Terapkan 7 Menu Meal Plan Diet Sehat Ini! Berat Turun Badan Sehat

By

Sumbersehat.com – Meal plan diet sehat adalah menu makanan dengan gizi seimbang yang kadarnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh sehari-hari. Menu ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan yang ingin menerapkan hidup sehat.

Jika ingin mendapatkan manfaat lebih, menu diet sehat menurunkan berat badan ini harus terkandung nutrisi esensial yang baik untuk tubuh. Nutrisi esensial penting karena nutrisi ini tidak memproduksi sendiri dalam tubuh. Sehingga tubuh harus memenuhinya dari makanan yang terkandung nutrisi tersebut.

meal plan diet sehat
meal plan diet sehat

Nutrisi Yang Wajib Terdapat Dalam Meal Plan Diet Sehat

Nutrisi esensial terbagi menjadi dua kategori, yaitu makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang besar karena memberikan energi bagi tubuh. Contohnya seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Sedangkan mikronutrien diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil untuk menunjang kinerja tubuh seperti vitamin dan mineral. Kedua zat gizi ini penting untuk tubuh dan harus ada dalam daftar menu diet sehat sehari-hari.

Daftar Menu Meal Plan Diet Sehat Satu Minggu

Berikut adalah daftar menu diet sehat dan murah satu minggu yang bisa anda coba. Caranya seperti di bawah ini :

1. Meal plan diet sehat hari pertama

Ketika sarapan, menu diet sehat 7 hari pertama yang bisa dikonsumsi adalah sepotong roti bakar. Anda bisa menambahkan telur sebagai protein dan ½ alpukat sebagai pelengkap vitamin saat pagi hari.

Untuk makan siang, anda dapat membuat tumisan sayuran dengan bayam, buncis, dan wortel. Sebagai proteinnya dapat menggunakan dada ayam bakar karena bagian dada lebih sedikit kandungan lemak. Supaya lebih sehat, anda dapat mengganti minyak masak dengan menggunakan minyak zaitun.

Untuk menu makan malamnya, anda dapat membuat ikan kod pangga yang yang dimasak menggunakan minyak zaitun. Lalu beri tambahan brokoli yang dipanggang dan quiona sebagai pengganti karbohidrat. Resep menu diet ini sangat enak dan pastinya sehat.

2. Meal plan diet sehat hari kedua

Saat sarapan anda bisa mengkonsumsi sepotong roti gandum yang diberi satu sendok mentega almond. Tambahkan satu butir telur rebus sebagai protein dan secangkir kopi atau teh tanpa gula atau pemanis lainnya.

Untuk resep menu diet makan siangnya, anda dapat mengkonsumsi dua potong roti gandum yang berisi daging sapi panggang. Sebagai pelengkap tambahkan mustard, keju dan irisan wortel. Sajikan bersama segelas susu tanpa lemak sebagai pelengkap gizi di siang hari.

Resep menu diet makan malamnya, anda dapat membuat salad sendiri di rumah. Caranya adalah fillet dada ayam dipotong menjadi dadu dan diberi dua sendok saus salad. Tambahkan brokoli yang dimasak terlebih dahulu dengan jus lemon.

Lalu, campurkan kacang merah atau kacang hitam ke dalam salad. Supaya lebih kenyang, anda boleh menambahkan sepotong roti gandum yang diolesi mentega.

3. Meal plan diet sehat hari ketiga

Untuk sarapan anda bisa membuat oatmeal yang dimasak bersama dengan susu almond. Lalu campurkan ½ sendok bubuk kayu manis dan beri tambahan irisan apel serta selai kacang.

Saat makan siang anda dapat membuat menu diet sehat tanpa nasi dan diganti dengan selembar tortilla gandum utuh. Untuk isian tortilla tambahkan alpukat, tomat, selada, dan keju sesuai selera.

Ketika makan malam anda dapat membuat tumisan ayam giling dicampur dengan tomat yang sudah dihancurkan. Untuk menambahkan tekstur pada makanan anda bisa mencampurkannya dengan kacang hitam dan kacang merah.

4. Meal plan diet sehat hari keempat

Ketika sarapan, menu diet sehat 7 hari yang keempat anda bisa mengkonsumsi sepotong roti gandum panggang. Anda boleh menambahkannya dengan dua butir telur mata sapi dan selai kacang sesuai selera. Tambahkan ½ iris pisang untuk memberikan serat pada pagi hari.

Untuk makan siang, anda dapat membuat sushi roll sendiri di rumah. Bahan-bahannya sangat sederhana yaitu alpukat, mentimun, dan nasi merah. Lalu, anda juga dapat membuat guluan sayuran roll dengan menggunakan nasi merah. Serta salmon sashimi yang disajikan dengan salah hijau.

Untuk menu makan malamnya dengan memasak ikan salmon dan kecambah yang dimasak bersama dengan mentega. Lalu, sebagai karbohidrat anda boleh mengkonsumsi ubi jalar rebus dengan ukuran kecil.

5. Meal plan diet sehat hari kelima

Sebagai sarapan anda bisa mengkonsumsi oatmeal dengan campuran kemari dan susu rendah lemak. Untuk memberikan sedikit rasa manis pada oatmeal, anda boleh menambahkannya dengan potongan buah jeruk.

Untuk resep menu diet makan siangnya, anda dapat membuat salad sederhana sendiri di rumah. Saladnya berisi secangkir bayam, keju feta, tomat ceri dan beri sedikit perasan lemon untuk memberi rasa segar pada salad. Sebagai protein beri tambahan ikan salmon yang sudah dipanggang pada salad.

Resep menu diet makan malamnya, anda dapat membuat tumisan udang bersama dengan paprika hijau, bawang putih, dan minyak zaitun. Hidangkan bersama dengan nasi merah karena memiliki karbohidrat lebih rendah. Ketika malam hari, detoks tubuh anda dengan menggunakan air yang diberi tambahan perasan lemon atau jeruk nipis.

6. Meal plan diet sehat hari keenam

Untuk sarapan anda dapat membuat smoothie di rumah dengan bubuk protein kacang polong yang diberi buah blackberry beku. Lalu campurkan bersama dengan santan, selai kacang mete, dan biji rami ke dalam blender. Blender hingga halus dan sajikan di gelas. Smoothie ini akan memberikan efek kenyang lebih lama.

Saat makan siang anda dapat membuat menu diet sehat tanpa nasi dengan membuat salad. Campurkan kale, kacang lentil, wortel parut, tomat ceri, keju kambing, dan dada ayam bakar ke dalam mangkuk. Lalu beri tambahan perasan lemon sebagai dressing salad supaya lebih segar.

Ketika makan malam anda dapat membuat tortilla jagung yang diberi isian udang bakar dan tumisan. Bahan untuk tumisan seperti bawang merah dan paprika dan tumis dengan menggunakan minyak zaitun. Lalu isi tortilla dengan bahan tersebut dan sajikan bersama udang bakar.

7. Meal plan diet sehat hari ketujuh

Untuk sarapan menu diet sehat seminggu ini anda dapat membuat oatmeal yang dimasak dengan susu almond tanpa pemanis. Tambahkan bubuk kayu manis dan buah blueberry sesuai selera.

Untuk makan siangnya, anda dapat membuat tumisan ikan tuna bersama dengan sayuran hijau. Berikan sedikit mayones dan seledri yang sudah dicincang sebagai pelengkap. Tambahkan sedikit irisan alpukat dan apel hijau untuk memberikan tambahan vitamin pada menu diet sehat tanpa nasi ini.

Untuk makan malamnya anda dapat membuat dada ayam, labu butternue, dan brokoli yang dipanggang menggunakan minyak zaitun.

Menu makanan diet sehat menurunkan berat badan tersebut sangat mudah untuk dicoba. Bahan-bahannya juga bisa ditemui dengan mudah di pasar swalayan atau pasar tradisional. Anda juga boleh membuat selingan cemilan pada menu diet sehat tanpa nasi ini.

Cemilan yang diperbolehkan seperti beberapa potongan buah yang diberi campuran yogurt. Jika tidak ingin mengkonsumsi yang manis, anda dapat membuat popcorn tanpa mentega atau kacang-kacangan untuk diet.

Demikian informasi mengenai menu meal plan diet sehat yang bisa anda diterapkan di rumah. Semoga bermanfaat bagi anda dan membantu dalam mewujudkan pola hidup yang lebih sehat.

Tinggalkan komentar