Mengetahui Ciri-Ciri Anak yang Sehat Jasmani dan Rohani

Mengetahui ciri-ciri anak yang sehat jasmani dan rohani adalah hal yang paling penting dilakukan, apalagi bagi Anda yang merupakan orang tua. Baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani adalah dua hal yang tidak boleh disepelekan. Hal ini disebabkan oleh kedua hal tersebut memiliki hubungan yang sangat erat sehingga tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Jika seorang anak hanya sehat jasmaninya tanpa memerhatikan kesehatan rohaninya, itu bukanlah hal yang baik. Begitu juga sebaliknya.

Perhatian orang tua kepada anak

Kedua kesehatan tersebut akan dicapai dengan maksimal jika orang tua memerhatikannya dengan seksama. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan agar seorang anak dapat sehat jasmani maupun rohani. Cara-cara tersebut dapat dilakukan dari hal sederhana hingga yang kompleks. Andra dapat membawanya check up kesehatan rutin ke dokter memberikan nutrisi yang lengkap, dan juga mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

sehat jasmani dan rohani
sehat jasmani dan rohani

Ciri anak sehat jasmani

Setelah mengetahui cara-cara membuat anak sehat jasmani dan rohani, maka Anda pun harus mengetahui ciri-ciri seorang anak yang sehat jasmani dan rohani agar dapat melakukan hal-hal yang lebih baik dari sebelumnya. Di antara ciri-ciri anak yang sehat jasmani dan rohani tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Memiliki waktu istirahat yang cukup

Anak yang sehat bisa tidur nyenyak dan juga cukup setiap harinya. Gangguan tidur tidak akan dialami oleh mereka yang sehat fisik maupun psikis, baik itu insomnia atau tidur dalam durasi yang lama.

Mudah untuk belajar dan bergaul

Anak yang sehat jasmani dan rohani ini dapat melakukan keduanya dengan baik. Gangguan dalam berkonsentrasi tidak akan dialami oleh mereka yang sehat, sehingga akan mudah untuk mempelajari pelajaran di sekolahnya. Sikap mandiri dan tidak bergantung pada orang tua pun akan dimiliki oleh mereka. Sehingga ketika mereka bergaul dengan orang lain, mereka tidak memiliki kecenderungan menghindar. Mereka akan dengan mudah untuk bersosialisasi dan juga  bergaul dengan yang lainnya di sekolah maupun lingkungan sekitar rumah.

Menahan emosi secara stabil

Perbuatan yang baik dan juga sopan santun akan ditunjukkan oleh mereka yang sehat mental dan juga fisik. Mereka tidak akan menunjukkan  sikap agresif secara terus-menerus. Hal inilah yang menyebabkan emosinya yang cenderung stabil dan juga jarang terlihat sedih. Mereka juga akan bisa dengan mudah untuk ceria dan percaya diri. Sebab mereka tidak akan memiliki kekhawatiran ataupun kecemasan yang berlebihan terhadap tampilan fisik ataupun pola makannya.

Memiliki tampilan fisik yang sehat

Ciri selanjutnya dari anak yang sehat jasmani dan rohani adalah tampilan fisiknya yang sehat. Hal ini bisa dilihat dari kulitnya yang tampak sehat, tidak terlalu kering, dan juga tidak berbentol atau korengan. Rambut rontok, kuku patah, dan juga kepala yang dipenuhi kutu tidak akan menjangkiti anak yang sehat. Mulut yang sehat seperti lidah dengan warna merah muda, mulut tidak bau, dan juga gigi yang tidak berlubang pun adalah ciri dari mereka.

Mengalami perumbuhan yang baik

Hal ini berarti bahwa setiap anak memiliki laju pertumbuhan dan juga perkembangan yang unik. Anak-anak yang sehat akan memiliki pertumbuhan dan juga perkembangan yang baik dan signifikan. Mereka akan bertumbuh dan berkembang dengan pesat saat mereka memasuki masa pubertas. Kita dapat mengetahui grafik pertumbuhan dan perkembangan mereka dengan mengeceknya ke dokter terdekat.

Melakukan aktivitas fisik dengan sangat baik

Aktivitas fisik yang dimaksud dapat membuat sehat jasmani dan rohani adalah gerakan-gerakan tubuh yang berguna untuk membakar energi yang didapatkan dari makanan. Ajaklah mereka untuk berolahraga dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat, contohnya bermain sepeda, berjalan, dan juga berlari. Jika kita melakukannya dengan baik dan rutin, maka kita dan anak-anak pun akan berada dalam keadaan yang sehat. Selain itu, saat kita melakukannya secara rutin, maka kita pun akan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya seperti serangan jantung, paru-paru, diabetes, dan penyakit berbahaya lainnya.

Memiliki kesehatan gigi dan mulut

Kesehatan mulut juga haruslah diperhatikan karena hal itu merupakan barometer kesehatan. Gigi yang kuat dengan gusi merah muda adalah indikator tubuh yang sehat. Seperti area lain di tubuh, mulut juga merupakan tempat bersarangnya bakteri, meskipun banyak yang tidak berbahaya. Namun, bila kebersihan mulut tersebut tak dijaga, maka bakteri itu justru menjadi berbahaya karena hal tersebut bisa menyebabkan infeksi mulut, gigi keropos, dan juga penyakit gusi.

Memiliki rambut sehat dan juga tebal

Ciri lain dari anak yang sehat jasmani dan rohani adalah rambutnya yang sehat dan tebal. Rambut yang tipis, bercabang, dan juga kering dapat menjadi penanda adanya masalah dalam kesehatan, seperti kekurangan tiroid, stres, dan juga kurang gizi. Sebaliknya, jika rambut yang sehat juga menjadi indikator tubuh yang sehat. “Rambut merupakan barometer kesehatan secara umum,” kata pakar rambut dan kulit kepala, David H. Kingsley PhD.

Setelah Anda mengetahui ciri-cirinya, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menjaga agar anak Anda tetap sehat baik jasmani maupun rohani. Langkah pertama adalah dengan memberinya istirahat yang cukup. Hal ini berkaitan erat dengan kesehatan dan juga ketenangan anak. Istirahat yang cukup ini dapat memberikan peningkatan terhadap daya tahan tubuh seseorang sehingga anak akan bisa menjalankan tugas dengan baik.

Langkah kedua agar anak tetap sehat jasmani dan rohani adalah dengan tidak membuatnya stres. Adanya tekanan pada psikis anak dapat berpengaruh pada keadaan fisiknya. Hindari menuntut terlalu banyak kepada anak, biarkan mereka menentukan apa yang ingin mereka lakukan, tetapi berilah pengetahuan dan bimbingan mengenai konsekuensi yang akan didapatkannya sehingga mereka dapat memikirkannya terlebih dahulu sebelum bertindak.

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mengajaknya untuk rutin berolahraga. Olahraga ini dapat menunjang kesehatan fisik maupun psikis karena hal tersebut dipercaya mampu membantu prosedur pembakaran lemak di dalam tubuh. Lakukanlah beberapa jenis olah raga seperti bersepeda, berenang, bermain voli, jogging, fitness, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, untuk membuat anak Anda tetap sehat jasmani dan rohani adalah dengan mengajaknya untuk tetap menjaga kebersihan. Kebersihan ini merupakan bagian dasar dari kesehatan. Suasana yang bersih tentunya akan menciptakan suasana yang juga sehat. Selain itu, Anda pun dapat terhindar dari potensi terserang penyakit seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, dan juga kondisi buruk lainnya. Jangan lupa untuk menghindari kebiasaan buruk seperti tidur larut malam karena itu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Setelah Anda mengetahui ciri-ciri dan cara menjaga agar anak sehat jasmani dan rohani, dapat disimpulkan bahwa hal tersebut mudah untuk dilakukan. Teruslah perhatikan kesehatan, pertumbuhan, dan juga perkembangan anak Anda, sebab hal tersebut juga merupakan kewajiban Anda sebagai orang tua. Anda pun dapat mengikutinya untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental Anda.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *