Mengulik 5 Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Kita: Kencur

Mengulik 5 Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Kita: Kencur. Rimpang berbau khas dan biasa digunakan campuran jamu bersama tepung beras sangrai ini memiliki segudang manfaat yang luar biasa. Baik digunakan sebagai minuma, bumbu, bahkan bisa digunakan sebagai parem untuk meredakan nyeri. Parem adalah sejenis ramuan yang digunakan sebagai obat luar. Cara menggunakannya biasanya setelah ramuan berbentuk pasta, ditempel di bagian tubuh yang sakit dan dibebat dengan kain.

Parem biasanya dibuat oleh orang yang mengerti campuran beberapa bahan yang digunakan sebagai ramuan. Tidak sembarang orang memahami ilmu ini. Meskipun belum melalui uji klinis, pengobatan alternatif ini sering dijadikan solusi bagi mereka yang keseleo, tergelincir, terkena gigitan serangga, atau penyakit lain. Banyaknya orang yang merasa terbantu dengan parem membuat ramuan ini tetap diproduksi.

Selain sering digunakan sebagai campuran bahan pembuatan parem, kencur memiliki banyak manfaat lain. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menanam kencur di pot atau lahan yang tersedia, agar manfaat tanaman herbal di sekitar kita lebih terasa. Dengan menanam sekaligus memanen dan mengambil manfaatnya, semoga rasa syukur yang terbentuk semakin dalam dan berkesan.

manfaat tanaman herbal di sekitar kita
manfaat tanaman herbal di sekitar kita

Untuk itu, artikel ini akan membahas apa saja manfaat yang bisa diambil dari kencur sebagai tanaman herbal yang mudah di tanam. Kemudian akan diulas cara menanam dan merawat tanaman kencur agar berbuah seperti yang diharapkan. Karena kencur sebagai salah satu bumbu pokok dalam beberapa masakan juga termasuk salah satu jenis obat tradisional yang paling dicari.

Manfaat tanaman herbal kencur di sekitar kita

Mengatasi pegal dan masuk angin

Di Indonesia, kencur kerap dibuat minuman tradisional bernama beras kencur. Salah satu manfaat tanaman herbal di sekitar kita dari tanaman kencur adalah mengatasi pegal dan masuk angin. Secara klinis, belum ada penelitian yang membuktikan hubungan secara langsung antara minum sari kencur dengan menghilangkan pegal-pegal. Namun telah terbukti secara turun temurun bermanfaat demikian.

Cita rasa kencur yang hangat dan aromanya yang khas ketika diminum dapat membuat tubuh terasa hangat. Mungkin inilah penyebab angin dalam tubuh merasa tidak betah dan segera keluar masuk angin biasanya ditandai dengan perut kembung dan merasa begah. Pada sebagian orang, masuk angin ditandai dengan sendawa berkali-kali.

Mengatasi flu

Sensasi hangat yang ditimbulkan oleh kencur dapat membuat nafas terasa lega dan flu segera teratasi. Manfaat tanaman herbal di sekitar kita ini memang luar biasa. Tinggal mengambil sedikit saja, sebesar jari kelingking. Kemudian dibersihkan dan dihancurkan. Bisa dengan dipukul atau diparut, lalu diseduh atau diambil sarinya. Jika suka manis, bisa tambahkan gula jawa atau gula aren.

Meningkatkan kesegaran tubuh

Para pekerja keras yang memahami manfaat tanaman herbal ini kerap menggunakan kencur sebagai salah satu alternatif yang aman untuk mengembalikan vitalitas seusai bekerja keras. Setelah minum ramuak kencur, baik dicampur dengan beras atau sari rimpang lain seperti jahe, biasanya tubuh terasa lebih bugar dan siap bekerja lagi. Tidak ada rasa malas berkepanjangan yang tinggal di dalam tubuh.

Melangsingkan tubuh

Banyak manfaat tanaman herbal di sekitar kita yang bisa diambil. Diantaranya adalah untuk menurunkan berat badan. Atau membuat berat badan ideal. Salah satu rimpang yang bisa digunakan adalah kencur. Caranya, sama denga mengonsumsinya untuk mendapat manfaat kencur yang lain. Hanya dengan mengambil sarinya. Bisa dengan diparut atau dihancurkan kemudian diseduh, jika diminum rutin akan membuat berat badan ideal.

Berat badan ideal berarti berat badan yang seimbang dengan tinggi badan. Bagi yangsebelumnya berat badan kelebihan, kosumsi kencur dapat menurunkannya. Sedangkan bagi yang kekurangan berat badan, bisa meningkatkannya. Adakah perbedaan dalam mengonsumsi jika tujuannya berbeda? Sebaiknya kurangi kadar gula yang dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Sedangkan untuk menaikkan berat badan, bisa mengonsumsi gula secukupnya.

Mengontrol kolesterol

Kolesterol pada umumnya terbentuk akibat lemak jenuh yang tidak terserap oleh tubuh dengan sempurna. Akibatnya, lemak tersebut menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan. Salah satu manfaat tanaman herbal di sekitar kita adalah mengontrol kolesterol ini agar tidak menumpuk dan menyebabkan penyumbatan.

Oleh karena itu, penting untuk menyertakan kencur diantara rempah yang menjadi bumbu dalam berbagai masakan. Bumbu yang berasal dari rempah tersebut akan menetralisir kolesterol di dalam tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, berbagai rempah yang dimasak bersama daging, atau ikan dapat menambah rasa sedap pada cita rasanya.

Cara menanam kencur di sekitar rumah

Cara untuk memudahkan mengambil manfaat tanaman herbal di sekitar kita, adalah dengan menanamnya sendiri. Apalagi untuk jenis tanaman yang berukuran kecil seperti kencur ini, hanya perlu pot atau sedikit lahan di sekitar rumah. Bibitnya bisa diambil sedikit dari ketika membeli kencur di tukang sayur. Biasanya ada bagian yang hendak bertunas dan siap ditanam. Bagian itulah yang dipotong untuk ditanam kembali.

Sebelum menanam kencur, media tanam perlu disiapkan. Baik pot atau lahan terbuka, sebaiknya gunakan tanah yang mengandung banyak unsur hara. Atau bisa juga gunakan sebagian sampah organik seperti dedaunan kering sebagai campuran media tanam. Jika kencur hendak ditanam di lahan terbuka, sebaiknya tanah digemburkan terlebih dahulu untuk memudahkan proses tanam.

Setelah media tanam siap, berarti manfaat tanaman herbal di sekitar kita juga semakin siap diperoleh. Namun sebelum itu, tentu perlu waktu untuk menanam dan memelihara tanaman kencur agar berbuah seperti yang diharapkan. Setelah menanam, pastikan tanaman kencur mendapat air yang cukup dan tidak terlalu banyak mendapat siraman sinar matahari. Di awal masa tanam, pastikan tanah selalu basah agar tunas dan akarnya dapat tumbuh dengan sempurna.

Cara merawat tanaman kencur di sekitar rumah

Setelah tunas tumbuh, tanaman kencur perlu dirawat beberapa bulan sebelum menghasilkan umbi rimpang kencur baru. Untuk itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah asupan air dan unsur hara harus cukup tersedia di media tanam. Jika dirasa kurang, unsur hara dapat digantikkan dengan pupuk non organik. Pemberian pupuk dapat dilakukan sekali dalam sebulan.

Manfaat tanaman herbal di sekitar kita dari tanaman kencur bisa diambil dari daun dan rimpangnya. Jadi, setelah menanam dan merawatnya sehingga tumbuh subur, tidak hanya rimpang yang bisa dimanfaatkan. Daunnya yang masih muda dapat digunakan sebagai lalapan dimakan bersama sambal. Bisa juga dijadikan campuran sayuran lain ketika membuat tumis atau oseng.

Perhatikan artikel lain disini

Sedangkan untuk mengambil rimpangnya, perlu waktu hingga timbul tanda bahwa pohon kencur memiliki rimpang. Biasanya ini ditandai dengan banyaknya daun yang mulai mengering dan semakin sedikit tunas yang tumbuh meskipun asupan air dirasa cukup. Jika tanaman sudah tampak menguning daunnya atau mulai kering, bisa dicek bagian bawahnya dengan mencongkel. Jika sudah tumbuh banyak rimpang, tanaman bisa dibongkar untuk dipanen,

Begitu banyak manfaat tanaman herbal di sekitar kita. Maka sudah selayaknya memberdayakan lahan yang ada baik tanah terbuka atau pot yang bisa diletakkan di sekitar pekarangan sebagai tempat menanam tanaman herbal. Selain untuk meningkatkan ketahanan pangan di rumah, berbagai tanaman herbal juga bisa digunakan sebagai obat dan pertolongan pertama sebelum menghubungi pihak medis.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *