Menu Diet Sehat 30 Hari dengan Nasi Merah, Turun Sampai 7 Kg!

By

sumbersehat – Menu diet sehat 30 hari dengan nasi merah menjadi marak digandrungi muda-mudi. Bagaimana tidak, untuk menunjang kepercayaan diri maka diet menjadi jawaban yang paling tepat. Khususnya bagi orang-orang yang merasa bahwa kurus menjadi standar kecantikan tertentu. Terlepas dari pro dan kontra mengenai diet, konsumsi nasi merah memang terbukti efektif menurunkan berat badan. 

Bahkan di beberapa jenis diet lainnya, penggunaan nasi merah sebagai sumber energi cukup lazim dilakukan. Namun, bila Anda mengonsumsi nasi merah secara terus-menerus tanpa adanya variasi, maka kebosanan pun tak jarang melanda. Di bawah ini beberapa tips dan menu diet sehat 30 hari dengan nasi merah, termasuk variasi  menunya. Apa saja? Simak ulasannya berikut!

Menu diet sehat 30 hari dengan nasi merah

Inilah Menu Diet Sehat 30 Hari dengan Nasi Merah

Diet tak boleh sembarangan, Anda harus memperhatikan dengan detail asupan makanan yang masuk ke tubuh. Ikuti tips di bawah ini:

Memperhatikan takaran konsumsi

Proses diet dapat berlangsung sesuai dengan takaran konsumsi dan jenis diet yang Anda lakukan. Ada banyak jenis diet yang seringkali salah diterapkan. Seperti halnya diet menghindari nasi yang disalah artikan dengan tidak mengonsumsi nasi sama sekali. Padahal, ini sangat berbahaya. 

Sementara untuk diet nasi merah, Anda bisa mengonsumsinya 2 kali sehari yaitu di pagi hari saat sarapan dan siang hari. Nasi merah yang tinggi serat akan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Diet ini juga tidak menyiksa lambung ataupun organ tubuh seperti halnya diet yang benar-benar menghindari konsumsi nasi. 

Imbangi dengan buah dan sayur

Untuk hasil menu diet sehat 30 hari dengan nasi merah yang sesuai harapan, Anda juga harus mengimbanginya dengan konsumsi buah maupun sayur. Usahakan untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur setiap kali makan. Contohnya ketika sarapan, Anda bisa mengonsumsi nasi merah dengan sayur dan ditutup oleh buah. 

Hal ini juga berlaku ketika makan siang. Hanya saja, Anda bisa menambahkan protein pada porsi makan siang Anda. Protein ini bisa berbentuk rebusan daging ayam atau bahkan telur yang direbus. Sementara di malam hari, Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur saja. 

Kurangi konsumsi minuman dan makanan manis

Tips memilih menu diet sehat 30 hari dengan nasi merah selanjutnya adalah turut mengurangi konsumsi berbagai makanan dan minuman manis. Beberapa makanan manis seperti donat, manisan, sampai jajanan yang mengandung gula tinggi harus dikurangi. Selain berpotensi menaikkan berat badan, makanan manis cenderung membuat Anda menjadi mudah lapar.

Selain itu, beberapa minuman manis seperti teh dan minuman berkarbonasi juga sebaiknya dihindari karena mengandung kadar gula tinggi. Di samping makanan dan minuman manis, hindari juga makanan berminyak seperti gorengan atau jajanan dengan kandungan minyak berlebih. 

Jangan lupa berolahraga

Selain mengatur pola makan sehat dan menghindari beberapa makanan manis, asin, sampai mengandung minyak berlebih dalam menu diet sehat 30 hari dengan nasi merah, Anda juga dianjurkan untuk melakukan olahraga. Kegiatan olahraga ini dapat dilakukan di pagi maupun sore hari selepas beraktivitas. 

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup yang ringan seperti senam lantai. Hal ini dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan sekaligus membentuk bagian tubuh tertentu seperti lengan atau perut. Usahakan melakukan olahraga secara rutin dengan durasi waktu selama 30-60 menit.

Atur pola hidup sehat

Tips terakhir namun penting dalam melakukan diet sehat yaitu menjaga pola hidup yang sehat. Selain berbagai menu diet sehat 30 hari dengan nasi merah, melakukan kegiatan olahraga, dan menghindari beberapa junk food, menjaga porsi tidur juga sangat dianjurkan. Usahakan untuk mendapat jam tidur selama 6 jam atau sekurang-kurangnya 5 jam dalam sehari. 

Hal ini dikarenakan porsi tidur juga akan berpengaruh pada kecepatan metabolisme tubuh. Di luar jam tidur, Anda sangat dianjurkan menghindari berbagai minuman beralkohol juga rokok yang akan menghambat diet Anda. Hindari pula stress dan rasa tertekan yang berpotensi meningkatkan maupun menurunkan nafsu makan.

Variasi Menu Diet Sehat 30 Hari dengan Nasi merah

Agar tak bosan dan menjaga motivasi sebagai penunjang kesuksesan diet, lakukan variasi pada menu makanan setiap harinya.Berikut rekomendasinya: 

Hari Senin

Contoh menu diet sehat 30 hari dengan nasi merah yang pertama adalah memulai diet dengan makanan peralihan terlebih dahulu. Di pagi hari, Anda bisa mengonsumsi nasi merah sebanyak 5-6 sendok makan kemudian dipadukan dengan sayuran brokoli. Brokoli bisa Anda rebus dan dipadukan dengan satu butir telur rebus. 

Di siang hari, Anda bisa memadukan nasi merah dengan wortel rebus dan tambahan sedikit brokoli. Untuk konsumsi protein, gunakan telur rebus atau variasi telur mata sapi. Pastikan menggunakan sedikit minyak atau olive oil. Sementara untuk buah-buahan, Anda bisa mengonsumsi jeruk, apel, atau buah yang tersedia di rumah. 

Hari Selasa

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan nasi merah untuk diet yang dipadukan dengan sayur sup. Isinya bisa bermacam-macam seperti kentang, wortel, kol, irisan daging ayam, dan jagung. Kemudian padukan dengan telur rebus. Untuk makan siang, Anda bisa memadukan nasi dengan daging ikan rebus atau goreng. Tambahan pula wortel rebus dengan tumis sayur, bisa cah kangkung atau sawi.

Hari Rabu

Menu diet sehat 30 hari dengan nasi merah pada hari berikutnya, variasikan dengan sayuran hijau bening. Contohnya seperti bayam dengan jagung, atau sawi dengan bakso yang dimasak kuah. Tambahkan lauk sehat tempe yang digoreng dengan minyak sedikit.

Di siang hari, tambahkan tahu kukus pada menu makan siang Anda. Kemudian tambahkan pula sayuran seperti brokoli atau wortel yang direbus. Bila ingin memadukan dengan kentang, maka kurangi porsi nasi merah Anda. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah.

Hari Kamis sampai sabtu

Anda seringkali bertanya diet nasi merah turun berapa kg? Tentunya hal ini bergantung pada pola makan harian Anda. Contohnya di hari Kamis ini, Anda bisa memadukan nasi merah dengan salmon panggang. Kemudian tambahkan tumis sayur tertentu atau sup kuah. 

Sementara itu, di siang hari Anda bisa mengonsumsi nasi merah dengan lauk yang sama atau dada ayam rebus. Jangan lupa mengonsumsi buah dengan sayuran sesuai selera Anda. 

Hari Minggu

Terakhir, untuk hari minggu Anda bisa melakukan cheating day atau hari bebas makan. Dari hari senin sampai sabtu, Anda dapat melakukan variasi pada makanan dan buah yang dikonsumsi. Dengan diet seperti ini, ketika Anda bertanya diet nasi merah turun berapa kg? Maka dalam sebulan paling tidak Anda bisa menurunkan berat 5-7 kg. Hasil ini tentunya tergantung juga dengan olahraga yang Anda lakukan. 

Nah, di atas adalah beberapa tips diet sehat, juga contoh variasi menu diet sehat 30 hari dengan nasi merah yang dapat Anda coba di rumah. Gaya hidup sehat ini tak hanya untuk program diet saja, tetapi juga sebagai tabungan kesehatan pada usia lanjut nanti.

Tinggalkan komentar