Mengulik 11 Manfaat Sayur Bagi Tubuh Seperti Brokoli Hijau

Mengulik 11 Manfaat Sayur Bagi Tubuh Seperti Brokoli Hijau – Manfaat brokolimemang selalu menarik untuk diperbincangkan. Sebab, menurut sebuah penelitian, sayuran si hijau kriwil ini memiliki kandungan yang cukup lengkap, seperti serat, beragam vitamin, mineral, serta senyawa bioaktif yang lain. Dengan mengonsumsinya secara teratur dan benar akan mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Lantas, apa saja manfaat yang dapat dinikmati?

manfaat sayur bagi tubuh
manfaat sayur bagi tubuh

Manfaat Sayur Bagi Tubuh Jenis Brokoli Hijau

Dapat dikatakan, brokoli hijau merupakan salah satu jenis sayuran yang high recommended. Pengolahannya pun tergolong sangat mudah, yakni dapat dilalap, dicampur ke dalam sup, ditumis, maupun sekadar dikukus. Sehingga jangan sampai kehabisan ide untuk mengkreasikan makanan, agar si kecil menyukainya. Sebab, kandungan kalsium di dalam brokoli jauh lebih tinggi daripada satu gelas susu. Selain itu, brokoli juga memiliki banyak manfaat yang lainnya, yaitu :

Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Seperti yang sudah disinggung di atas, brokoli memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Nutrisi ini dibutuhkan oleh anak-anak untuk pembentukan tulang dan gigi. Dengan tambahan vitamin K, kalium, dan magnesium, brokoli juga memiliki peran untuk menjaga kepadatan mineral di dalam tulang. Sehingga bagi orang dewasa, manfaat sayur bagi tubuh ini dapat mencegah osteoporosis.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Berkat adanya kandungan kolin dan vitamin K yang tinggi, brokoli dipercaya mampu meningkatkan memori dan daya ingat. Selain itu, kandungan senyawa sulforaphane di dalamnya juga dapat mencegah munculnya Alzheimer serta berbagai macam penyakit neurodegeneratif. Yaitu penyakit yang disebabkan oleh penurunan fungsi otak akibat dari sel saraf yang kehilangan strukturnya secara progresif.

Meningkatkan Kesehatan Saluran Cerna

Manfaat sayur bagi tubuh memang tak perlu lagi dipertanyakan, terutama pada brokoli hijau. Dengan beragam kandungan yang dimiliki, brokoli akan diproses di dalam tubuh menjadi senyawa-senyawa kecil. Salah satunya yaitu ICZ atau indolocarbazole yang berfungi untuk mengaktifkan senyawa lain bernama AHR atau reseptor aril hidrokarbon. Senyawa ini memiliki peranan untuk menangani berbagai permasalahan yang terjadi pada saluran pencernaan.

Detoksifikasi dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Brokoli sering dijadikan menu dalam diet sehat, salah satunya karena mengandung tiro dinamis, yakni gluconasturtiin, glucoraphanin, dan glucobrassicin. Trio ini memiliki peran yang cukup besar dalam menetralkan serta menghilangkan kandungan bahan kimia dari dalam tubuh. Proses ini akan dibantu oleh serat yang memiliki efek termal makanan dan berfungsi untuk meningkatkan metabolisme. Sehingga tubuh dapat terbebas dari beragam polutan yang dihirup setiap harinya.

Mengontrol Diabetes

Brokoli merupakan salah satu jenis makanan yang rendah kalori dan karbohidrat, tetapi memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sehingga manfaat sayur bagi tubuh ini sangat cocok untuk penderita diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung sulforaphane yang dapat mengontrol kadar gula di dalam darah. Kandungan ini dipercaya lebih aman bagi tubuh, jika dibandingkan dengan metformin.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah diketahui, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak lapisan pembuluh darah, sehingga memengaruhi kesehatan jantung. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan makanan yang dapat mengatasi hal tersebut, salah satunya yaitu brokoli. Berdasarkan hasil sebuah study, brokoli dapat meningkatkan kesehatan jantung serta mencegah timbulnya kerusakan akibat gula darah. Sementara penelitian lain mengatakan, bahwa brokoli dapat menurunkan risiko jantung koroner.

Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang masih sulit untuk diobati. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya yaitu dengan mengambil manfaat sayur bagi tubuh. Sebab, sayuran memiliki beragam kandungan yang berguna untuk mencegah pembentukan sel-sel kanker. Seperti brokoli yang mendukung pembagian sel normal, serta meningkatkan kematian sel terprogram (apoptosis) yang terdapat pada sel kanker. Menurut hasil penelitian, dengan mengonsumsi 3 porsi brokoli dalam satu minggu, dapat menekan risiko kanker hingga 60%.

Sebagai Anti-inflamasi

Kandungan antioksidan di dalam brokoli sangatlah lengkap, yakni mulai dari vitamin C, magnesium, potassium, kaempferol, sulforaphane, dan lain sebagainya. Sehingga sayur silangan yang satu ini sangat baik untuk meredakan beragam peradangan di dalam tubuh. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang diterbitkan Preventive Nutrition and Food Science Journal pada tahun 2014. 

Kecantikan

Untuk memiliki kulit yang sehat dan terawat, maka butuh keseimbangan antara perawatan dari luar dan dalam. Jika dari luar dapat menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit, maka dari dalam dapat dilakukan dengan mengambil manfaat sayur bagi tubuh. Hal ini perlu dilakukan, karena kulit juga membutuhkan makanan untuk menjaga kesehatan dan melawan zat asing yang masuk.

Salah satu jenis sayuran yang sangat direkomendasikan adalah brokoli hijau. Kandungan vitamin C pada brokoli ternyata lebih tinggi dari jeruk, lho. Vitamin ini diperlukan kulit untuk membantu pembentukan kolagen, yaitu senyawa aktif yang berperan sebagai anti-aging atau anti penuaan. Sehingga kulit menjadi lebih kencang, elastis, cantik alami, dan tampak lebih muda. Selain itu, brokoli juga kaya akan seng atau zinc yang berfungsi untuk melawan jerawat.

Meningkatkan Stamina pada Pria

Jika sedang memiliki rencana untuk menambah momongan, maka tidak ada salahnya melirik manfaat sayur bagi tubuh. Misalnya, brokoli yang dipercaya dapat meningkatkan stamina pada pria. Sebab, brokoli merupakan sumber asam folat yang terbaik dan kaya akan vitamin B. Kedua nutrisi ini dapat meningkatkan kesuburan serta jumlah sel sperma, sehingga dapat memperbesar kemungkinan untuk hamil.

Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata, tidak hanya sayuran orange atau merah saja yang baik untuk mata. Sayuran hijau, seperti brokoli pun tidak kalah pentingnya. Sebab, sayuran ini juga kaya akan anti oksidan yang bernama lutein, yakni zat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Sehingga menggantikan wortel dengan brokoli boleh-boleh saja, karena kandungan luteinnya sama-sama besar. Selain itu, kandungan vitamin A dan betakarotennya dapat memperbaiki kerusakan sel mata yang disebabkan oleh sinar radiasi ponsel atau televisi.

Perhatikan artikel lainnya disini.

Aturan Konsumsi Brokoli untuk Mendapatkan Manfaat Sayur Bagi Tubuh

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan memilih brokoli yang masih berwarna hijau segar. Jika sudah berwarna kekuningan atau tampak layu, lebih baik segera dibuang (jangan dimasak). Sementara untuk mempertahankan manfaat sayur bagi tubuh, masaklah brokoli dengan cara yang benar. Yakni dengan tidak memasaknya terlalu lama, karena dapat mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Dan perlu diingat, meskipun manfaat brokoli sangat banyak, ternyata sayuran yang satu ini juga memiiliki efek samping. Yaitu dapat memicu ruam pada kulit, menimbulkan reaksi alergi lain, perut kembung, iritasi usus, serta dapat memperparah kondisi tiroid. Oleh karena itu, penting juga untuk memerhatikan jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh. Jangan mengonsumsi brokoli dalam jumlah yang berlebihan.

Selain itu, vitamin K pada brokoli dapat memicu kontraindikasi terhadap obat-obatan pengencer darah atau antikougulan. Sehingga berhati-hatilah, jika sedang mengonsumsi obat jenis warfarin atau obat pengencer darah yang lainnya. Penggunaan yang tepat dapat memaksimalkan manfaat sayur bagi tubuh.Semoga bermanfaat dan semangat untuk hidup sehat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *