10 Cara Mudah Mengobati Mata Bengkak Digigit Serangga

Mengobati Mata Bengkak Digigit Serangga – Mata tergolong organ vital pada tubuh karena fungsi utamanya untuk melihat seluruh objek di sekitar kita. Mata yang bermasalah akan menyebabkan penglihatan tidak normal sekaligus mengganggu penampilan terutama akibat gigitan serangga. Anda harus segera mencari cara mengobati mata bengkak digigit serangga sebelum menyebabkan infeksi yang cukup parah.

Umumnya seseorang yang mengalami gejala diakibatkan gigitan serangga di seluruh permukaan kulit termasuk daerah mata akan merasakan beberapa hal berikut:

  • Panas pada area gigitan.
  • Gatal-gatal tak tertahankan.
  • Ruam hingga bentol.
  • Kaku sekaligus nyeri.

Cara Mengobati Mata Bengkak Digigit Serangga

Apabila gejala tersebut muncul di area mata maka harus segera diatasi dengan mencari cara tepat mengobati mata bengkak digigit serangga. Jika tidak, gejala akan semakin parah dan pandangan mata menjadi tidak jelas. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan:

1. Ketahui Jenis Serangga yang Menggigit Mata Anda

Ada beragam jenis serangga yang beresiko menggigit mata Anda. Penanganan pada bengkak yang diakibatkan serangga tersebut bisa saja berbeda karena gejala dan racun yang dibawa serangga juga berbeda sesuai jenisnya. Umumnya serangga ini bisa saja menyerang mata manusia:

  • Semut api, serangga jenis ini tergolong agresif. Semut tersebut akan meninggalkan racun ketika menggigit kulit makhluk lain termasuk manusia. Racun yang ditinggalkan oleh semut api disebut solenopsin.
  • Lebah, sengatan lebah tentu hal umum yang sering terjadi pada semua orang terutama para peternak lebah. Hewan ini meninggalkan racun lewat sengatnya yang menancap di kulit. Jika sengat tersebut tidak dicabut dalam waktu singkat maka akan berbahaya karena racun yang masuk ke dalam tubuh semakin banyak dan mengakibatkan reaksi parah.

2. Kompres Mata dengan Air Hangat

Cara yang paling umum untuk menangani mata bengkak akibat gigitan beraneka jenis serangga adalah dengan mengompresnya. Gunakan air hangat karena mampu merelaksasi kulit di sekitar mata dan megurangi rasa gatal serta nyeri.

Kompres dengan handuk bersih dan pastikan Anda menerapkannya secara perlahan ke area sekitar mata. Agar air tidak masuk ke dalam mata dan membuatnya semakin iritasi.

3. Kompres Mata dengan Es Batu

Selain air hangat, Anda juga bisa menggunakan air dingin atau dengan es batu. Cara tersebut efektif untuk mengurangi volume bengkak pada mata. Serta menenangkan area yang perih dan gatal akibat racun serangga.

Air dingin mampu mengempeskan bengkak dalam waktu yang relatif singkat sehingga Anda bisa menggunakannya sesering mungkin setiap hari hingga kempes. Lakukan juga saat sebelum tidur agar lebih efek mengatasinya lebih optimal selama tubuh beristirahat.

4. Gunakan Obat Tetes Mata untuk Iritasi

Gigitan serangga yang terjadi pada kulit di area mata sangat mengganggu, jika ukuran bengkak cukup besar maka hal tersebut bisa mencederai area dalam mata. Penanganan yang kurang tepat dapat menyebabkan bola mata Anda iritasi dan kemerahan.

Selain mengobati mata bengkak digigit serangga pada area kulit luar, Anda juga harus mengobati bola mata dengan obat tetes. Gunakan obat tetes yang mengandung antihistamin untuk membersihkan debu dan zat berbahaya masuk ke dalam mata.

5. Bilas Mata Menggunakan Larutan Garam

Beberapa orang yang mengalami bengkak di mata akibat serangga juga mengalami gejala mata berair. Hal ini tentu sangat mengganggu sehingga Anda harus selalu menjaga kebersihan area mata dan membilasnya dengan larutan garam.

Garam memiliki sifat yang baik sebagai antimikroba mampu mengobati mata bengkak digigit serangga secara efektif. Larutan ini juga dapat digunakan ketika mata Anda terinfeksi akibat berbagai hal. Namun pastikan bahwa larutan garam tersebut cukup bersih dan steril agar tidak meningkatkan iritasi. Anda dapat membeli larutan saline di apotek terdekat.

6. Pakai Kacamata Saat Berada di Luar Ruangan

Mata membutuhkan perlindungan ekstra selama bengkak termasuk harus terbebas dari udara dan polusi karena hal itu akan memperparah infeksi. Saat sedang beraktivitas di luar ruangan gunakan kacamata untuk menghalau berbagai zat berbahaya masuk ke dalam mata.

Serta jangan lupa menutup kaca helm pelindung arah depan agar debu, angin, dan serangga tidak mudah masuk ke dalam mata dan sela kacamata. Setelah memasuki ruangan kembali Anda disarankan untuk membasuh wajah dan mata.

7. Hindari Mengucek atau Menyentuh Area Mata

Jangan melakukan segala aktivitas yang membahayakan mata Anda termasuk mengucek atau menyentuhnya. Karena telapak tangan menjadi salah satu tempat bersarangnya berbagai kotoran, kuman, virus, dan segala penyebab penyakit lainnya.

Jika butuh menyentuh bagian mata sebaiknya bersihkan tangan Anda terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir agar steril. Setelah menyentuhnya kemudian basuh tangan Anda kembali untuk melanjutkan berbagai aktivitas lainnya dengan menjaga kebersihan.

8. Jangan Gunakan Kontak Lensa

Mata bengkak menyebabkan rasa terbakar, nyeri, dan gatal tak tertahankan oleh karena itu hindari menggunakan kontak lensa. Namun jika gigitan serangga baru saja didapatkan saat Anda memasang kontak lensa sebaiknya segera lepaskan dan obati mata Anda.

Kontak lensa memiliki resiko berbahaya bagi mata terutama jika tidak dibersihkan secara rutin dan dipakai berkali-kali. Kontak lensa yang dipasang saat mata bengkak justru semakin menyakiti organ Anda tersebut. Ganti dengan kacamata jika kontak lensa yang biasa Anda gunakan bertujuan untuk membantu penglihatan.

9. Hindari Memakai Produk Kosmetik di Area Mata untuk Sementara

Cara mengobati mata bengkak di gigit serangga yang berikutnya adalah lebih baiik hindari produk kosmetik terlebih dahulu. Kosmetik bisa memberikan efek berbahaya jika digunakan saat kulit dalam kondisi tidak sehat atau sedang bermasalah. Terutama di bagian sensitive seperti mata karena resiko alergi dan iritasi lebih tinggi.

Selain kosmetik Anda juga perlu menghindari pemakaian produk perawatan mata yang mengandung bahan berbahaya. Gunakan produk alami yang kandungan bahannya mampu mendinginkan dan merelaksasi permukaan kulit di area mata.

10. Periksa ke Dokter Jika Gejala Tak Kunjung Sembuh

Sensitivitas mata setiap orang berbeda-beda, termasuk lamanya waktu untuk menyembuhkan bengkak di area tersebut. Apabila Anda memiliki riwayat gangguan kesehatan mata atau masalah lain biasanya resiko sembuh dalam waktu singkat cukup sulit.

Mata yang bengkak akibat gigitan serangga bisa memakan waktu sangat lama untuk sembuh akibat kontraksi lain dengan penyakit Anda. Seperti bintitan di dalam mata, mata merah, dan sebagainya. Penanganan tersebut perlu dilakukan dengan meminta bantuan dokter spesialis mata terdekat terutama jika bengkak tidak kempes dalam waktu satu minggu.

Sebenarnya Anda tidak perlu melakukan upaya terlalu keras untuk mengobati mata bengkak digigit serangga karena pada dasarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika Anda ingin meredakan bengkak lebih cepat maka cara-cara di atas cukup efektif. Penanganan di atas cukup mudah dan hemat untuk dilakukan di rumah. Kemudian tunggu hingga sel di dalam tubuh Anda akan bekerja secara aktif melawan racun akibat gigitan serangga.

About Alvindayu

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *