Mendapatkan Tubuh Sehat dan Kekebalan yang Baik Saat Musim Pancaroba

Mendapatkan tubuh sehat dan kekebalan yang baik saat musim pancaroba, tentunya diinginkan oleh setiap orang. Karena dimusim seperti ini biasanya terjadi perubahan cuaca yang cukup ekstrim. Cuaca yang sebelumnya panas mendadak hujan, bahkan ngga jarang terjadi angin kencang. Sehingga kondisi seperti ini beresiko menyebabkan timbulnya beragam penyakit.

Misalnya saja flu, demam, diare, hingga penyakit yang meresahkan seperti tifus dan demam berdarah. Mengingat kondisi kesehatan sangatlah penting, terlebih disaat pancaroba. Oleh karena itulah setiap orang perlu menerapkan pola hidup sehat yang bisa menunjang meningkatnya imunitas. Imunitas atau daya tahan tubuh inilah yang menjadi kunci utama kamu ngga akan mudah terkena penyakit.

tubuh sehat
tubuh sehat

Cara mendapatkan tubuh yang sehat

Selanjutnya, kamu juga diharuskan untuk bisa beradaptasi agar terbiasa dengan kondisi cuaca seperti ini. Karena faktanya, banyak orang yang jatuh sakit lantaran kekebalan tubuhnya ngga bisa beradaptasi saat perubahan cuaca yang ekstrim. Nah, ingin tahu bagaimana cara meningkatkan imunitas agar tubuh sehat selama pancaroba? Ini dia beberapa cara mendapatkan tubuh sehat dan kekebalan yang baik.

1. Mengonsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi memiliki peranan penting dalam menjadikan tubuh lebih sehat, serta mampu melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit. Tapi tentu saja kamu ngga bisa asal dalam memilih makanan. Sebaiknya pilihlah bahan makanan yang sehat dan berasal dari alam, serta terhindar dari penggunaan bahan kimia seperti pewarna ataupun pengawet. Sangat penting juga untuk memilih makanan dengan kandungan gizi yang cukup dan diperlukan tubuh. Contohnya saja sayur dan buah yang memiliki kandungan nutrisi lengkap.

Sementara untuk beberapa jenis bahan makanan yang perlu kamu hindari seperti cemilan snack, gorengan, serta makanan lain yang tinggi gula. Selain itu, hindari juga jenis makanan siap saji yang biasa kamu konsumsi sebelumnya. Karena tak jarang, makanan tersebut bisa menyebabkan radang tenggorokan, sakit perut, hingga memicu gejala demam. Terlebih jika kamu cukup sering mengonsumsinya, sehingga daya tahan tubuh kian menurun. Oleh karena itu, menjaga pola makan haruslah diperhatikan jika ingin tubuh sehat selama pancaroba.

2. Penuhi kebutuhan cairan harianmu

Saat musim peralihan atau pancaroba, memenuhi kebutuhan cairan harian menjadi hal wajib yang ngga boleh kamu lewatkan. Kebutuhan setiap orang ini pun berbeda, tergantung dari berat tubuh, suhu, kegiatan, usia, dan lain sebagainya. Namun rata-rata kebutuhan air untuk usia dewasa adalah minimal sekitar 8 gelas per hari. Jika jumlah kebutuhan air tidak terpenuhi, tubuh akan jadi lemas dan dehidrasi. Pastinya hal ini akan melemahkan imun tubuhmu sehingga rentan terkena penyakit.

3. Waktu tidur yang cukup

Tidur menjadi cara paling tepat dan mudah untuk memiliki tubuh sehat dimusim pancaroba. Waktu tidur ini idealnya adalah 7 hingga 8 jam dengan kualitas tidur yang baik. Karena saat tidur tubuh akan melakukan pemulihan dan perbaikan terhadap kesehatan tubuh. Ketahui juga bahwa saat tidur lebih baik dalam kondisi ruangan yang gelap tanpa cahaya, entah itu cahaya lampu, televisi, ataupun sinar dari layar ponsel. Bahkan menurut penelitian, tidur cukup 7 – 8 jam bisa meningkatkan daya tahan tubuh hingga 70 persen loh.

4. Kelola stres dengan baik

Tahukah kamu bahwa salah satu pemicu menurunnya daya tahan tubuh adalah stres? Ya, secara tidak langsung stres bisa membuat tubuh merasakan gejala penyakit mulai dari skala ringan hingga penyakit berat loh. Misalnya ketika kamu lagi banyak pikiran dan stres, terkadang tubuh bisa merasakan sakit seperti maag, reaksi alergi, pusing, demam, gatal-gatal, sembelit, dan sebagainya. Bahkan pada kasus berat, stres juga bisa memicu munculnya penyakit jantung loh.

Sehingga cara untuk mencegahnya adalah mengelola stres dengan baik dimusim pancaroba. Agar lebih rileks dan pikiran tenang, cobalah melakukan hal-hal positif yang menyenangkan. Contohnya mendengarkan musik, menonton film, membaca buku, ataupun mengajak main binatang piaraanmu. Pastikan bahwa kamu senantiasa senang, supaya daya tahan tubuhmu ngga menurun saat perubahan cuaca. Dengan begini, kondisi tubuh sehat pastinya akan selalu terjaga bukan?

5. Rutin berolahraga

Pasti kamu sudah tahu kan jika olahraga juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Olahraga bisa menurunkan resiko peradangan dan memicu sel tubuh untuk bekerja melawan penyakit ataupun infeksi. Karena semakin kuat daya tahan tubuh, resiko terkena sakit juga akan menurun. Namun pastikan bahwa kamu melakukan kegiatan olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jangan sampai berolahraga tanpa mempertimbangkan kemampuan yang justru merugikan diri.

Alih-alih menyehatkan, justru olahraga berlebihan akan membuat tubuhmu jatuh sakit. Jika kamu adalah orang yang ngga terbiasa melakukan kegiatan berat dan olahraga, sebaiknya mulailah kegiatan tersebut dari yang paling ringan. Kamu bisa berjalan-jalan pagi atau lari-lari kecil di sekitar kompleks rumah. Jika sudah terbiasa, kamu bisa menaikkan tingkatannya dengan melakukan push up, squad, hingga workout ataupun treadmill. Semakin rutin kamu melakukannya, tubuh sehat akan selalu terjaga meski saat pergantian musim sekalipun.

6. Menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar

Penyebab seseorang sakit bukan hanya karena faktor dari dalam tubuh saja loh. Melainkan, faktor dari lingkungan pun bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Sama halnya ketika kamu menerapkan gaya hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari. Kebersihan ini bukan hanya bisa diterapkan untuk diri sendiri, tapi juga lingkungan sekitar. Mulai dari kamar tidur,  rumah, hingga lingkungan sekitar di luar rumah.

Karena jika kondisi tubuh maupun lingkungan cenderung kotor, kuman dan bakteri akan mudah menjangkit seseorang. Untuk menjaga kebersihan diri dan tubuh sehat, kamu bisa menerapkan beberapa hal penting. Contohnya seperti cuci tangan pakai sabun, rajin mandi, keramas, dan menggosok gigi setiap hari. Sedangkan untuk kebersihan rumah, kamu harus rutin menyapu, membersihkan sela dan bagian rumah yang jarang terjangkau, hingga mengelap debu yang menempel.

Jangan lupa juga untuk membersihkan lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya dan membasmi sarang nyamuk. Terlebih saat musim pancaroba, ada begitu banyak genangan air yang dihuni jentik-jentik nyamuk. Hal ini bisa beresiko menyebabkan penyakit demam berdarah jika tidak segera diatasi. Selain itu, terjadinya perubahan cuaca juga mengundang banyak binatang yang beresiko membawa kotoran dan kuman penyakit seperti lalat. Nah, tak perlu menunggu sakit jika ada banyak cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat bukan?

7. Bawa barang yang diperlukan

Ketika memasuki musim pancaroba, terjadinya perubahan cuaca secara ekstrem memang hampir tidak bisa kita prediksi. Bisa saja disaat cuaca begitu panas tiba-tiba berubah menjadi mendung dan terjadi hujan deras. Terlebih ketika kamu berada di luar rumah, sehingga beresiko kehujanan dan jatuh sakit. Nah, dari pada membiarkan tubuhmu mengalami flu dan demam, akan lebih baik jika membawa barang yang diperlukan. Misalnya saja selalu membawa payung ataupun jas hujan, agar tubuh sehat dan terhindar dari penyakit saat perubahan cuaca.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *