Tubuh Bugar dengan Melakukan 5 Olahraga Sehat di Rumah dengan Benar

Tubuh Bugar dengan Melakukan 5 Olahraga Sehat di Rumah dengan Benar. Jangan jadikan keterbatasan waktu sebagai halangan untuk melakukan olahraga rutin. Tidak perlu muluk-muluk untuk melakukan olahraga di pusat kebgaran. Cukup dari rumah saja, beragam latihan dapat dilakukan. Tentunya harus tetap memperhatikan porsi latihan dan gerakan yang tepat. Untuk itu, sebelum melakukan latihan, terlebih dahulu harus memahami gerakan yang akan dilakukan. Hal ini penting untuk mencegah cedera akibat kesalahan gerak.

Sebagaimana kita tahu, olah raga berfungsi untuk memperkuat otot tubuh dan menjaga kesehatan. Selain itu, olahraga juga dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan suplai oksigen pada tubuh. Jika peredaran darah lancar dan suplai oksigen terpenuhi, maka mood dan konsentrasi juga akan ikut meningkat. Inilah sebabnya, setelah berolahraga, alih-alih merasa lelah, kita justru akan merasa lebih bersemangat. Dengan rutin berolahraga, kesehatan dan kelenturan tubuh akan tetap terjaga.

olahraga sehat di rumah
olahraga sehat di rumah

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Olahraga Sehat di Rumah

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga. Apalagi di masa pandemi seperti ini, mengurangi frekuensi berkerumun di luar rumah adalah pilihan yang tepat. Namun, bukan berarti tidak perlu berolahraga. Cukup lakukan olahraga sehat di rumah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Manfaatkan ruangan di rumah ataupun di halaman dan menggunakan alat seadanya yang dimiliki. Bukan lokasinya yang utama, melainkan jenis dan porsi latihannya.

Sebelum berolah raga, pastikan dulu tubuh benar-benar dalam kondisi fit. Perhatikan juga porsi latihan. Jika masih baru memulai, coba lakukan gerakan yang lebih ringan dahulu. Selain itu, jangan langsung memaksa tubuh untuk melakukan gerakan dalam jumlah banyak dahulu. Lebih baik lakukan sesuai kemampuan, tetapi tingkatkan secara bertahap setiap beberapa hari. Hal ini juga penting untuk mencegah terjadinya risiko cedera. Jangan lupa juga melakukan pemanasan dengan baik dan cukup untuk mempersiapkan tubuh sebelum latihan inti.

Catatan penting yang perlu diperhatikan saat melakukan olahraga sehat di rumah adalah mengonsumsi air putih yang cukup. Banyak orang abai akan hal ini. Padahal, risikonya cukup serius. Dehidrasi adalah salah satu risiko yang harus dihindari. Kurangnya cairan tubuh juga dapat mengakibatkan rasa nyeri pada persendian. Untuk itu, pastikan mengonsumsi air putih beberapa jam sebelum, saat, dan sesudah berolahraga. Perhatikan juga jumlahnya, agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Olahraga Sehat di Rumah yang Bisa Dilakukan Secara Rutin

Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin dan kontinyu. Itulah sebabnya, jangan sampai memaksakan diri dalam melakukannnya. Lakukan sesuai kemampuan saja, agar tetap semangat melakukannya secara rutin. Kesalahan yang sering terjadi adalah melakukan olahraga berlebihan pada satu waktu, tetapi kemudian berhenti melakukannya. Lebih baik semampunya saja, tetapi rutin dan terus menerus dilakukan setiap harinya. Setelah dirasa mampu, barulah meningkatkan porsi latihannya. Berikut beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

Push up

Push up adalah olahraga sehat di rumah yang bisa dilakukan tanpa alat khusus. Jika baru melakukannya mungkin akan terasa berat. Tak perlu langsung melakukan push up puluhan kali. Untuk awal, lakukan dalam hitungan 10 hingga 20 kali saja. Push up dengan beberapa variasi gerakannya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah, meningkatkan fleksibilitas otot, menghindari cedera punggung bagian bawah, meningkatkan massa otot, juga membuat tubuh tampak lebih kekar.

Gerakannya adalah tidur telungkup dengan kedua tangan menekuk di sisi badan. Pastikan kaki tetap lurus. Angkat badan menjauh dari lantai, hingga posisi tangan lurus. Kemudian, turunkan badan dengan bertumpu pada kekuatan tangan. Jangan sampai badan menyentuh lantai dan kaki harus tetap lurus. Ulangi gerakan ini dengan benar. Ada beberapa variasi push up yang bisa dilakukan. Namun, untuk pemula, latih gerakan dasar ini dahulu.

Sit Up

Ingin memperkuat otot perut? Lakukan latihan sit up secara rutin. Jika dilakukan secara rutin, ada banyak manfaat yang bisa diraih dari olahraga sehat di rumah ini. Selain mempercepat pembakaran kalori, sit up juga dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular. Daya tahan kardiovaskular ini penting untuk kesehatan kinerja jantung. Manfaat lain yang bisa didapat melalui sit up adalah meningkatkan metabolisme dan melancarkan peredaran darah. Lakukan secara rutin setidaknya 10 hingga 20 kali sekali latihan.

Sit up cukup mudah dilakukan. Posisi awalnya adalah berbaring dengan kaki ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Letakkan tangan di belakang kepala. Dari berbaring, ubah posisi menjadi duduk. Pastikan saat melakukannya posisi kaki tidak terangkat dari lantai. Variasi gerakan yang bisa dilakukan adalah berbaring dengan kaki lurus. Tangan bisa juga lurus ke depan atau disilangkan di depan dada.

Squat

Jenis olahraga sehat di rumah yang satu ini memang sedikit menyiksa. Gerakannya merupakan perpaduan antara berdiri dan jongkok. Namun, jika rutin dilakukan, manfaatnya bagi tubuh cukup banyak. Fokus pada latihan ini adalah melatih otot tubuh, utamanya bagian bawah tubuh. Melalui latihan ini, lemak di perut akan terbuang sehingga perut menjadi lebih kecil. Selain itu, latihan ini juga dapat mengurangi terjadinya selulit. Jadi, walaupun sedikit menyiksa, manfaat latihan ini tidaklah main-main.

Jumping Jacks

Jumping jaks sebenarnya tepat dilakukan sebagai pemanasan. Latihan ini  berfungsi mengaktifkan berbagai kelompok otot tubuh. Gerakannya juga dapat meningkatkan stamina sekaligus suasana hati. Hal ini bermanfaat untuk mengatasi stres yang dialami. Namun, tidak hanya itu saja. Jumping jacks juga juga merupakan latihan kardio aerobik yang mampu meningkatkan kinerja jantung. Selain itu juga dapat melatih koordinasi yang baik antara tubuh dan otak.

Naik Turun Tangga

Olahraga sehat di rumah lainnya yang dapat dilakukan adalah naik turun tangga. Kelihatannya sederhana saja. Cukup dengan beberapa kali menaiki dan menuruni tangga di rumah. Namun, jika dilakukan secara rutin setidaknya 10-15 menit sehari, akan membantu pembakaran kalori dan melatih otot kaki. Jangan memaksakan diri saat baru pertama memulai. Lakukan semampunya saja asalkan rutin dilakukan setiap hari.

Baca artikel lain disini

Keterbatasan Ruang dan Alat Bukan Halangan Untuk Olahraga Sehat di Rumah

Dari beberapa contoh olahraga tersebut, dapat dilihat bahwa latihan-latihannya tidak membutuhkan ruang yang luas. selain itu, semua tidak memerlukan alat khusus untuk melakukannya. Cukup pastikan ruangan tempat melakukan olahraga tidak pengap dan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Sebab, saat berolahraga, tubuh memerlukan oksigen yang cukup. Karena latihannya dilakukan di lantai, kebersihannya pun patut diperhatikan.

Misalnya ingin menambah latihan dengan angkat beban pun, bisa dilakukan dengan alat seadanya. Tidak perlu menggunakan barble atau dumble. Kedua alat tersebut bisa diganti dengan menggunakan ember ataupun botol air. Perhatikan berat beban dan cara mengangkat bebannya agar terhindar dari risiko cedera otot. Intinya dalam melakukan olahraga sehat di rumah, pastikan melakukannya dengan cara yang benar dan sesuai kemampuan.

Jangan lupa melakukan pemanasan sebelumnya agar tubuh tidak kaget dengan latihan yang akan dilakukan. Pemanasan yang cukup, selain mengurangi risiko cedera, juga membuat otot lebih lentur dan siap. Jangan hanya karena ingin cepat-cepat melakukan latihan utama lantas mengabaikan pemanasan. Hal ini dapat membuat tubuh merasa sakit dan nyeri pada persendian. Bahkan dapat mengakibatkan kejang dan kram pada otot. Asal dilakukan dengan aman dan berhati-hati, olahraga sehat di rumah tetap bisa dilakukan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berolahaga. Walaupun sedang berada di tengah pandemi yang mengharuskan membatasi keluar rumah, kesehatan dan kebugaran tetap yang utama. sebab, kesehatan adalah aset utama yang dimiliki setiap orang. Sebagaimana kata pepatah, di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Selamat berolahraga

About Aziza Linda Verra

Check Also

Olahraga sehat pagi hari

8 Manfaat Olahraga Sehat Pagi Hari yang Bisa Dirasakan Secara Langsung

8 Manfaat Olahraga Sehat Pagi Hari yang Bisa Dirasakan Secara Langsung – Kesempatan melakukan olahraga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *