7 Menu Diet Maag Kronis yang Wajib Anda Konsumsi

Sumbersehat.com – Diet maag kronis bisa membantu anda dalam mengobati penyakit maag. Maag atau yang sering disebut dispepsia merupakan sebuah istilah yang kerap digunakan untuk menjelaskan ketidaknyamanan pada bagian ulu hati. Salah satu penyebab dari maag ini adalah peradangan yang terjadi di lambung.

Penderita maag kronis akan mengalami muntah, mual, kembung pada perut hingga berat badan menurun. Mengubah Gaya hidup, termasuk mengubah pola makan merupakan kunci utama penangan penyakit ini. Oleh karena itu ada berapa menu diet gastritis yang bisa digunakan penderita sebagai referensi menu makan sehat.diet penyakit maag

Inilah Menu Diet Gastritis yang Baik untuk Lambung

Berikut ini merupakan beberapa makanan diet maag kronis yang bisa membantu dalam menangani rasa sakit.

Peppermint

Penggunaan peppermint dalam mengatasi gangguan pencernaan terbukti sangat ampuh sehingga peppermint dimasukan ke dalam menu diet gastritis. Anda bisa mencampurkan peppermint ke dalam olahan makanan, minuman bahkan kue yang anda sukai. Peppermint sangat baik dalam membantu relaksasi otot otot.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal  digestive diseases and sciences makanan atau minuman diet maag kronis yang memiliki kandungan peppermint akan membantu meredakan mual, muntah, termasuk gejala hamil yaitu morning sicknes hingga meredakan nyeri yang ada disekitar ulu hati.

Selain melalui berbagai makanan dan minuman menu diet gastritis, anda juga bisa menemukan peppermint dalam bentuk suplemen herbal atau minyak aromaterapi. Dengan menghirup minyak aromaterapi yang mengandung peppermint, anda akan lebih merasa tenang dan perlahan rasa sakit akan hilang.

Teh chamomile

Di dalam pengobatan tradisional yang berkembang, teh chamomile juga bagi bagi orang yang sedang menjalani diet maag kronis. Menurut penelitian, teh yang terbuat dari bunga chamomile ini akan sangat efektif menyembuhkan gangguan pencernaan termasuk gejala seperti muntah, mual dan penyakit itu sendiri.

Selain digunakan sebagai menu diet gastritis, teh chamomile juga bisa digunakan dalam mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia. Kandungan zat flavanoid dan glizin di dalam teh ini yang membantu anda dalam mengatasi berbagai penyakit. Glizin merupakan zat yang membantu dalam mengurangi rasa sakit dan kram perut.

Anda tidak perlu takut mengkonsumsi teh chamomile saat diet maag kronis. Dengan teh ini, gula darah anda juga akan menurun. Selain anda bisa mengobati rasa nyeri pada ulu hati, anda juga akan terbebas dari penyakit diabetes dan menurunkan beberapa resiko penyakit kanker seperti kanker kulit, payudara hingga rahim.

Lidah buaya

Siapa menyangka jika lidah buaya juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan makanan atau minuman menu diet gastritis. Selain menjadi tanaman hiasan yang ada di rumah kita, lidah buaya ini banyak memiliki kandungan kandungan yang baik bagi tubuh dalam mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Biasanya, banyak dari kita bahwa lidah buaya digunakan dalam bidang kesehatan untuk obat penyembuhan luka bakar. Ternyata, zat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar tersebut juga bisa digunakan untuk menyembuhkan radang di lambung dan masuk dalam menu diet maag kronis.

Dalam pengolahan lidah buaya sebagai salah satu bahan makanan atau minuman menu diet gastritis, anda harus memperhatikan takaran dalam pengolahannya. Hal ini dikarenakan lidah buaya juga berguna sebagai pencahar. Jadi jika terlalu banyak, nyeri pada lambung anda akan bertambah,

Sebagai alternatif yang sudah anda bisa membeli dan mengkonsumsi jus buah naga siap minum yang kandungan laksatif didalamnya sudah dihilangkan. Jus ini isa anda gunakan sebagai salah satu menu makanan atau minuman diet maag kronis.

Oatmeal

Oatmeal merupakan sebuah menu diet gastritis  yang terbuat dari bahan dasar gandum dengan tampilan atau terlihat seperti bubur.biasanya pengolahan oatmeal ini mencampurkannya dengan susu rendah lemak, susu almond atau berbagai buah buahan segar lainnya agar lebih terasa nikmat.

Sebagai makanan diet maag kronis, oatmeal memiliki berbagai kandungan gizi, serat dan pastinya karbohidrat yang tinggi. Beberapa zat dan senyawa baik yang ada di dalam oatmeal ini diantaranya seperti  mangan, magnesium, zat besi, fosfor, dan kandungan vitamin b yang tinggi.

Menu diet gastritis dari oatmeal ini tak hanya diperuntukan bagi para penderita maag. Dengan oatmeal, lapisan perut yang teriritasi karena asam lambung tinggi juga akan membaik. Ini karena adanya serat tinggi yang juga memperlancar kerja usus dan mencegah sembelit.

Pisang

Salah satu buah yang cocok bagi orang yang diharuskan diet maag kronis yaitu pisang. Pisang merupakan salh satu buah yang mengandung magnesium tinggi. Magnesium merupakan salah satu zat yang terdapat di dalam obat para penderita maag.

Pisang disarankan masuk ke dalam menu diet gastritis karena menyumbang banyak gizi yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Zat zat itu diantaranya seperti kalsium, besi, fosfor, natrium, kalium dan beberapa vitamin seperti vitamin b dan vitamin c.

Yoghurt

Yogurt merupakan salah satu makanan  yang bisa menjadi pilihan bagi para orang yang menderita penyakit maag yang di harus mengkonsumsi makanan diet maag akut. Hal ini dikarenakan yogurt merupakan makanan yang memberikan efek menenangkan pada tubuh, sehingga rasa nyeri yang terjadi di perut bisa reda

Dengan itulah, asam lambung yang naik dikarenakan gejala gejala penyakit maag bisa diatasi dan bisa dikendalikan dengan baik. Selain itu, kandungan bakteri baik atau probiotik yang ada di dalam yogurt sebagai menu diet gastritis dapat menjaga kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan.

Sayuran hijau

Banyak sekali jenis sayur sayuran hijau yang bisa anda temukan di berbagai pasar mulai dari pasar tradisional  hingga swalayan. Seperti sayuran kangkung, bayam, sawi, terong, buncis dan lain sebagainya. Sayuran sudah sangat terbukti berkhasiat untuk tubuh apalagi bagi para pasien yang diharuskan diet maag kronis, apalagi dengan rasa yang enak dan nagih.

Kandungan gula yang lebih rendah dari bahan makanan menu diet gastritis lainya yang membuat sayuran hijau dapat meminimalisir produksi asam lambung.karena, makanan yang memiliki kandungan lemak sangat rendah ini akan mempercepat proses pengosongan lambung dan juga sistem pencernaan.

Karena hal itulah, makanan diet maag kronis ini  bisa mencegah asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Dan tidak akan membuat anda merasa mual dan muntah. Anda bisa mengkreasikan sayuran hijau ini menjadi berbagai macam olahan hidangan yang enak untuk disantap.

Namun sebaiknya, menu diet gastritis dari sayuran hijau ini diolah dengan cara direbus. Karena pengolahan sayuran hijau dengan cara digoreng akan memakan zat zat baik dalam sayuran tersebut yang berguna bagi tubuh. Atau, anda juga bisa mengolahnya menjadi campuran sup atau capcay yang nikmat.

Itulah beberapa makanan menu diet maag kronis yang bisa anda gunakan sebagai menu makanan sehari hari penderita maag. Anda juga bisa menemukan berbagai makanan atau minuman lainnya dan mengkreasikan sesuai selera anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

program diet untuk hipertiroid

11 Tips dan Trik Melakukan Program Diet Untuk Hipertiroid

sumbersehat.com – Program diet untuk hipertiroid mudah dilakukan hanya dengan memperhatikan makanan apa saja yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *