Rekomendasi 3 Pilihan Masker untuk Virus Corona, Jangan Salah Pilih!

Sumbersehat.com – Pilihan masker untuk virus corona, setidaknya ada 3 macam. Hingga saat ini, virus corona belum juga hilang dari Indonesia dan negara lain. Virus corona bisa menyerang segala umur, tak pandang bulu. Salah satu cara penularan virus corona adalah dari cairan yang berasal dari bersin dan bantuk.

Untuk itu, World Health Organization (WHO) menganjurkan setiap orang menggunakan masker sebagai usaha melindungi diri dari paparan virus corona. Anda dianjurkan untuk jaga jarak atau physical distancing serta menggunakan masker. Berikut ini pilihan masker untuk virus corona!

Inilah Pilihan Masker untuk Virus Corona

Ada 3 pilihan masker untuk virus corona yang bisa anda pilih untuk mengamankan diri dari infeksi virus, diantaranya:

Masker N95

Masker N95 merupakan pilihan maskter untuk virus corona yang direkomenadikan kepada petugas medis yang berhadpan langsung dengan pasien corona. Hal ini disebabkan masker N95 memiliki kemampuan baik dalam melindungi diri dari percikan cairan atau air liur.

Partikel kecil yang mengandung virus juga tidak bisa menembus masker ini. Desain masker N95 menyebabkan pengguna mengalami kesulitan bernapas dan mudah gerah sehingga banyak orang yang tidak nyaman menggunakannya.

Baca juga : Obat Gatal Berair : Obat Medis dan Tradisonal

Sebagian besar orang akan tidak kuat menggunakan masker ini dalam waktu panjang. Oleh karena itu, bagi orang non medis tidak perlu menggunakan masker N95 dan juga tidak boleh digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Masker Bedah

Masker bedah memiliki tiga lapisan dengan fungsi yang berbeda-beda. Lapisan luar berfungsi sebagai anti air, lapisan tengah sebagai penyaring kuman, dan lapisan dalam sebagai penyerap cairan dari mulut. Dengan tiga lapisan material tersebut membuat masker bedah sangat efektif dipakai sebagai pencegahan virus corona.

Perlu diketahui bahwa masker bedah atau surgical mask hanya dipakai satu kali saja. Anda bisa mendapatkan masker bedah di apotek, supermarket, marketplace, dan toko lain.

Beli masker untuk virus corona dengan jumlah tertentu untuk persediaan beberapa minggu di rumah, tetapi jangan menimbun karena akan terjadi kelangkaan. Apabila masker bedah langka, ada banyak tenaga medis dan masyarakat yang butuh.

Masker Kain

Masker kain merupakan pilihan masker untuk yang banyak dijual aman digunakan sebagai pelindung diri dari virus corona. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga menyarankan masker kain untuk dipakai pada saat keluar rumah.

Masker kain bisa menghalau virus corona dari percikan cairan air liur, bersin, dan batuk. Pilih masker kain yang menggunakan material katun dengan tenunan yang rapat, tebal., dan tidak mengganggu pernapasan.

WHO memberikan cara pemakaian masker kain yang benar agar aman dari virus corona. Anda dianjurkan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik sebelum menggunakan masker kain. Pakai masker kain hingga menutup seluruh baain mulut dan hidung.

Baca juga : Ketahui 4 Penyakit Penyebab Gatal Berair dan Cara Mengatasinya, Simak Yuk!

Selama memakai masker kain, hindari menyentuh masker denan tangan karena ada kemungkinan pencemaran virus dari tangan Anda. Lepas masker setelah tiba di rumah dan langsung cuci dengan detergent agar tidak mengkontaminasi barang lain. Cuci tangan kembali setelah melepas masker dan setelah mencuci masker.

Cara Menggunakan Masker yang Tepat

Penggunaan masker bisa efektif untuk mencegah covid-19 jika digunakan dengan benar. Baik itu masker N95, masker bedah maupun masker kain, harus dipakai secara tepat, berikut panduannya:

  • Cuci tangan dulu yang benar sebelum memakai masker.
  • Jika masker bedah, maka yang bagian hijau adalah sisi luar dan putih di bagian dalamnya.
    Kemudian, pasangkan tali masker ke telingan dengan baik. Tapi, jika talinya di dikat makan ikan dulu bagian atas, baru setelah itu bagian bawahnya.
  • Pasang masker dengan benar, di area hidung, mulut hingga dagu harus tertutup masker secara sempurna. Jika ada logamnya, pastikan logam di atas dan lekukkan menyesuaikan hidung anda.
  • Setelah terpasang dengan benar, jangan menyentuh masker jika tidak benar-benar ingin melepasnya. Hindari lepas pakai masker.
  • Jika sudah dilepas, buang masker. Lalu, cuci kembali tangan anda dengan benar.

Untuk masker bedah, durasi penggunaan delapan jam dan langsung buang. Sedangkan masker kain, durasi penggunaan 3 – 4 jam, bisa dicuci kembali. Upayakan tidak menggunakan masker untuk virus corona lebih dari durasi waktunya agar efektif mencegah paparan corona virus.

Itulah rekomendasi 3 pilihan masker untuk virus corona yang beredar di masyarakat. Pilih jensi masker yang paling efektif dan sesuai kebutuhan. Jika Anda bukan tenga medis, jangan ambil pilihan masker N95 karena repot dan harga juga mahal.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *