13 Manfaat Tumbuhan Sarang Semut bagi Kesehatan, Jangan Lewatkan!

sumbersehat.com – Manfaat tumbuhan sarang semut bagi kesehatan ternyata beragam, mulai dari mencegah penyakit ringan hingga mengobati penyakit berat. Tanaman ini merupakan salah satu bahan obat-obatan herbal yang telah dikenal oleh masyarakat Tanah Air. Cara populer mengkonsumsinya adalah meminum air rebusannya.

Khasiat tumbuhan sarang semut tentunya berasal dari kandungan nutrisi dan senyawa didalamnya, seperti polifenol yang bersifat antidiabetes, antimikroba, juga antikanker. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan singkatnya berikut.

manfaat tumbuhan sarang semut
manfaat tumbuhan sarang semut

Kandungan Tumbuhan Sarang Semut

Beberapa penelitian resmi mengungkapkan bahwa kandungan tumbuhan sarang semut sangat beragam, di antaranya:

  • Tanin, bekerja mengikat dan mengendapkan kelebihan protein dalam tubuh. Tanin kerap digunakan sebagai obat diare, obat wasir, serta menghentikan pendarahan.
  • Polifenol, kebanyakan ditemukan dalam biji-bijian, buah-buahan, serta sayuran. Manfaat tumbuhan sarang semut dari polifenol antara lain menurunkan kadar gula darah dan menangkal radikal bebas.
  • Flavonoid, berperan sebagai antibiotik maupun anti bakteri dan virus. Senyawa ini juga aktif berperan dalam pengobatan katarak, asma, rematik, wasir, migrain, periodontitis, serta diabetes.
  • Tokoferol, yakni konsentrasi antioksidan yang bekerja menghambat radikal bebas hingga 50%.
    Magnesium, berperan memperkuat fungsi hati, otot, dan tulang.
  • Fosfor yang bekerja efektif menyerap kalsium sekaligus memproduksi energi. Keseimbangan volume cairan tubuh, elektrolit, juga impuls saraf, tidak lepas dari peran fosfor.
  • Kalsium yang dikandung sarang semut berperan dalam proses pembekuan darah serta memperkuat kerja jantung.

Kandungan sarang semut di atas yang menjelaskan beragamnya manfaat tumbuhan sarang semut bagi kesehatan Anda.

Inilah Khasiat Tumbuhan Sarang Semut

Adapun khasiat tumbuhan sarang semut yang harus anda ketahui untuk meningkatkan kesehatan dan mengatasi penyakit adalah:

1. Manfaat tumbuhan sarang semut yang efektif mengobati rematik

Flavonoid yang dikandung sarang semut bekerja menghambat enzim xanthine sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai obat rematik. Selain itu, kandungan vitamin E, tokoferol, serta antioksidan bekerja sempurna mengobati penyakit yang kerap menyerang usia lanjut ini. Cara mengkonsumsinya, anda cukup minum rebusan tanaman sarang semut secara rutin setiap hari.

2. Khasiat tumbuhan sarang semut sebagai obat herbal gejala kanker payudara

Manfaat tumbuhan sarang semut juga bisa sebagai obat herbal gejala kanker, khususnya kanker payudara. Munculnya benjolan berupa cairan pada area payudara biasanya merupakan gejala awal kanker payudara. Konsumsi sarang semut yang tinggi flavonoid bisa mengatasi benjolan tersebut dalam waktu relatif singkat.

3. Manfaat tumbuhan sarang semut sebagai obat migrain alami

Kandungan multi-mineral seperti natrium, magnesium, dan kalsium, disertai flavonoid di dalamnya ampuh mengatasi migrain. Obat alami ini bisa Anda buat dengan mudah di rumah yakni dengan cara direbus dan disaring airnya.

4. Khasiat tumbuhan sarang semut mencegah gangguan ginjal

Tokoferol dan flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan pada tanaman herbal ini diyakini bekerja melindungi organ ginjal dari gangguan fungsi ginjal maupun prostat.

5. Manfaat tumbuhan sarang semut untuk mengobati ambeien

Ambeien merupakan salah satu gangguan pada pembuluh darah vena di area sekitar anus. Kondisi ini bila dibiarkan bisa mengakibatkan radang, bengkak, bahkan infeksi. Penyakit yang juga disebut wasir atau hemoroid ini memang tidak mematikan, tetapi jelas sangat mengganggu aktivitas dan menyebabkan ketidaknyamanan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tingginya kandungan flavonoid dalam sarang semut efektif mengobati ambeien.

6. Manfaat tumbuhan sarang semut bagi wanita

Haid yang tidak lancar bisa jadi gejala awal beberapa penyakit seperti kondisi organ reproduksi yang tidak subur hingga kanker. Untuk mengatasi masalah ini, dianjurkan bagi kaum wanita untuk mengonsumsi air rebusan sarang semut. Selain sebagai obat herbal melancarkan haid, Anda juga bisa memanfaatkan tanaman ini untuk mengatasi masalah keputihan, juga meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

7. Khasiat tumbuhan sarang semut untuk menjaga kesehatan jantung

Penting untuk menjaga kesehatan jantung, organ tubuh yang paling vital dalam tubuh. Kandungan kalsium serta kalium yang cukup tinggi dalam sarang semut dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal pencegah penyakit jantung.

8. Manfaat tumbuhan sarang semut untuk mengobati diabetes

Kadar glukosa darah tinggi dapat menyerang sel-sel pankreas yang tugasnya memproduksi insulin. Kondisi ini kemudian menyebabkan diabetes. Konsumsi tanaman sarang semut akan membantu tubuh menghasilkan lebih banyak hormon insulin sehingga glukosa atau gula darah bisa diolah menjadi zat yang mudah diserap tubuh.

9. Khasiat tumbuhan sarang semut untuk meningkatkan metabolisme tubuh

Tanaman sarang semut mengandung berbagai macam senyawa aktif, multi-mineral, serta antioksidan. Konsumsi rutin tumbuhan herbal ini terbukti efektif meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat tumbuhan sarang semut ini bisa Anda rasakan dengan cara meminum air rebusannya dua kali sehari.

10. Manfaat tumbuhan sarang semut sebagai obat herbal hipertensi

Flavonoid di dalam sarang semut bekerja mencegah terjadinya penggumpalan darah. Hal ini membantu meminimalkan risiko Anda terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu kandungan tokoferol juga terbukti ampuh bekerja mengencerkan darah.

11. Khasiat tumbuhan sarang semut untuk peningkat stamina tubuh

Ketika stamina mulai terkuras, tubuh membutuhkan konsumsi makanan yang bisa menjadi sumber energi. Sarang semut adalah salah satu sumber energi yang bisa anda konsumsi sebagai penambah stamina. Hanya dengan minum air rebusan sarang semut, penyerapan kalsium dapat maksimal sehingga mampu menghasilkan energi baru.

12. Manfaat tumbuhan sarang semut sebagai penangkal kanker dan tumor

Khasiat tumbuhan sarang semut yang satu ini sudah cukup populer di kalangan pecinta obat herbal. Kandungan antioksidan tinggi di dalamnya terbukti ampuh melawan penyakit kanker, mulai dari kanker darah, kanker paru-paru, kanker prostat, hingga kanker kulit.

Selain itu, sarang semut mengandung flavonoid yang juga bisa menangkal tumor, dengan cara menghambat siklus sel, pembalikan resistensi multi obat, menon-aktifkan karsinogen, melakukan induksi apoptosis dan diferensiasi, anti-proliferasi, serta inhibisi angiogenesis.

13. Khasiat tumbuhan sarang semut untuk menurunkan asam urat

Ekstrak tanaman herbal sarang semut punya khasiat setara allopurinol, yakni obat kimia yang biasa digunakan pada penderita asam urat. Sarang semut bekerja memperbaiki fungsi ginjal sekaligus menurunkan asam urat.

Produk Herbal Berbahan Dasar Sarang Semut

Selain air rebusan sarang semut, Anda juga bisa mengonsumsi tanaman herbal ini dengan cara lain yang lebih mudah dan tidak repot. Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan produk herbal berbahan dasar tumbuhan sarang semut yang dikemas lebih praktis dan modern, di antaranya:

1. Kapsul ekstrak sarang semut

Produk herbal berbahan dasar ekstrak sarang semut ini bisa Anda beli di toko herbal online maupun offline. Berbentuk kapsul, obat ini diyakini berkhasiat mengatasi berbagai macam penyakit kronis seperti leukimia, kanker otak, kanker payudara, kanker rahim, prostat, dan lain sebagainya.

Selain itu, manfaat tumbuhan sarang semut dari kapsul ini juga membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan stamina, mengatasi wasir, pegal linu, migrain, TBC, lupus, serta membantu pengobatan stroke baik berat maupun ringan.

2. Teh herbal sarang semut

Minuman herbal merupakan salah satu cara praktis menikmati manfaat sarang semut. Tidak perlu merebus dan menunggu lama, Anda bisa menikmati teh celup herbal berbahan dasar sarang semut yang dijual bebas di toko-toko offline juga online.

Demikian ulasan tentang manfaat tumbuhan sarang semut bagi kesehatan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsilah sarang semut secara rutin minimal dua kali sehari. Tetapi bila Anda ragu, konsultasikan sebelumnya dengan dokter ahli untuk menambahkan tanaman sarang semut ke dalam pengobatan alternatif Anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *