Masih Perlu Obat Sakit Gigi Berlubang? Ganti dengan Kebiasaan Ini

By

Masih Perlu Obat Sakit Gigi Berlubang? Ganti dengan Kebiasaan Ini.Menyikat dan menggososk gigi untuk menghindari gigi berlubang mungkin sudah terdengar akrab di telinga Anda. Namun tahukah Anda apa alasannya? Karena seperti yang Anda ketahui, meskipun Anda rajin membersihkan dan menyikat gigi agar tetap sehat, namun kondisi gigi berlubang tetap menjadi musuh bagi semua orang.

Satu dari empat orang dewasa memiliki gigi berlubang, dan lebih dari setengah remaja juga rentanmengalami gigi berlubang. Namun masih banyak orang yang menyepelekankesehatan gigi.Menyikat gigi secara rutin saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda setiap hari. Namun ada beberapa hal sederhana lainnyayang juga bisa Anda lakukan untuk mengurangi dan menghindari sakit gigi.

Sebelum Anda membeli obat sakit gigi berlubang yang pas, maka pastikan Anda mengetahui tingkat risiko rongga atau lubang gigi Anda.Cara terbaik untuk mengetahui hal ini adalah melalui pemeriksaan gigi secarakomprehensif. Dengan pemeriksaan rutin dan diskusi dengan dokter gigi, maka Anda akan tahu seberapa parah lubang gigi Anda. Selain itu dokter juga akan menyarankan perawatan seperti apa yang mungkin Anda butuhkandan bagaimana Anda harus merubah kebiasaan.

obat sakit gigi berlubang
obat sakit gigi berlubang

Dengan mengetahui tingkat risiko lubang gigi Anda, maka Anda bisa mengambil pendekatan yang lebih spesifik dan efektif untuk meningkatkan kesehatan gigi Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui dan menentukan seberapa sering Anda harus melakukan pemeriksaan gigi. Semakin rendah risiko Anda, maka semakin jarang Anda perlu mengunjungi dokter gigi.

Obat gigi alami yang bisa kamu lakukan secara rutin

Sikat Gigi Anda Secara Teratur dan Benar

Ini adalah tips yang paling jelas, dan Anda mungkin sering mendengarnya. Namun tahukah Anda mengapa ini sangat penting dibandingkan harus mencari obat sakit gigi berlubang yang tepat? Beberapa alasannya dimulai dari bakteri yang ada di mulut Anda, dan untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan berikut.

  • Bakteri di mulut Anda selalu berkembang biak

Untuk Anda ketahui, mulut Anda mungkin adalah rumah bagi sekitar satu miliar mikroba yang bisa mendaur ulang apa yang Anda makan dan minum. Begitulah cara bakteri ini menyebabkan kerusakan di gigi Anda, yakni dengan mengambil gula dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi untuk tumbuh.Bakteri pada gigi ini kemudian meninggalkan sampah dalam bentuk biofilm yang dikenal sebagai plak gigi.

Plak ini memungkinkan semua bakteri kecil itu bertahan di gigi Anda lebih lama, hingga akhirnya mereka membuat asam yang merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak segera ditangani dengan obat sakit gigi berlubang, maka penyakit yang diakibatkan oleh bakteri ini bisa berpotensi menyebar ke area lain dari tubuh. Bahkan yang paling parah ini juga dapat mempengaruhi kondisi kronis lainnya.

  • Menyikat gigi bisa membantu mengusir bakteri

Mengingat bakteri ini hanya berkembang biak dan menghasilkan plak dalam beberapa menit sehari, maka menyikat gigi adalah salah satu cara paling sederhana namun paling efektif untuk mencegah gigi berlubang. Pastikan Anda menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Menyikat sebelum tidur sangat penting karena bakteri yang dibiarkan bertahan di gigi semalaman kemungkinan akan membentuk asam perusak enamel gigi (akhirnya mengarah ke gigi berlubang).

Jika memungkinkan, maka gunakan pula obat kumur ber-fluoride. Ini adalah obat sakit gigi berlubang yang sangat ampuh karena bisa membantu membersihkan bakteri sekaligus menyegarkan napas Anda. Obat kumur ini juga bisa dipakai di siang hari setelah makan siang. Dengan begitu Anda bisa melawan lebih banyak bakteri penyebab gigi berlubang sepanjang hari.

  • Teknik menyikat gigi yang tepat

Untuk melawan bakteri penyebab gigi berlubang secara maksimal, maka Anda harus menyikat gigi dengan cara yang benar dan menggunakan sikat gigi yang tepat. Beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk menggunakan sikat gigi berbulu halus agar bisa memberikan tekanan lembut dan bisa mengurangi risiko cedera gingiva.

Untuk menggunakannya maka tempatkan sikat gigi Anda pada sudut 45 derajat terhadap gusi. Lalu gerakkan kuas ke depan dan ke belakang dengan lembut dalam sapuan pendek (lebar gigi). Jangan lupa gosok bagian dalam dan permukaan gigi geraham agar tidak mudah berlubang. Ini adalah bagian yang sering dilupakan seseorang, sehingga berakhir pada obat sakit gigi berlubang.

Untuk membersihkan bagian permukaan gigi depan, maka gunakan ujung sikat dengan cara naik dan turun yang lembut.Sikat pula lidah Anda untuk menghilangkan bakteri dan menyegarkan napas. Jika sudah selesai maka akhiri dengan pembersihan air. Sebagai tambahan, Anda mungkin harus mengganti sikat gigi Anda setiap tiga atau empat bulan sekali agar tidak ada permukaan sikat yang aus yang bisa merusak gigi.

Kurangi Minuman Manis dan Asam, Ganti Dengan Air

Gigi yang terlalu lama kontak dengan asam kopi atau teh, ditambah dengan gula atau bahkan susu dapat meningkatkan risiko Anda untuk gigi berlubang baru. Untuk itu silakan Anda nikmati kopi Anda, namun tetap cobalah untuk membersihkan gigi Anda dengan obat kumur atauobat sakit gigi berlubangsetelah itu. Setidaknya jangan biarkan kandungan asam dan manis itu bertahan lebih dari 20 menit atau bilaslah dengan air.

Menyeruput kopi dengan kondisi gigi berlubang hanya akan membuat kandungan gula pada kopi bertahan lebih lama dalam air liur. Untuk mengatasi ini, minumlah air yang bisa digunakan untuk berkumur dan menjaga air liur Anda agar tidak terlalu bergula sehingga bisa menggerogoti gigi Anda. Selain itu, cobalah menyeruput kopi dari sedotan yang membantu menjaga cairan-cairan manis itu agar tidak menetap pada gigi.

Biasakan Flossing (Menggunakan Benang Gigi)

Seperti yang sudah Anda tahu, tidak ada orang yang suka menggunakan benang gigi. Tapi pikirkanlah kembali, daripada Anda harus berakhir pada kerusakan gigi yang membutuhkan obat sakit gigi berlubang. Seperti yang Anda tahu, gigi kita memiliki lima sisiyang harus dibersihkan secara teratur. Bahkan ketika kita menyikat setiap hari, kita masih hanya membersihkan tiga sisi saja. Jadi, tanpa adanya flossing, Anda benar-benar hanya membersihkan sekitar setengah dari permukaan gigi.

Menggunakan flossing hanya butuh beberapa menit sehari. Jadi apa lagi yang bisa Anda lakukan dalam beberapa menit yang bisa meningkatkan kesehatan gigi Anda? Anda bisa memulai menggunakan flossingsambil menonton TV atau sambil membaca buku di tempat tidur. Idealnya, Anda harus memakai benang ini segera setelah makanatau sebelum tidur, sama seperti menyikat gigi.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Berhenti Merokok

Banyak orang tidak menyadari bahaya yang ditimbulkan oleh merokok dan penggunaan tembakau pada mulut, gusi dan gigi. Padahal kandungan rokok bisa lebih dari sekedar menodai gigi, namun bisa juga menyebabkan penyakit gusi, kehilangan gigi, dan bahkan kanker mulut. Jika demikian maka tidak ada obat sakit gigi berlubang yang bisa membantu Anda. Jadi kurangi konsumsi rokok untuk kesehatan gigi dan gusi Anda dari sekarang.

Ulasan di atas adalah beberapa kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menangani sakit gigi berlubang. Dengan mencegah kerusakan gigi lebih awal maka Anda tidak butuh lagi yang namanya obat sakit gigi berlubang. Karena sejatinya, tidak ada obat yang benar-benar menyembuhkan sakit gigi melainkan hanya mengurangi rasa sakitnya.

Tinggalkan komentar