Memahami Tanda dan Gejala Serta Faktor Penyebab Demam Thypoid

By

Memahami tanda dan gejala serta faktor penyebab demam thypoid. Penyakit ini sering dikenal dengan nama tipes. Tipes atau thypoid merupakan salah satu penyakit akut yang disebabkan oleh kuman salmonella thypi. Bakteri ini biasanya sering ditemukan pada bagian air dan juga makanan atau jajan yang sudah jelas tidak sehat bagi tubuh. Dengan hal itu penyakit ini juga bisa ditularkan dengan orang yang sudah jelas terkontaminasi kuman tersebut.

Tipes atau penyakit thypoid bisa menularkan kuman dan bakteri dengan melalui urine dan juga fesesnya. Maka dari itu jika Ada orang yang mengonsumsi makanan atau minuman namun sudah terkontaminasi dengan urine dan feses maka orang tersebut bisa mengalami penyakit tifus ini. Banyak orang yang masih salah bahwa tipes itu sama dengan tifus padahal tentu saja berbeda dengan tipes. Penyakit tifus disebabkan oleh berbagai macam jenis bakteri misal seperti dibawa oleh kutu yang bisa menyerang salah satu organ manusia.

Demam thypoid
Demam thypoid

Demam thypoid atau dikenal dengan tipes tentu saja sangat umum sudah sangat familiar bahkan semakin hari tambah berkemang terutama pada kalangan usia Anak anak. Meskipun sudah lebih dominan bisa menyerang pada Anak anak namun pada usia berapapun tidak boleh meremehkan penyakit ini karena bisa juga menyerang manusia dengan umur berapa saja. Penyakit tipes biasanya dapat dicegah dengan cara mengurangi faktor risiko yang ada maka perlu didiskusikan dengan tim medis atau dokter untuk mengetahui informasi yang lengkap.

Tanda dan gejala tipes

Jika Anda sudah terinfeksi maka bagian tubuh biasanya sering mengalami berbagai macam tanda dan gejala paling awal yaitu sebagai berikut ini.

  • Kondisi demam yang terus bertambah dalam setiap hari dan bisa mencapai 40 derajat atau lebih.
  • Merasa pusing dan sakit kepala
  • Sering merasa lemah dan lelah
  • Nyeri pada bagian otot
  • Muncul keringat
  • Mengalami batuk kering
  • Turunnya nafsu makan dan dapat menimbulkan penurunan berat badan
  • Perut terasa sakit
  • Bisa mengalami diare dan juga sering sembelit atau buang air besar tidak lancer
  • Paerut terasa bengkak

Jika tidak cepat mendapatkan perawatan yang baik dan tidak ditangani secepat mungkin Anda bisa saja mengalami gangguan misal seperti sering mengigau dan juga terus berbaring lemah di tempat tidur dengan keadaan mata setengah melek. Selain hal itu yang sudah merupakan masa kritis Anda juga bisa mengalami gangguan komplikasi yang bisa mengancam kesehatan jiwa. Untuk sebagian orang bisa saja mengalami timbulnya tanda tanda dan gejala tersebut setelah waktu 2 minggu dari keadaan demam yang menurun.

Masih banyak kemungkinan tanda tanda dan gejala yang belum disebutkan di atas tadi namun jika Anda sudah mengalami tanda dan gejala tersebut harus langsung dikonsultasikan pada bagian tim medis atau dokter sekitarnya suapay mendapatkan perawatan yang lebih dini dan bisa mencegah terjadinya demam thypoid.

Kapan sih Anda harus periksa ke dokter?

Anda harus bisa menghubungi atau mengkonsultasikan jika sudah mengalami tanda tanda awal dan gejala tipes yang sudah dijelaskan di atas. Namun selain hal itu Anda juga harus lamgsung pergi ke dokter jika sedang mengalamin tanda tanda awal dan gejala tersebut ketika berada di negara lain juga. Jika masih terus kambuh ketika Anda sudah berada di daerah sendiri atau di rumah maka Anda harus tetap mengonsultasikan pada dokter setempat untuk dapat mengetahui jelas faktor penyebabnya.

Faktor penyebabnya

Faktor penyebab demam thypoid atau tipes paling umum yaitu bisa disebabkan oleh bakteri salmonella thypi namun hal ini perlu Anda waspadai setiap hari karena paad biasanya bakteri ini bisa disebabkan oleh berbagai macam seperti penjelasan di bawah ini.

  • Urine dan feses

Bakteri tersebut biasanya disebabkan melalui makanan atau air yang sudah terkontaminasi. Namun juga sering menyebar secara kontak fisik langsung dengan salah satu orang yang sudah terinfeksi penyakit ini. Pada suatu negara teruatam di Indonesia biasanya hal ini muncul ketika disebabkan oleh air untuk di minum yang sudah terkontaminasi oleh suatu hal yang buruk. Maka dari itu Anda perlu hati hati menggunakan toilet atau bekas apa saaj dari orang lain yang sudah mengidap penyakit ini.

  • Orang yang sudah terinfeksi

Pada beberapa orang yang sudah sembuh dari demam thypoid atau tipes masih bisa menyimpan bakteri aatu kuman ini di dalam saluran usus atau bisa menyimpan pada kantong empedunya. Kuman ini bisa saja tersimpan dengan waktu yang cukup lama hingga bertahun tahun lamanya. Nah orang orang inilah yang disebut dengan pembawanya kronis karena bisa menularkan dengan orang lain meskipun sudah tidak mempunyai tanda dan gejalanya.

Penyakit tipes atau penyakit thypoid saudah menjadi salah satu penyakit yang serius sehingga dapat mengancam seluruh orang di dunia terutama di Indonesia sendiri. Komplikasi yang sering disebabkan oleh penyakit tipes biasanya hanya dapat terjadi pada orang yang masih belum sama sekali mendapatkan antibiotik secara tepat. Namun tidak hanya itu komplikasi bisa saja muncul jika Anda sudah lama membiarkannya dan tidak langsung diobati.

Pada umumnya komplikasi demam thypoid atau demam tipes bisa saja terjadi pada waktu minggu ketiga setelah orang tersebut sudah terinfeksi. Maka dari itu lebih baik mencegah terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan sehingga dapat mengancam risiko yang sangat besar bagi diri Anda sendiri. Adapun salah satu contoh komplikasi yang sudah umum dari demam tipes jika tidak langsung diobati yaitu sebagai berikut.

Perdarahan di bagian dalam tubuh

Biasanya hal ini terjadi ketika tidak mengancam pada kesehatan jiwa tetapi hal ini juga bisa menyebabkan Anda merasa tidak sehat lagi. Gejala yang muncul yaitu sebagai berikut.

  • Sering mudah lelah dengan waktu yang lama
  • Mengalami sesak nafas
  • Kulit terasa pucat
  • Kondisi detak jantung tidak dapat berdetak dengan teratur
  • Terjadinya muntah darah

Jika sudah mengalami komplikasi yang cukup parah maka Anda memerlukan transfusi darah yang dimana tujuannya adalah untuk menggantikan darah yang telah hilang dari tubuh Anda. Selain dilakukan hal itu biasanya dokter juga akan melakukan pembedahan pada daerah yang mengalami perdarahan jika membutuhkan pengobatan yang khusus. Nah disini sudah jelas bahwa demam thypoid jika tidak langsung ditangani dapat membuat suatu hal yang sangat fatal.

Nah di atas sudah dijelaskan bahwa demam thypoid atau demam tipes memiliki banyak faktor penyebab dan juga tanda tanda gejala yang dapat memicu terjadinya penyakit tersebut. Maka dari itu Anda perlu tetap menjaga kondisi kesehatan Anda sendiri maupun anggota keluarganya supaya dijauhkan dari segala penyakit. Karena jika sudah mengalami penyakit tersebut bisa saja Anda mempunyai risiko tinggi terjadinya komplikasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan Anda sendiri.

Tinggalkan komentar