7 Manfaat Terapi Sengat Lebah Untuk Kesehatan yang aling Wajib Diketahui

Secara sepintas kita telah mengetahui bahwasannya lebah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya Apitheraphy atau yang dikenal dengan terapi lebah. Terapi lebah ini ada banyak macamnya diantaranya propolis, madu, polen, royal jelly bahkan sengatan lebah. Dengan banyaknya penjaja bahan apitherapy yang tidak jujur, menjual dengan kualitas rendah bahkan palsu. Maka dari itu ada banyak manfaat terapi sengat lebah untuk kesehatan. Terapi sengat lebah menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Dari banyak macam jenis terapi lebah, di bawah ini akan dirangkum beberapa manfaat terapi ini untuk kesehatan, dan bagaimana efeksamping bagi beberapa orang tertentu, agar tidak sampai salah dalam penggunaannya. Jadi simak artikel hingga usai.

A. Manfaat Terapi Sengat Lebah Untuk Kesehatan

Sebelum membahas manfaat terapi sengat lebah untuk kesehatan ada baiknya mengenal lebah terlebih dahulu. Lebah merupakan hewan yang dipercaya memiliki banyak manfaat. Salah satunya sengatan lebah. Membahas sengatan lebah membuat pendengarnya takut. Namun perlu Anda ketahui bahwa ada lebah dengan jenis Apis mellifera dan Apis cerana yang sengatnya bermanfaat untuk kesehatan.

Anda tidak perlu khawatir karena terapi sengat lebah ini sudah diakui oleh Organisasi kesehatan dunia (WHO) sebagai pengobatan alternatif dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya

Alergi

Alergi terjadi akibat protein dari sistem kekebalan tubuh yang disebut antibody menglami kekeliruan dalam mengidentifikasi zat yang seharusnya tidak berbahaya. Zat kimia yang dikeluarkan oleh sistem kekebalan tubuh inilah yang menyebabkan tanda dan gejala alergi.

Terapi sengat lebah dipercaya sangat efektif mengurangi kekebalan tubuh pada penderita Alergi. Salah satunya asma.

Pada penderita Asma, Terapi Sengat lebah digunakan untuk mengurangi reaksi peradangan. Senyawa melittin yang terkandung pada sengatan lebah inilah yang bekerja efektif dalam hal antiinflamasi. Namun perlu Anda ketahui bahwa kandungan antiradang yang cukup tinggi ini berbahaya apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan rasa gatal dan nyeri.

Mengatur Fungsi Kelenjar Tiroid

manfaat terapi sengat lebah untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengatur kelenjar tiroid. Penyakit Hipertiroidisme atau hipertiroid merupakan penyakit akibat tingginya kadar hormon tiroid dalam tubuh. Hormon yang seharusnya berfungsi mengendalikan proses metabolisme ini jika berlebihan dapat menyebabkan seseorang mengalami jantung berdebar, tangan gemetar bahkan mengalami penurunan berat badan.

Bagi wanita yang menderita Hipertiroidisme, terapi sengatan lebah ini dipercaya mampu mengatur fungsi kelenjar tiroid. Namun uji secara klinisnya masih belum ditemukan. Ada baiknya jika Anda ingin mencoba terapi sengat lebah ini konsultasikan terlebih dahulu pada dokter terkait kecocokan terapi yang diambil.

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid Arthritis merupakan penyakit akibat terjadinya gangguan inflamasi kronis yang memepengaruhi banyak sendi termasuk persendian tangan dan kaki. Pada peradangan sendi,  sistem antibody menyerang jaringannya sendiri termasuk persendian juga diserang. Bahkan lebih parahnya penyakit ini juga menyerang organ internal. Oleh sebab itu perlu adanya penanganan untuk memperlambat penyakit.

Sebagaimana hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Acupuncture Research tahun 2008 silam didapati bahwa sengat lebah mampu mengobati radang sendi (Arthritis) atau yang lebih sering dikenal dengan rematik. 

Dalam penelitiannya, Acupuncture Research melibatkan seratur orang penderita rematik. Untuk mengetahui hasilnya, Sebagian penderita diberi obat rematik pada umumnya dan sebagian yang lain diberikan pengobatan terapi sengat lebah.

Setelah melakukan pengobatan selama tiga bulan, penelitian tersebut membuahkan hasil bahwa penderita rematik dengan pengobatan sengat lebah jarang mengalami kambuh dibanding penderita  rematik yang minum obat-obatan rematik biasa.

Nyeri Punggung

Penyebab nyeri punggung biasanya dipengaruhi oleh otot atau peregangan ligament akibat terlalu sering mengangkat beban yang berat atau gerakan canggung yang tiba-tiba.  Selain itu nyeri punggung juga dapat terjadi akibat pecahnya diskus yang seharusnya bertindak sebagai bantalan antara tulang – tulang. Anda bisa menggunakan sengatan lebah untuk atasi hal ini. Karena salah satu manfaat terapi sengat lebah untuk kesehatan juga bisa atasi nyeri punggung.

Pada tahun 2005 Universitas Oxford mencoba meneliti racun yang diperoleh dari sengatan lebah. Dari hasil penelitiannya didapati bahwa sengatan lebah bermanfaat dalam meredakan rasa nyeri. Begitupula dengan penelitian yang dilakukan Swedish Medical Center memberikan bukti bahwa adolapin dalam sengatan lebah bersifat analgenik.

Hipertensi

Hipertensi merupakan suatu kondisi dimana terjadi tekanan darah yang terlalu tinggi pada  dinding arteri. Biasanya penyakit hipertensi ini didefinisikan dengan menyebutkan tekanan darah diatas 140/90 dan akan dianggap sangat parah apabila terjadi tekanan diatas 180/120 .Tekanan darah yang tinggi ini apabila tidak dinetralkan menyebabkan suatu penyakit yang parah seperti penyakit jantung, dan juga stroke bahkan kematian.

Terapi sengat lebah sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah  pada penderita Hipertensi. Zat yang dikeluarkan lebah saat menyengat berkhasiat untuk meransang hormon adrenalin dan kortisol yang akan berpengaruh pada kestabilan tekanan darah.

Penyakit Saraf

Penyakit saraf merupakan penyakit dimana seseorang mengalami gangguan pada sistem sarafnya. Pada penderita dengan gangguan sistem saraf biasanya mengalami kesulitan bergerak, gangguan pada ingatan bahkan gangguan pada pancaindra.

Sangatlah berbahaya apabila Sistem saraf  yang seharusnya berfungsi mengontrol semua fungsi tubuh ini mengalami gangguan. Oleh sebab itu diperlukan penanganan untuk menetralisis bahkan menyembuhkan gangguan tersebut.

Terapi sengat lebah dipercaya mampu melengkapi pengobatan penyakit yang berkaitan dengan sistem saraf  dan sistem kekebalan tubuh seperti Lupus, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer bahkan penyakit Multiple Sclerosis.

Untuk menambah efektivitas Terapi sengat lebah disarankan untuk mengkonsumsi royal jelly atau susu lebah. Kandungan sterol dan beberapa komponen yang mengandung fosfor dan acetilkolin ini terdapat pada royal jelly. Zat inilah yang dipercaya mampu mendukung kinerja saraf.

B. Efek Samping Terapi Sengat Lebah

Perlu Anda Ketahui sekalipun sangat bermanfaat, yang dihasilkan dari terapi sengat lebah ini mengandung zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Selain itu juga memiliki resiko menimbulkan efek samping  seperti lemah otot, denyut nadi tidak beraturan, kesulitan bernafas, kulit bengkak, sakit kepala, kulit menguning bahkan kontraksi rahim.

Untuk Anda yang memutuskan menjalani terapi sengat lebah ini, disarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan kecocokan terapi sengat lebah untuk tubuh Anda dan meminimalisir efek samping dari terapi ini. Selain itu pastikan bahwa terapi sengat lebah dilakukan oleh tenaga professional bersertifikat.

Tips persiapan lainnya sebelum Anda menjalani terapi sengat lebah diantaranya Pertama, disarankan untuk mengkonsumsi makanan tiga jam sebelum melakukan terapi. Kedua, Malam sebelum acara sengat lebah berlangsung, Anda wajib istirahat yang cukup.  Ketiga, Anda wajib menjalani tes alergi terlebih dahulu. Tips ini akan meminimalisir terjadinya alergi atau syok.

Setelah mengetahui penjelasan manfaat terapi sengat lebah untuk kesehatan, apakah Anda tertarik mencobanya? Anda tidak perlu khawatir selama Anda mengetahui terapi sengat lebah dikerjakan oleh tenaga professional bersetifikat dan Anda mematuhi aturan yang ada disertai do’a yang kuat yakinlah Anda akan sembuh setelah menjalani terapi sengat lebah ini.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *