Mengetahui Jelas Tentang Demam Thypoid

Mengetahui jelas tentang demam thypoid yang sangat di khawatirkan oleh orang tua terhadap anaknya. Banyak sekali orang tua yang bertanya tanya kepada dokter ketika anaknya merasa demam dikira mengidap penyakit thypoid atau tidak. Penyakit thypoid banyak diketahui oleh banyak orang namun masih belum mengenalli secara jelas apa itu penyakit thypoid. Thypoid merupakan salah satu penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman. Penyakit ini bisa ditularkan melalui kotoran serta sangat erat berkaitan dengan kebersihan terhadap orang.

Pada kelompok usia yang rentan mengidap penyakit thypoid adalah pada Anak kalangan usia 5 tahun ke atasnya. Pada usia 5 tahun ke atas Anak sudah mulai memasuki sekolah dan dapat mengenal suatu makanan yang sembarang seperti kurang bersih atau juga banyak mengandung kuman. Maka kuman tersebut bisa masuk ke dalam tubuh Anak sehingga dapat menyebabkan terjadinya thypoid.

Kelompok Anak yang mengidap demam thypoid pada umumnya mempunyai gejala demam yang di alami kurang lebih dari 1 minggu. Keluhan lain yang sering muncul pada penyakit ini yaitu pada umumnya pada Anak mengalami gangguan saluran pencernaan misal seperti sering mual, muntah dan juga sering mencret namun pada Anak yang usia lebih besar sering mengalami sembelit atau bisa disebut dengan kesusahan dalam buang air besar.

Gejala demam thypoid

Gejala gejala seperti itu yang telah dijelaskan di atas juga bisa muncul pada saluran cerna yang lain. Maka dari itu banyak sekali orang tua yang menyebutnya dengan gejala tipus. Padahal ada sesuatu yang membedakan yaitu pada thypoid Anak sering mempunyai suhu tubuh yang cukup tinggi dan sulit untuk menurun bahkan bisa saja terjadi secara bertahap demam semakin hari semakin tinggi. Anak yang mengalami thypoid biasanya demam terjadi terutama pada waktu sore. Demam ini sulit untuk diturunkan meskipun sudah keesokan harinya meskipu sudah diberikan obat untuk menurunkan panas.

Jika Anak sudah mengalami demam selama 1-3 hari maka lebih baik Anda sebagai orang tua harus waspada dengan penyakit demam berdarah dibandingkan dengan demam thypoid. Hal itu terjadi karena pada demam berdarah rentan penyakitnya lebih berat dibandingkan dengan thypoid. Ada juga orang tua sering mengetahui tentang paratifoid namun perbedaannya adalah pada paratifoid cenderung tidak mempunyai bahaya yang sangat besar karena cara mengobati paratifoid pada umumnya lebih cepat untuk disembuhkan dibandingkan dengan thypoid.

Jika ingin memastikan dengan jelas bahwa Anak mengalami thypoid atau tidak lebih baik langsung melakukan pemeriksaan laboratorium supaya dapat menemukan hal yang jelas bahwa ada kuman atau tidak di dalam tubuh Anak tersebut dengan melalui tes sampel darah. Cara lain yang bisa memastikan dengan adanya thypoid atau tidak yaitu bisa menggunakan dengan pemeriksaan antibody terhadap kuman tersebut.

Demam thypoid yang berbahaya biasanya terjadi pada minggu kedua atau pada minggu ketiga awal karena pada waktu tersebut sering sekali muncul tanda tanda komplikasi. Adapun komplikasi yang biasanya munculk pada hari tersebut asdalah komplikasi peritonitis dan dapat membentuk terjadinya pendarahan pada saluran pencernaan atau juga pada perforasi. Komplikasi ini disebabkan oleh kuman yang menggangu lapisan mukosa pada usus.

Komplikasi pada thypoid

Komplikasi yang lain pada thypoid juga bisa terjadi yang sangat berhubungan dengan gejala thypoid yaitu pada Anak yang sering kali tidak mau minum dan sering muntah muntah. Pada Anak yang jarang minum bisa juga mengalami dehidrasi dan bisa terus berlanjut terjadinya penurunan kesadaran ataupun bisa terjadi gejala yang lebih berat lagi dari sebelumnya. Selain gejala itu demam juga bisa menyebabkan terjadinya kejang kejang pada anak balita.

Kompres air hangat untuk meredakan demam

Jika orang tua sedang memiliki Anak namun Anak tersebut mengalami demam maka tidak perlu terlalu panik. Langsung saja lakukan dengan memberikan obat penurun panas jika Anak sedang demam bisa diberikan obat salah satunya yaitu obat paracetamol. Cara lain untuk meredakan demam yaitu bisa melakukan kompres pada Anak dengan menggunakan air hangat pada daerah lipatan ketiak dan juga pada pangkal paha selama kurang lebih 15 menit. Hal yang tidak boleh dilupakan yaitu jangan lupa sering memberi minum supaya mencegah terjadinya dehidrasi.

Istirahat sejenak untuk menangani demam thypoid

Supaya Anak tidak semakin demam yaitu lebih baik melakukan tirah baring agar Anak bisa istirahat sejenak. Pada anak yang sedang mengalami demam thypoid tidak ada makanan sebagai tantangannya. Anda sebagai orang tua bisa memberikan buah dan sayur yang tidak banyak mengandung vitamin C dan juga memberikan susu, jus ataupun jenis minuman yang lain yang disenangi oleh Anak tersebut. Jika selama 3 hari kondisi kesehatan Anak tidak membaik maka bisa membawanya ke tim medis atau dokter di sekitarnya untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan.

Cara pengobatan selain dengan obat penurun panas atau paracetamol juga bisa melakukan terapi antibiotik. Biasanya pada Anak yang diberikan terapi antibiotic dapat menunjukkan tanda tanda semakin baik setelah hari sudah mencapai kelima dari hari pengobatan tersebut. Berobat tidak harus dilakukan dengan cara rawat inap karena masih bisa dilakukan dengan berobat jalan selama pada Anak tersebut masih mau untuk minum. Nmaun jika pada Anak tidak mau minum dan susah untuk disuruh minum sehingga badan sudah terasa lemas maka harus diberikan pengobatan secara rawat inap.

Dengan cara apa saja untuk menghindari supaya Anak dijauhkan dari infeksi kuman thypoid?

Disini akan dijelaskan berbagai macam untuk mencegah atau menghindari demam thypoid. Infeksi pada kuman thypoid bisa berhubungan dengan kebiasaan seseorang untuk menjaga kebersihan pada dirinya sendiri. Penularan ini biasanya ditularkan dengan melalui mulut dan juga makanan maka Anda sebagai orang tua harus menghindarkan Anaknya dari makanan atau jajan yang tidak sehat. Pada lingkungan keluarga Anda sebagai ibu jika sedang memasak air maka harus mendidih selama kurang lebih 15 menit supaya kuman yang ada di dalamnya mati total dan sudah hilang.

Selain hal itu yang Anda perlu lakukan di dalam rumah jika menggunakan air minum dari gallon maka harus memperhatikan juga tidak boleh sembarangan memakainya. Karena pada gallon isian ada juga yang hanya dipanaskan dengan waktu sedikit sehingga bisa mengakibatkan kuman dalam air gallon tidak akan hilang atau tidak semua kuman akan mati. Hal lain yang harus Anda terapkan yaitu bisa melakukan kebiasaan cuci tangan setelah bermain dan juga sebelum dan sesudah makan supaya kuman tidak masuk pada bagian mulut Anda.

Pada saat ini sudah banyak vaksin yang tersedia di tim medis atau dokter disekitar Anda dan sudah direkomendasikan oleh para satuan petugas imunisasi dan bisa diberikan pada Anak yang sudah mulai usia 2 tahun ke atas dan dapat diberikan selama 3 tahun sekali. Dari penjelasan di atas bahwa sudah jelas untuk Anda yang ingin mengetahui mendalam tentang demam thypoid yang sering di bicarakan oleh banyak orang. Maka dari itu Anda perlu tetap menjaga kebersihan dan menjaga pola makan yang baik dalam sehari harinya.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *