuh yang ideal. Kamu bisa memanfaat buah atau sayur salad sebagai menu utama pengganti nasi. Namun kamu juga wajib mengatur porsinya disetiap harinya.

Kendati salad berasal dari keluarga buah dan sayur, namun kamu tidak boleh asal dalam meramu buah untuk dijadikan salad. Untuk buah yang sangat bagus dijadikan salad itu ada buah apel, jeruk, anggur, melon, dan beri. Kamu bisa juga memakan secara langsung atau membuatnya jus tanpa harus meracik terlebih dahulu buah-buah tersebut menjadi salad.

9. Mengkonsumsi buncis dan wortel

Makanan terakhir untuk menu diet sehat tanpa nasi adalah wortel dan kentang. Untuk makanan ini sendiri sangat mudah untuk didapatkan di pasar atau warung-warung terdekatmu. Selain mampu digunakan untuk menurunkan berat badan, wortel dan buncis memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat. Sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama. Nah itulah 9 daftar menu diet sehat tanpa nasi yang bisa kamu jadikan sebagai makanan untuk membantu menurunkan berat badan. Ingat, cara ini adalah bukan cara instan yang bisa memberi efek secara cepat. Melainkan, ini membutuhkan proses agar mendapatkan hasil yang maksimal namun kondisi tubuh tetap dalam keadaan sehat. Selamat mencoba!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *