Menjaga Gaya Hidup Sehat Alami Dengan 3 Tumbuhan Herbal

Menjaga gaya hidup sehat alami dengan 3 tumbuhan herbal. Memiliki gaya hidup yang sehat akan sangat membantu setiap kegiatan yang akan dilakukan. Apalagi jika dilakukan dengan cara yang alami, melalui berbagai tanaman herbal yang ada di sekitar, sudah terjamin kesehatannya.

Menjaga gaya hidup sebenarnya tidak perlu susah payah, makan makanan dengan kandungan yang cukup untuk kesaharian tubuh, rajin berolahraga, dan jika dapat mengonsumsi herbal untuk mengoptimalkan kesehatan. Herbal dianjurkan karena dapat ditanam dan diolah sendiri, jadi gaya hidup sehat alami tidak sulit untuk dilakukan.

gaya hidup sehat alami
gaya hidup sehat alami

Kenapa Menggunakan Tanaman Herbal?

Tanaman herbal digunakan sebagai pelengkap dan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tanaman herbal juga dapat dibudidayakan sendiri, bahkan kadang sudah ada disekitar kita secara alami. Inilah yang menjadikan tanaman herbal sebagai pilihan untuk menjalani hidup sehat.

Selain itu tanaman herbal juga banyak sekali di Indonesia, dan tidak sedikit yang sudah teruji dari nenek moyang kita untuk menjaga gaya hidup sehat alami. Membuat tanaman herbal salah satu kearifan yang harus tetap dilestarikan. Dengan pengolahan yang sudah diketahui, efek samping dari penggunaan tanaman herbal juga hampir tidak ada, jadi sangat aman.

Selain sudah dipercaya dari para orang tua terdahulu sebagai tradisi, tanaman herbal juga sering dilakukan uji laboratorium untuk melakukan penelitian kandungan secara ilmiah. Jadi tidak perlu khawatir lagi mengenai kandungan dan khasiat di dalamnya. Dengan mengadakan penelitian ini, tentu herbal semakin banyak digunakan.

Masih banyak alasan untuk menggunakan tanaman herbal sebagai bagian dari gaya hidup sehat alami, namun hal-hal tadi lah yang paling sering menjadi alasan oleh banyak orang. Bahkan menanam tanaman herbal pun menjadi suatu kegiatan yang menyehatkan tubuh secara alami.

Beberapa Tumbuhan Herbal Berkhasiat dalam gaya hidup sehat alami

Ada banyak tanaman herbal yang menjadi rekomendasi untuk dikonsumsi sebagai bagian dari pola hidup sehat. Selain itu khasiat yang akan diberikan juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, jadi tidak ada salahnya untuk menggunakan tanaman herbal. Berikut ini beberapa contoh yang dapat digunakan sekaligus cara menanamnya.

Mengkudu

Siapa yang tidak tahu dengan mengkudu, buah satu ini sudah sangat terkenal dimana-mana karena khasiatnya. Walaupun banyak orang yang tidak suka karena bau dan rasanya, buah mengkudu tetap menjadi tanaman herbal primadona dalam menjaga gaya hidup sehat alami.

Buah mengkudu sendiri memiliki berbagai khasiat seperti mengatasi nyeri leher dan meningkatkan fleksibilitasnya, tentu saja ini sangat berguna untuk orang yang sudah menginjak usia tua. Mengkudu juga dapat mengatasi kanker karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat mengkudu yang menjadikan tanaman ini baik untuk gaya hidup sehat alami seperti dapat menjaga imunitas tubuh. Untuk mengonsumsinya mengkudu dapat langsung diolah menjadi jus. Namun harus tahan sedikit dengan bau dan rasanya yang kurang sedap.

Disarankan juga untuk tidak mengonsumsi buah mengkudu terlalu banyak, dianjurkan mengkonsumsi mengkudu sebanyak 750 mililiter supaya tetap aman. Ini dikarenakan adanya efek samping, beberapa kasus menyatakan mengkudu tidak bagus untuk orang yang mengalami gagal ginjal, karena kandungan kaliumnya yang tinggi.

Untuk menanam mengkudu tidaklah sulit, hanya memerlukan buahnya lalu disemai dan tunggu hingga muncul benih. Jika sudah mencapai 10 cm barulah pindahkan benih tersebut ke tanah permanen. Tinggal menunggu 3 tahun untuk memanen buahnya dan merasakan manfaat gaya hidup sehat alami menggunakan buah mengkudu.

Jahe

Selanjutnya salah satu tanaman herbal yang juga direkomendasikan adalah jahe. Jahe merupakan tanaman yang sudah sangat terkenal, dan sering digunakan di berbagai hidangan baik makanan dan minuman. Khasiatnya pun sudah sering didengar, tumbuhan yang dapat menghangatkan ini juga gampang untuk ditanam.

Jahe memiliki kandungan antioksidan juga disertai dengan vitamin c dan magnesium. Menjadikan jahe baik untuk dikonsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh sangat cocok untuk gaya hidup sehat alami. Makanya sering sekali, jika seseorang lagi tidak enak badan, diberikan minuman jahe yang dapat menghangatkan tubuh, dan memberikan rasa nyaman.

Jahe juga dapat menenangkan usus dan lambung, sehingga meredakan mual. Selain itu fungsi dari menenangkan ini juga dapat bermanfaat untuk meredakan stres, karena ketegangan usus dan rasa mual tadi. Jadi jahe dapat membuat rileks ketika mencium aroma dan meminumnya.

Jahe sendiri dapat dikonsumsi dengan cara dibuat minuman. Jahe dapat digeprek terlebih dahulu, baru direbus dengan air. Atau dapat juga dihancurkan supaya mendapatkan hasil yang lebih hangat. Berilah sedikit gula aren, supaya mendapatkan rasa minuman yang manis serta hangat. Setelah itu air jahe dapat diminum setiap hari untuk menjaga gaya hidup sehat alami.

Menanam jahe tidak sulit, ini juga yang membuat jahe sering ada di berbagai hidangan dan obat herbal. Tanamlah jahe di tanah, hanya begitu saja, tinggal menunggu hingga menjadi tanaman. Setelah itu dapat diambil sedikit, sedikit bagiannya, sesuai dengan keperluan.

Lidah Buaya

Tanaman herbal kali ini juga sudah cukup dikenal. Namun tanaman ini, selain memiliki manfaat untuk meningkatkan gaya hidup sehat alami juga bermanfaat sebagai tanaman hias yang mempercantik halaman rumah. Iya namanya lidah buaya atau aloe vera, yang sering digunakan untuk berbagai kosmetik.

Manfaat lidah buaya yang paling dikenal adalah untuk mempersehat rambut. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengambil satu helai lidah buaya, lalu kupas kulitnya hingga menemukan isi seperti gel. Gunakan gelnya untuk mencuci rambut, gunakan dengan rutin untuk mendapatkan rambut yang sehat. Dengan rambut sehat, tentu akan membuat nyaman dan juga menambah rasa percaya diri.

Selain itu lidah buaya dapat dikonsumsi juga loh. Bagian yang dikonsumsi sama seperti tadi, yaitu bagian gel-nya. Biasanya diolah menjadi nata de aloe, sebagai pelengkap es. Manfaat dari mengonsumsi lidah buaya adalah melancarkan pencernaan, menurunkan kadar gula darah, dan masih banyak lagi. Sehingga sangat cocok untuk gaya hidup sehat alami.

Perhatikan artikel menarik lainnya disini.

Menanam lidah buaya juga sangat mudah, dapat menanamnya langsung di dalam sebuah pot, dan menaruhnya di halaman depan rumah untuk mempercantik pekarangan. Tidak perlu perawatan khusus, cukup disiram seperti tanaman hias yang lain saja sudah cukup.

Itulah beberapa tanaman herbal yang direkomendasikan untuk menjaga gaya hidup sehat alami. Masih banyak sekali tanaman yang direkomendasikan untuk dikonsumsi lainnya yang memiliki manfaat tidak kalah banyak. Jangan lupa juga untuk disertai dengan makan-makanan yang bernutrisi cukup dan olahraga rutin, supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah mengetahui alasan mengapa menggunakan tanaman herbal, serta beberapa contoh tanaman yang direkomendasikan, apakah membuat tertarik untuk menjaga gaya hidup sehat alami dengan tanaman-tanaman ini? Jangan lupa juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter supaya diet sehat dapat berjalan dengan baik.

About Ibnu Khamill

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *