7 Manfaat Yodium yang Wajib Anda Ketahui!

Sumbersehat.com – Banyak sekali zat dan senyawa yang dibutuhkan oleh manusia. Salah satunya adalah yodium atau iodin. Mungkin Anda masih belum familiar dengan istilah yang satu ini, padahal manfaat yodium sangat penting bagi tubuh kita.

Maka bagi Anda yang belum mengetahui apa itu iodin dan manfaatnya, wajib  bagi Anda untuk membaca artikel ini sampai selesai. Simak penjelasan tentang arti dan manfaat yodium bagi tubuh kita berikut ini!

Apa Itu Yodium atau Iodine

Yodium atau Iodine merupakan zat kimia yang sangat diperlukan oleh tubuh. Anda bisa mendapatkan iodin dari makanan yang sering Anda konsumsi setiap harinya. Iodin atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama Iodim atau Yodium. Barangkali sekarang Anda mendapatkan sedikit gambaran tentang apa itu iodin.

Baca juga : Ketahui 12 Manfaat Biji Nangka yang Jarang Diketahui

Salah satu sumber iodin adalah garam. Setengah sendok teh garam sebenarnya sudah sangat cukup untuk mencukupi kebutuhan iodin di dalam tubuh kita setiap harinya. Iodin dapat juga Anda temukan di dalam sayur maupun buah yang tumbuh di tanah dengan kadar iodin yang baik tentunya.

Manfaat Yodium Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat iodin, diantaranya:

Diperlukan Oleh Kelenjar Tiroid

Manfaat yodium yang pertama adalah untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid. Yodium atau Iodin dibutuhkan untuk memproduksi beberapa hormon di dalam kelenjar tiroid. Kalau kadar iodium dalam tubuh tidak terpenuhi dengan tepat, maka sistem metabolisme akan memaksa kelenjar tiroid untuk bekerja lebih keras.

Jika hal ini terus-menerus terjadi, maka dapat mengakibatkan kekurangan yodium. Salah satu tandanya adalah pembesaran pada kelenjar tiroid yang mengakibatkan leher Anda bengkak. Atau yang biasa kita sebut dengan gondok.

Dapat Membantu Mengatasi Masalah pada Kulit

Salah satu hal yang menjadi permasalahan kulit adalah adanya peradangan. Jika kebutuhan tubuh akan yodium terpenuhi, maka manfaat yodium dapat membantu Anda membunuh kuman. Baik kuman yang menempel di kulit akibat mengalami luka sehingga tidak terjadi infeksi.

Dapat Digunakan pada Mata untuk Mengurangi Pembengkakan

Iodin bisa digunakan untuk mengobati mata yang mengalami pembengkakan. Bahkan iodin dapat digunakan pada bayi. Selain itu, manfaat iodin sebagai obat mata dapat digunakan untuk mencegah kebutaan pada pasien yang memiliki bisul pada kornea.

4 Manfaat Iodine Lainnya

Selain manfaat yodium di atas, masih ada beberapa manfaat lainnya bagi tubuh, meliputi:

  • Mencegah keterbelakangan mental
  • Bisa merawat kulit dari gangguan jamur
  • Mencegah stroke
  • Mencegah munculnya kanker

Tak hanya tahu akan manfaat iodin, Anda juga wajib tahu beberapa hal ini dalam mengonsumsi yodium. Berikut penjelasannya:

Konsultasikan Pada Dokter

Iodin terkadang digunakan sebagai obat oles. Maka sangat penting bagi Anda untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Karena bisa saja kulit Anda memiliki alergi tertentu ataupun lainnya.

Baca juga : Ketahui 12 Makanan dan Minuman Penyebab Tidur Nyenyak

Iodin yang akan Anda gunakan tidak bisa digunakan begitu saja secara sembarangan. Maka sangat penting untuk mendapatkan penanganan dan  petunjuk yang tepat dari dokter. Bila perlu, anda melakukan cek darah untuk mengetahui kadarnya dalam tubuh, sebelum mengambil manfaat yodium.

Penggunaan Iodin Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil tidak terlalu dianjurkan mengonsumsi iodin secara berlebihan. Untuk ibu hamil haruslah berhati-hati dalam melakukan banyak hal, terutama jika akan menggunakan iodin.

Tata Cara Penyimpanan Iodin

Simpanlah iodin di dalam suhu ruangan dan hindarkan dari cahaya matahari langsung. Selain itu, jangan tempatkannya di area yang lembab. Iodin tidak disarankan untuk disimpan di dalam kamar mandi dan tidak dianjurkan untuk dibekukan ke dalam freezer.

Perhatikan juga petunjuk yang ada pada kemasan maupun anjuran dari dokter dengan baik. Juga ketika Anda akan membuang iodin, maka pastikan membuanglah ke tempat sampah yang aman. Atau Anda bisa juga menanyakan hal tersebut kepada apoteker tempat Anda membeli obat.

Dosis Iodin bagi Orang Dewasa

Pada dasarnya, kebutuhan iodine atau yoidum pada tubuh orang berbeda-beda. Tergantung, tingkat kesehatan tubuhnya. Untuk mengetahui kadar yodium dalam tubuh, anda harus melakukan tes darah. Melalui tes darah tersebut, dokter bisa menyarankan kebutuhan iodine harian anda.

Alangkah baiknya, jika iodine anda dapatkan secara alami dari garam maupun sayur dan buah-buahan. Karena alami itu lebih menghindarikan kita dari resiko besar. Jadi, pastikan kebutuhan yodium harian anda terpenuhi dari bahan-bahan alami.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian, manfaat yodium serta informasi penting lainnya seputar iodin. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menambah wawasan dalam dunia kesehatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

obat sakit gigi

15 Obat Sakit Gigi Alami yang Sudah Terbukti Ampuh

15 Obat Sakit Gigi Alami yang Sudah Terbukti Ampuh. Pepatah mengatakan bahwa sakit gigi lebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.