Inilah 7 Tips Tepat dalam Menjalankan Olahraga Sehat untuk Diet yang Baik

Inilah 7 Tips Tepat dalam Menjalankan Olahraga Sehat untuk Diet yang Baik – Mempunyai tubuh yang ideal dan ramping namun tetap terjaga kesehatannya, tentu bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan. Terlebih jika anda menginginkan massa tubuh yang berotot, kencang dan juga sehat. Kondisi tersebut pstinya haruslah didapatkan lewat perjuangan besar yang disertai komitmen tinggi. Anda harus mampu dalam menjaga dan merawat tubuh agar tetap prima, serta dalam penampilan yang proporsional.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan, bagi anda yang ingin mempunyai tubuh ideal dan proporsional. Satu di antaranya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur dengan porsi yang tepat. Olahraga sehat untuk diet secara rutin akan membuat tubuh anda tetap sehat dan lebih fit ketika melakukan aktivitas lain. Nah, bagi anda yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal yang senantiasa dalam kondisi sehat, melakukan olahraga menjadi hal wajib. Namun sayangnya, banyak orang yang justru malas berolahraga karena harus pergi ketempat fitness atau pusat kebugaran.

Padahal olahraga sehat untuk diet sah sah saja bila dilakukan secara mandiri di rumah. Olahraga di rumah tidak kalah efektifnya dibandingkan Anda berolahraga di gym ataupun pusat kebugaran lainnya. Pada dasarnya, tujuan olahraga adalah untuk mendapatkan kesehatan serta membakar kalori lebih banyak dalam waktu yang lebih cepat. Sehingga dibagi jenis olahraga yang bisa membakar kalori bisa anda terapkan sebagai latihan. Hanya saja ada beberapa tips terkait persiapan yang harus anda lakukan terlebih dahulu jika melakukan olahraga secara sendiri.

olahraga sehat untuk diet
olahraga sehat untuk diet

Tips Olahraga Sehat untuk Diet

Melakukan pemanasan terlebih dahulu

Tips pertama harus anda lakukan dalam menjalankan olahraga sehat untuk diet adalah dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Ketahuilah bahwa olahraga yang dilakukan secara tergesa-gesa dan tampak terburu-buru akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Cara olahraga seperti ini justru akan memberikan dampak buruk yang jauh dari harapan anda untuk mendapatkan berat badan ideal. Ada banyak resiko yang akan anda dapatkan jika melakukan olahraga tanpa pemanasan, contohnya seperti resiko menjadi kram ataupun cidera olahraga lainnya.

Sehingga pastikan anda melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk berbagai jenis olahraga yang akan dilakukan. Baik itu latihan yang dilakukan secara rutin atau tidak, ataupun untuk berbagai jenis latihan seperti aerobik, cardio ataupun latihan kekuatan. Latihan pemanasan di sini memiliki peran penting dalam melibatkan banyak peregangan tubuh dan membuat otot tubuh anda jadi lebih fleksibel. Dengan melakukan pemanasan secara tepat, tubuh akan lebih siap untuk melakukan berat sehingga terhindar dari resiko.

Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan

Ada banyak pilihan jenis olahraga mulai dari skala ringan hingga berat. Untuk olahraga ringan Anda bisa mencoba seperti jalan-jalan, bersepeda, lari lari kecil, sit up, push up, back up, squat jump, dan beberapa olahraga lain yang cukup ringan untuk dilakukan. Sementara untuk pilihan olahraga berat yang bisa Anda coba seperti angkat beban, lari maraton, dan lain lain. Pastikan anda memilih setiap jenis olahraga sehat untuk diet tersebut sesuai kebutuhan dan kemampuan tubuh.

Olahraga dengan kondisi nyaman

Olahraga memang sangat identik dengan suasana yang kurang nyaman, akibat kelelahan dan rasa penat yang melanda. Namun bukan berarti kondisi ini tidak bisa dihindari. Ada masih tetap bisa berolahraga dengan kondisi yang nyaman jika mempersiapkannya secara tepat. Misalnya saja seperti menggunakan pakaian yang terbuat dari kain dingin yang mampu menyerap keringat, serta sepatu yang ringan dan lembut. Hindari memakai pakaian yang justru akan membuat anda terasa semakin panas dan makin berkeringat.

Hindari pula memilih jenis sepatu yang berat atau casual yang justru akan mengganggu dan membuat anda tidak nyaman selama olahraga sehat untuk diet. Namun jika tetap berkeringat berlebihan, anda dapat mengenakan ikat kepala atau band pada pergelangan tangan. Pemakaian ikatan tersebut bisa menahan keringat agar tidak air mengalir dan membuat tubuh anda basah oleh keringat.

Jangan terlalu memaksakan aktivitas latihan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, memang tujuan anda dalam berolahraga adalah untuk melakukan diet atau menurunkan berat badan. Tetapi bukan berarti anda bisa terus-terusan berolahraga tanpa memperhatikan kemampuan. Terlebih jika anda terlalu memaksakan aktivitas latihan berat, tubuh fisik sudah terlalu kelelahan. Sebelum anda benar-benar merasa lemas yang berlebihan hingga pingsan, sebaiknya segera hentikan olahraga atau istirahat terlebih dahulu.

Kondisi ini sering kali terjadi pada beberapa orang yang baru memulai aktivitas olahraga. Mereka mengikuti target olahraga dengan lama waktu misalnya 1 jam. Padahal untuk di awal-awal latihan Anda harus melakukannya secara bertahap misalnya 2330 menit terlebih dahulu. Setelah terbiasa, barulah Anda harus meningkatkan tahapan tersebut menjadi lebih lama dan intensitas yang lebih berat. Anda harus mengenali terlebih dahulu bagaimana kondisi kesehatan tubuh jika diajak untuk melakukan olahraga sehat untuk diet.

Berikan kesempatan pada tubuh untuk istirahat

Tujuan dari olahraga untuk diet adalah untuk membakar kalori lebih banyak dalam waktu yang lebih cepat. Namun untuk mendapatkan tujuan tersebut, bukan berarti Anda harus latihan secara terus-menerus tanpa diselingi dengan istirahat. Padahal istirahat sangatlah penting untuk memulihkan kondisi kesehatan dan energi yang sudah dikuras selama latihan sebelumnya. Supaya mendapatkan waktu istirahat yang cukup, anda perlu tidur malam setidaknya 7 hingga 8 jam di saat malam hari dengan kualitas tidur yang baik. Sedangkan di sela-sela waktu olahraga, Anda juga bisa mengisinya dengan beristirahat santai

Fokuslah pada latihan atau gerakan yang dilakukan

Banyak orang dalam melakukan olahraga sehat untuk diet menjadi tidak fokus dan asal dalam melakukan gerakan. Penyebabnya pun beragam mulai dari olahraga hanya untuk ajang gengsi, ikut ikutan, serta tidak serius dalam menjalankan program diet. Tidak jarang pula, beberapa orang melakukan suatu gerakan latihan dengan asal dan tidak maksimal. Misalnya saja ketika sedang latihan, mereka justru lebih banyak melakukan duduk santai, bermain handphone ataupun ngemil. Dengan tidak adanya fokus latihan seperti ini, tentu badan yang ideal akan lebih susah untuk dicapai.

Baca artikel lainnya disini

Tetap memperhatikan pola makan

Meskipun anda sudah melakukan latihan olahraga dengan serius dan rutin setiap harinya, bukan berarti anda bisa mengesampingkan pola makan menjadi berantakan. Anda harus tetap memperhatikan pola makan demi memaksimalkan latihan olahraga yang sudah anda lakukan selama ini. Jangan sampai Anda melakukan banyak aktivitas untuk membakar kalori dan lemak, tetapi malah asal mengonsumsi makanan yang akan menambah penumpukan lemak pada tubuh.

Itulah tadi berbagai tips yang perlu Anda lakukan dalam menjalankan olahraga sehat untuk diet secara tepat. Apabila menginginkan berat badan yang ideal dan proporsional tentu tips-tips di atas perlu Anda lakukan. Dan yang terpenting Anda harus memiliki keserasian dan komitmen dalam menjalankan nya supaya tidak mudah tergoda dengan pantangan selama menjalankan diet.

About Aziza Linda Verra

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *