Mengenal paru-paru basah, 7 gejala, penyebab, dan cara mencegahnya

Mengenal paru-paru basah, 7 gejala, penyebab, dan cara mencegahnya. Paru-paru basah adalag penyakit yang diderita oleh lebih dari 450 juta orang atau sekitar tujuh persen dari total populasi orang di dunia. Penyakit ini menjadi penyakit yang menyebabkan 4 juta kematian yang dapat menyerang semua orang baik lansia, pengidap penyakit kronis, dan tidak menutup kemungkinan diderita oleh kalangan anak muda.

Peradangan paru-paru ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan pneumonia, kondisi yakni ketika paru-paru terinfeksi oleh bakteri, virus, maupun mikroorganisme lainnya. Infeksi tersebut dapat menyebabkan peradangan pada kantong-kantong udara dan memungkinkan pemengkakan dan tergenangnya paru-paru dengan cairan hingga nanah. Oleh karena itu, penyakit paru-paru basah ini adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan.

mengenal paru-paru basah
mengenal paru-paru basah

Mengenal Paru-Paru Basah dan Gejalanya

Paru-paru basah bukan penyakit yang hanya satu dua diderita oleh orang Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk melakukan deteksi mandiri melalui berbagai gejala-gejala paru-paru basah yang barangkali diderita tanpa kita menyadarinya. Untuk lebih mengenal paru-paru basah, berikut adalah sajian mengenai berbagai gejala yang dapat dikenali sebagai indikasi kita menderita paru-paru basah.

  1. Batuk tanpa dahak maupun batuk disertasi dahak dengan berbagai macam warna baik kekungingan, kecoklatan, kehijauan, bahkan batuk yang disertai darah.
  2. Rasa nyeri pada bagian dada. Nyeri tersebut juga akan terasa semakin parah atau nylekit ketika kita sedang batuk.
  3. Mengalami sesak napas. Atau napas panjang yang terasa berat.
  4. Mengalami demam tinggi, sering merasa kedinginan hingga menggigil dan mudah berkeringat bahkan ketika suhu sedang dingin.
  5. Hilang nafsu makan dan mudah merasa lelah
  6. Sering merasa mual-mual dan ingin muntah
  7. Perasaan cemas dan jantung yang berdebar-debar terus dalam waktu yang lama.

 

Selain beberapa gejala umum tersebut, paru-paru basah juga menunjukkan gejala lain yang berbeda pada masing-masing usia si penderitanya, yakni pada orang dewasa, paru-paru basah dapat ditandai dengan gejala lain seperti linglung dan sering merasa mengantuk, sedangkan pada anak-anak di bawah lima tahun, penyakit ini dapat ditandai dengan napas mereka yang cepat dan disertai mengi. Jika merasakan berbagai gejala tersebut, sangat disarankan untuk mengunjungi dokter guna memperoleh penanganan dengan segera.

Penyebab Paru-Paru Basah

Setelah memaparkan tentang gejala yang dialami oleh penderita paru-paru basah, langkah untuk mengenal paru-paru basah berikutnya adalah dengan mengetahui berbagai penyebab yang menjadikan paru-paru basah. Berikut adalah pemaparan mengenai berbagai hal yang dapat menyebabkan terinfeksinya paru-paru.

Infeksi bakteri

Penyebab radang paru-paru yang dapat menjadikan tertimbunnya cairan pada paru-paru yang pertama adalah karena infeksi bakteri. Bakteri-bakteri tersebut di antaranya ialah bakteri Streptococcus pneumoniae dan bakteri Legionella pneumophila. Selain itu, infeksi ini juga dapat diakibatkan oleh bakteri Staphylococus aureus dan bakteri Haemophilus influenzae. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi bakteri ini adalah dengan rajin mencuci tangan.

Infeksi virus

Penyebab radang paru-paru yang dapat menjadikan tertimbunnya cairan pada paru-paru berikutnya adalah infeksi virus. Hal ini sebgaaimana yang sudah kita ketahui bersama, virus dapat mudah sekali ditularkan dari orang satu ke orang lainnya. Seperti halnya penularan penyakit flu, bronkitis, maupun bronkiolitis yang dapat menjadi penyebab dialaminya paru-paru basah bagi balita. Meski begitu, paru-paru basah jenis ini dapat pulih dan sembuh sendiri dalam kurun waktu 1 – 3 minggu tanpa pengobatan secara khusus, namun tidak menutup kemungkinan jika dengan dibiarkan akan membuat infeksi paru-paru ini menjadi semakin berat. Untuk itu, sangat perlu kita mengenal paru-paru basah dan berbagai penyebabnya untuk dapat melakukan upaya pencegahannya.

Infeksi jamur

Penyebab radang paru-paru yang dapat menjadikan tertimbunnya cairan pada paru-paru berikutnya adalah infeksi jamur. Di antara jamur yang dapat menjadi sebab paru-paru basah adalah Pneumocystis jirovecii dan Histoplasmosis yang dapat muncul setelah terhirupnya jamur dari tanah maupun kotoran-kotoran hewan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menerapkan hidup bersih sebagaimana cara menjalankan gaya dan pola hidup yang sehat.

Selain infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur, penyebab paru-paru basah lainnya adalah peristiwa masuknya cairan lambung, liur, atau bahkan makanan ke saluran pernapasan yang dapat menimbulkan gangguan pada paru-paru. Meski terbilang penyebab ini adalah kemungkinan kecil terjadi, tapi tidak menutup kemungkinan tidak sedikit pengidap paru-paru basah disebabkan oleh peristiwa tersebut. Mengetahui berbagai penyebab paru-paru basah ini adalah salah satu cara kita dapat mengenal paru-paru basah dan mengarah pada upaya mencegahnya.

Cara Mencegah Paru-Paru Basah

Pneunomia atau paru-paru basah adalah penyakit yang banyak diderita oleh orang di seluruh dunia, meski begitu, bukan berarti penyakit ini tidak dapat dicegah. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit yang menyumbang angka kematian cukup besar ini.

Dengan Menerapkan Pola hidup bersih

Cara mencegah paru-paru basah yang pertama adalah dengan menerapkan pola hidup bersih. Berdasarkan intruksi dari para ahli yang ada di National Institutes of Health, menyebutkan jika kebiasan mencuci tangan memegang peranan penting dalam mengenal paru-paru basah dan mencegah diidapnya penyakit paru-paru basah. Cara ini sangat dianjurkan untuk dijadikan kebiasaan, terutama mencuci tangan ketika menyiapkan hingga menyantap makanan, mencuci tangan setelah bersih yang menggunakan tangan sebagai penutup mulut, hingga setelah bersentuhan dengan orang sakit.

Selain rajin mencuci tangan, untuk menerapkan pola hidup bersih dapat dilakukan dengan berhenti merokok, hal ini karena merokok menjadi penyebab lemahnya kemampuan paru-paru dalam melawan infeksi baik infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, maupun mikroba lain yang masuk ke paru-paru melalui saluran pernapasan hingga melalui darah. Oleh karena itu, untuk mencegah paru-paru basah, sengat disarankan untuk perlahan-lahan menghentikan kebiasaan merokok.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Dengan Bantuan Vaksinasi

Cara mencegah paru-paru basah berikutnya adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kondisi tubuh yang sehat akan dapat membantu tubuh melawan atau memblok berbagai virus, bakteri maupun mikroba yang dapat menjadikan tubuh terserang oleh radang paru-paru basah ini. Sistem kekebalan tubuh dapat dijaga dengan mengonsumsi berbagai makanan yang kaya gizi, tidur cukup, dan rutin berolahraga, serta banyak mengonsumsi berbagai vitamin baik vitamin yang dapat dibeli di apotek maupun vitamin-vitamin alami yang terdapat pada buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Dengan mengenal paru-paru basah dan upaya pencegahannya ini, dapat menjauhkan kita maupun orang-orang terdekat kita dari paru-paru basah itu sendiri.

Selain dengan cara-cara tersebut, perlu juga untuk memberikan perlindungan diri pada tubuh dengan bantuan pemberian vaksin. Fungsi vaksin ini dala tubuh adalah untuk mencegah berbagai jenis penyebab paru-paru basah, di antaranya ialah vaksin flu yang dapat mencegah pneumonia karena virus flu, hingga vaksin pneumokokus untuk mencegah kemungkinan terkenanya paru-paru basah yang disebabkan ole bakteri Streptococus pneumoniae.

Demikian adalah paparan mengenai paru-paru basah, gejala, penyebab, dan cara mencegah paru-paru basah. Pemahaman mengenai berbagai hal tersebut dapat membuat kita mengenal paru-paru basah lebih dekat. Dan dengan itu pula kita dapat tergerak untuk melakukan berbagai upaya pencegahan yang tidak hanya untuk diri kita sendiri, namun juga orang-orang terdekat kita.

About Ibnu Khamill

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *