8 Daftar Pilihan Menu Diet Diabetes Melitus, Perlu Tahu!

Sumbersehat.com – Menu diet diabetes melitus harus dikonsumsi sehari-hari oleh penderita diabetes agar kadar gula terjaga. Diabetes terdiri dari tipe 1 yang berhubungan dengan imunitas tubuh dan tipe 2 yang dikenal dengan diabetes melitus. Bila terkena diabetes melitus ini, anda harus mengontrol kadar gula darah.

Anda harus selalu mengontrol kadar gula dan menu diet Diabetes Melitus yang akan masuk pada tubuh. Dengan melakukan diet, anda bisa mendapatkan kadar gula darah yang normal. Nah, pada bacaan di bawah ini akan dijelaskan mengenai menu penderita Diabetes Melitus!

menu diet diabetes melitusInilah Menu diet Diabetes Melitus

Bahan makanan yang dibuat untuk menu diet penderita Diabetes memang terbilang mudah. Namun, tidak banyak orang yang menyadarinya. Untuk itu, perhatikan uraian berikut ini:

Oatmeal

Menu diet Diabetes Melitus yang pertama adalah berbahan dasar oatmeal. Anda harus mengetahui bahwa di dalam Oatmeal itu terdapat kandungan karbohidrat baik. Fungsi dari oatmeal ini sendiri mengenyangkan sama halnya dengan karbohidrat pada nasi. Oatmeal sangat direkomendasikan untuk menu diet penderita Diabetes.

Jagung

Di dalam jagung terdapat kandungan yang bernama Glikemik. Kandungan ini hampir sama dengan karbohidrat. Glikemik akan memberikan tenaga dan rasa kenyang untuk siapa yang mengkonsumsinya. Selain itu, jagung juga sangat baik dalam hal mengontrol gula darah yang akan masuk dalam tubuh.

Ikan

Tahukah Anda jika ikan yang berasal dari laut memiliki kandungan protein tinggi? Ikan laut dapat dijadikan sebagai menu diet Diabetes Melitus. Jenis ikan yang direkomendasikan untuk diet penderita diabet antara lain tuna, salmon, dan semacamnya. Ikan jenis itu sangat tinggi akan omega 3 yang bagus untuk tubuh.

Kacang

Bahan dasar untuk menu diet yang selanjutnya adalah kacang. Tanaman kacang-kacangan memang sangat baik untuk dikonsumsi. Di dalamnya terdapat kandungan baik bernama glikemiks. Indeks glikemiks ini mengandung karbohidrat dan rendah gula. Untuk itulah kacang-kacangan bagus untuk program diet.

Ubi Jalar

Menu diet Diabetes Melitus yang kelima adalah ubi jalar. Bahan makanan alami ini akan membawa manfaat berupa mengendalikan kadar gula. Selain itu, ubi jalar juga memiliki kandungan baik seperti serat, kalium, VItamin A, dan VItamin C. Kandungan tersebut sangat baik jika dikonsumsi dengan penulisan jadwal yang tepat.

Gandum

Bahan gandum mempunyai kadar serat yang sangat tinggi. Didalamnya juga terdapat glikemik yang bermanfaat. Serat dan glikemik akan berkolaborasi untuk membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah. Selain itu, gandum juga mampu memberikan rasa kenyang untuk siapa saja yang memakannya.

Brokoli

sayuran yang berwarna hijau pekat sangat baik untuk tubuh. Contohnya adalah sayur brokoli. Di dalam brokoli terdapat antioksidan yang banyak. Brokoli akan memberikan nutrisi yang baik untuk penderita Diabetes Melitus. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara menjadikannya sebagai lalapan, sop. salad, dan lain-lain.

Tomat

Siapa yang tidak mengetahui tomat? Buah kecil yang mengandung sejuta manfaat. Untuk menu diet Diabetes Melitus Anda bisa mencampurkan tomat ke dalam masakan. Tomat memberikan rasa kesegaran pada masakan. Di dalam tomat juga sangat banyak mengandung kandungan baik seperti vitamin yang bagus untuk tubuh.

Yogurt

Olahan susu jenis ini memang mengalami fermentasi dan membawa banyak manfaat. Yogurt mengandung probiotik yang membantu meningkatkan pencernaan dalam tubuh. Selain itu, Probiotik ini juga berfungsi untuk menurunkan gula darah dalam tubuh. Probiotik juga meningkatkan sensitivitas pada insulin.

Bahan-bahan dasar diatas sudah terpercaya akan kandungan di dalamnya. Untuk mendapatkan bahan tersebut juga cukup mudah. Selain itu, harga beli untuk beberapa bahan juga relatif murah. Selain memperhatikan bahan makanan untuk menu diet diabetes melitus, Anda juga harus memahami proses pengelolaan makan.

Karena ketika Anda salah mengelola makan yang masuk ke dalam tubuh, maka tubuh Anda akan mendapatkan asupan yang tepat. Perhatikan waktu makan, porsi makan dan jeda saat makan. Selain itu, pilih bahan yang masih segar dan berkadaluarsa dalam tenggang waktu yang lama.

Itulah penjelasan lengkap mengenai bahan dasar yang digunakan untuk menu diet Diabetes Melitus. Dapatkan informasi kesehatan dan diet lainnya di Sumber Sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

pengertian gaya hidup sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat. Seiring dengan trend akan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *