Mengkudu, 7 Manfaat Tanaman Herbal untuk Kesehatan

Mengkudu, 7 Manfaat Tanaman Herbal untuk Kesehatan – Mengkudu dahulu tidak seperti sekarang. Tahun 80 sampai awal 90-an mengkudu relatif merupakan tanaman yang dianggap tidak berharga. Bentuk buahnya yang unik dan rasanya yang pahit membuat banyak orang lebih banyak mengabaikannya. Jadi tumbuhlah mengkudu di banyak tempat tanpa ada perlakuan khusus dan dibiarkan begitu saja. Namun akhir 90-an mulai meneliti mengkudu dan manfaatnya. Tidak disangka banyak sekali manfaat dari pohon mengkudu. Bahkan kini mengkudu di pasaran harganya cukup mahal. Ya karena sudah mengetahui manfaat pohon ini.

Klasifikasi ilmiah pohon mengkudu

Termasuk dalam kerajaan Plantae, Angiospermae, Eudikotil. Sedangkan ordonya adalah Gentianales dan termasuk ke dalam famili Rubiaceae. Untuk genus dan spesiesnya adalah Morinda dan M. citrifolia. Nama binomial yaitu Morinda citrifolia. Di Indonesia juga dikenal dengan nama pace, kemudu, cangkudu, koddhu, dan tibah. Nama lain tanaman ini adalah noni dalam bahasa betawi.

Ciri-ciri tanaman mengkudu

Tanaman ini memiliki buah berwarna hijau mengkilap dan bertotol-totol. Saat tua buahnya menjadi putih dengan bintik-bintik hitam. Ketinggiannya berkisar antara 3 samapi 8 meter. Mengkudu tumbuh di daerah dataran rendah sampai 1500 m di atas permukaan laut. Orang betawi menggunakan daun mengkudu sebagai pelengkap nasi goreng. Yang digunakan adalah daun mengkudu muda karena bila yang dijadikan campuran makanan adalah daun mengkudu tua, maka akan membuat makanan menjadi pahit. Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan serta nilai gizi daun mengkudu banyak mengandung vitamin A dan mengatasi penyakit wasir.

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan
Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan

Pohon mengkudu batangnya berwarna coklat kekuningan atau coklat keabuan. Kayu hasil tebangan mengkudu sangat mudah dibelah setelah dikeringkan. Sedangkan daunnya cukup tebal juga mengkilap, besar, dan tunggal. Ukurannya antara 15 sampai 50 x 5 sampai 17 cm dengan tepi daun yang rata dan pendek pada ujungnya yang lancip. Sedangkan bunga pohon mengkudu tersusun secara majemuk dengan tipe bonggolnya yang bulat.

Mahkota bunga putih dan berbentuk corong dengan panjang mencapai 1, 5 cm. Benang sari tertancap di mulut mahkota. Bunganya berwarna putih dan beraroma harum. Untuk daging buahnya teksturnya lunak dan tersusun dari buah-buah batu yang bentuknya piramida dengan daging buah berwarna putih. Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan serta kandungan airnya banyak beraroma keju busuk atau bau kambing karena adanya campuran antara asam kaprilat, kaproat, dan kaprat. Senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat antibiotik aktif.

Kandungan buah mengkudu

Meskipun buahnya tidak enak dimakan tapi kandungan gizinya lengkap. Banyak zat, nutrisi seperti protein, vitamin, mineral dan lainnya ternyata terdapat di dalam buah dan daun mengkudu. Layak memang bila saat ini buah mengkudu dijual mahal di pasaran. Berikut senyawa-senyawa  yang terdapat dalam buah mengkudu: antra quinones, magnesium, phenylalanine, plant steroids, lysine, sodium, xeronine, dan sebagainya. Sedangkan zat-zat lainnya yang terdapat dalam mengkudu adalah scolopetin, zat anti kanker, terpenoid, xeronine dan proxeronine, serta zat anti bakteri.

Mengkudu dan manfaat tanaman herbal untuk kesehatan

Meredakan rematik dan penyakit karena bakteri

Minum jus mengkudu selama sebulan dapat mengatasi penyakit rematik dan osteoarthritis. Bahkan sebuah penelitian di negerinya Adolf Hitler menyatakan bahwa khasiat mengkudu ini setara dengan tramadol. Tramadol merupakan obat yang biasa diresepkan untuk orang yang memiliki rasa sakit tingkat sedang sampai berat. Ini termasuk obat keras ya jadi tentu saja efeknya tidak main-main. Luar biasa kan manfaat tanaman herbal untuk kesehatan mengkudu.

Mengatasi penyakit karena bakteri

Selain itu dalam sari buah mengkudu terdapat zat anti bakteri. Bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Beberapa bakteri yang dapat diatasi dengan meminum sari buah mengkudu adalah bakteri escherichia coli, salmonella montevideo. Keduanya termasuk ke dalam bakteri patogen. Zat-zat aktif dalam buah mengkudu bereaksi dengan bakteri-bakteri tidak baik sehingga masalah-masalah kesehatan karena bakteri tertentu yang dialami dapat teratasi.

Meningkatkan stamina dan mengontrol tekanan darah tinggi

Dalam buah mengkudu terkandung antioksidan yang ampuh yaitu mineral selenium. Konsumsi jus buah ini serta manfaat tanaman herbal untuk kesehatan adalah peningkatan stamina dan daya tahan tubuh. Selain itu seperti halnya yang terjadi pada penduduk dan masyarakat Hawaii, mereka meminum jus mengkudu dalam rentang waktu satu bulan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Untuk menutupi rasa pahit dan bau yang tak sedap pada jus buah mengkudu boleh ditambah dengan madu agar lebih enak ditelan.

Meminimalisir resiko akibat serangan stroke

Sebuah penelitian di Jepang yaitu Universitas Kobe Gakuin melibatkan dua kelompok tikus yang salah satunya diberikan mengkudu. Ketika kedua golongan tersebut pulih dari gangguan aliran darah, kelompok tikus yang tidak mengkonsumsi mengkudu mengalami kerusakan neurologis yang lebih banyak dibandingkan dengan tikus-tikus yang diberi mengkudu. Buletin Biological and Pharmaceutical telah mempublikasikan hasil penelitian ini pada tahun 2009.

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Gaya hidup yang kurang sehat dan kurang bergerak serta maraknya junk food saat ini, membuat penyakit kolesterol begitu menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Selain itu akibat merokok juga menjadi salah satu penyebab tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Namun dengan meminum 29 hingga 188 mililiter jus mengkudu bisa mengurangi sejumlah besar kolesterol dalam tubuh. Penelitian manfaat tanaman herbal untuk kesehatan ini telah dipublikasikan pada tahun 2012 dalam The Scientific World Journal.

Menurunkan tingkat stres

Bila seseorang sudah terkena stres maka tidak hanya pikiran yang terganggu, asam lambung bisa naik, eksim menyerang, pusing melanda, nafas menjadi sesak, dan banyak lagi. Karena itulah sebelum stres menjadi penyebab penyakit lainnya baiknya atasi stres dengan mengkudu. Fungsi kognitif otak dapat diminimalisir efek negatifnya saat terserang stres. Ternyata ahli nutrisi klinis J. Richard telah menelitinya. Menurutnya efek relaksasi mengkudu didapat bila mengkonsumsi jus mengkudu.

Simak artikel lainnya disini

Pencegahan terhadap penyakit kanker

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan serta kandungan antioksidan yang tinggi dalam mengkudu dapat menjadi salah satu pencegahan kanker. Kandungan alami dalam mengkudu juga ternyata dapat melawan tumor. Sehingga banyak sekali obat-obatan herbal dibuat dari mengkudu yang fungsinya untuk mencegah kanker dan mengatasi tumor. Di pasaran dapat kita temukan beragam bentuknya dari yang cair, tablet, sampai tablet salut. Namun sebaiknya konsumsi versi alaminya saja dengan cara mengolah sendiri.

Nah itulah sekilas tentang buah noni atau buah mengkudu. Buah yang pahit rasanya, aroma tidak sedap, namun manis manfaatnya. Apalagi buah ini tergolong cukup mudah ditemukan di Indonesia. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari buah mengkudu namun hanya beberapa saja yang dijabarkan di artikel ini. Manfaat lainnya dari mengkudu di antaranya adalah mengatasi diabetes, mengobati iritasi kulit kepala, meningkatkan sistem imunitas tubuh, mengurangi resiko encok, dan lain sebagainya.

Tidak perlu takut mengkonsumsinya, karena hal tersebut bisa diatasi dengan menambahkan madu sebagai penolong rasa dan aroma. Dengan mengkonsumsi tanaman herbal, setidaknya kita telah berusaha melepaskan diri dari ketergantungan terhadap obat-obatan kimia yang efeknya di kemudian hari baru akan terlihat. Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan dan penggunaan tanaman herbal sebagai solusi kesehatan merupakan hal yang sangat baik dan perlu dilestarikan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *