11 Manfaat Temulawak dan Kunyit Putih, Manjur untuk Mengobati Penyakit Ini

Sumbersehat.com – Manfaat temulawak dan kunyit putih diyakini dapat digunakan sebagai alternatif untuk obat tradisional. Kunyit putih dan temulawak adalah jenis herbal yang banyak tersebar di kawasan Asia Tenggara.

Apakah kunyit putih sama dengan temulawak? Jika dilihat sekilas, kunyit putih dan temulawak terlihat sama. Tetapi, keduanya berbeda dan manfaat yang diberikan juga berbeda. Berikut ini adalah khasiat temulawak dan kunyit putih yang baik untuk tubuh yang tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga kecantikan.

manfaat temulawak dan kunyit putih

Inilah Manfaat Temulawak dan Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Beberapa khasiat temulawak dan kunyit putih yang baik untuk kesehatan, yaitu :

1. Khasiat Temulawak dan Kunyit Putih untuk Sistem Pencernaan

Pada kunyit putih terdapat kandungan minyak esensial yang bermanfaat sebagai obat cacing, perut kembung, dan susah buang air besar. Selain itu, kunyit putih juga dapat mencegah radang usus karena stress dan meningkatkan nafsu makan.

Manfaat temulawak juga sama seperti kunyit putih yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan dan meredakan perut kembung. Temulawak baik untuk dikonsumsi bagi orang yang menderita peradangan usus supaya proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

2. Manfaat Temulawak dan Kunyit Putih Sebagai Pereda Rasa Nyeri

Khasiat temulawak dan kunyit putih selanjutnya adalah untuk membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri pada tubuh. Sifat analgesiknya dapat menghilangkan rasa nyeri pada sendi dan nyeri haid.

3. Khasiat Temulawak dan Kunyit Putih Mencegah Peradangan

Pada kunyit putih terdapat sifat diuretik yang dapat menghilangkan zat beracun dan mengurangi cairan berlebih pada tubuh terutama bagian sendi. Sifat diuretik tersebut dapat mendetoksifikasi racun yang menjadi penyebab peradangan.

Manfaat temulawak menurut dokter juga dapat meringankan radang sendi, Bahkan kedua rimpang ini mampu sebagai penawar racun karena gigitan ular. Ekstrak dari kunyit putih dan temulawak dapat menghambat aktivitas dari bisa ular.

4. Manfaat Temulawak dan Kunyit Putih Meningkatkan Stamina dan Kekebalan Tubuh

Khasiat temulawak dan kunyit putih selanjutnya adalah untuk menambah stamina dan kekebalan tubuh. Temulawak dapat mendetoksifikasi serta membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Bahkan temulawak menjadi komposisi utama pada obat masuk angin, demam, dan gejala flu.

Dengan begitu, rutin mengonsumsi kunyit putih dan temulawak dapat menjadikan tubuh jauh dari resiko penyakit. Lalu, kunyit putih dan temulawak juga bersifat antibakteri dan antijamur yang membuat tubuh kebal terhadap infeksi.

5. Khasiat Temulawak dan Kunyit Putih untuk Detoksifikasi

Manfaat temulawak dan kunyit putih dapat dijadikan detoksifikasi khususnya melalui organ hati. Kombinasi herbal ini akan membantu ginjal untuk menyaring sisa metabolisme dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Kunyit putih dan temulawak akan membantu melindungi organ hati dari senyawa yang dapat merusaknya.

6. Manfaat Temulawak dan Kunyit Putih Mencegah Kanker

Siapa yang menyangka jika salah satu dari manfaat temulawak dapat mencegah kanker. Temulawak memiliki sifat antikanker dan kemopreventif. Pada temulawak terdapat antioksidan yang dapat mencegah dan menangkal radikal bebas. Bahkan temulawak dapat membantu menyusut sel kanker pada pasien stadium lanjut.

 

7. Khasiat Temulawak dan Kunyit Putih Menyehatkan Otak

Gangguan otak sering disebabkan oleh penurunan kadar hormon neurotropik (BDNF) seperti Alzheimer. Khasiat temulawak dan kunyit putih dapat meningkatkan kadar hormon BDNF pada otak.

8. Manfaat Temulawak dan Kunyit Putih Menyehatkan Jantung

Selain untuk otak, manfaat temulawak dan kunyit putih sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Karena pada kandungan kedua herbal tersebut dapat meningkatkan fungsi endotel atau lapisan pembuluh darah. Berkurangnya fungsi endotel ini menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

9. Khasiat Temulawak dan Kunyit Putih Menyehatkan Hati

Manfaat temulawak juga dapat menjadi pelindung organ hati dari hepatotoksin, seperti karbon tetraklorida dan acetaminophen. Hepatotoksin merupakan bahan kimia yang menyebabkan efek yang tidak baik untuk organ hati. Oleh sebab itu, temulawak menjadi salah satu bahan yang dapat membantu menjaga organ hati.

10. Manfaat Temulawak dan Kunyit Putih Untuk Kulit

Khasiat temulawak dan kunyit putih tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, yaitu :

  • Mengatasi Alergi

Manfaat temulawak dan kunyit putih untuk kulit yang pertama adalah dapat mengatasi alergi. Kandungan curcuminoids pada kunyit putih dapat mengurangi gejala alergi pada kulit. Kandungan tersebut bekerja untuk menghambat aktivitas protein yang menyebabkan reaksi alergi.

  • Mengatasi Jerawat

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kunyit putih dan temulawak dapat dijadikan obat jerawat yang ampuh. Manfaat temulawak bersifat astringent yang dapat mengurangi produksi kelenjar minyak. Selain itu, kandungan antiseptiknya juga dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Jika anda memiliki masalah jerawat, dapat menggunakan masker kunyit putih dan temulawak sebagai masker. Gunakan masker ini sebelum mandi dan diamkan selama 15 menit. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Dengan begitu, jerawat pada wajah yang meradang akan berangsur sembuh.

  • Mencerahkan Wajah

Khasiat temulawak dan kunyit putih dapat membuat wajah menjadi lebih cerah dan sehat. Kandungan nutrisi, vitamin, dan pati kunyit dapat menyegarkan wajah dan mencegah kulit berminyak.

Jika wajah anda terlihat kusam dapat menjadikan kedua bahan herbal ini sebagai masker. Gunakan masker dengan bahan tersebut dalam bentuk bubuk selama 1-2 kali dalam seminggu secara rutin. Campurkan dengan air mawar maka wajah anda akan terlihat lebih cerah alami dan bersih.

11. Manfaat Temulawak dan Kunyit Putih untuk Kesuburan

Selain untuk kesehatan dan kecantikan, Khasiat temulawak dan kunyit putih dapat dijadikan obat untuk kesuburan wanita. Bagi wanita yang mengalami keputihan dan bau vagina yang tidak sedap sekarang dapat diatasi dengan mengonsumsi kunyit putih dan temulawak.

Pada kunyit putih dan temulawak terdapat kandungan kurkumin yang dapat menjaga kadar normal gula darah dan masalah organ kewanitaan. Fungsi zat tersebut sebagai antioksidan yang mampu melawan dan mencegah timbulnya bakteri pada jamur dan organ kewanitaan.

Tidak hanya itu saja, kombinasi antara kunyit putih dan temulawak dapat mengurangi nyeri saat datang bulan. Manfaat temulawak untuk organ kewanitaan juga dapat menyembuhkan peradangan sekitar vagina yang disebabkan oleh jamur atau kista. Kemudian, dapat juga untuk menguatkan otot vagina setelah melahirkan.

Efek Samping Penggunaan Temulawak dan Kunyit Putih

Walaupun banyak manfaat temulawak dan kunyit putih yang bisa anda dapatkan, tetap tidak boleh digunakan dalam jangka panjang. Terdapat beberapa efek samping yang didapatkan jika anda menggunakan kedua herbal ini secara berkepanjangan.

Untuk kunyit putih, disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Cukup 500 mg setiap harinya. Dan untuk temulawak, disarankan untuk mengonsumsi maksimal sekitar 18 minggu. Karena temulawak dan kunyit putih aman dipakai sebagai obat untuk jangka pendek.

Walaupun kedua bahan ini termasuk obat herbal, jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat memberikan efek samping. Contohnya seperti iritasi perut dan mual yang jika dibiarkan akan menimbulkan berbagai penyakit baru.

Oleh sebab itu, anda harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi kunyit putih dan temulawak sebagai obat. Karena dikhawatirkan jika dikonsumsi secara sembarangan akan memberikan efek negatif pada tubuh.

Apalagi jika anda memiliki masalah pada organ hati dan empedu harus berhati-hati dalam mengonsumsi kedua bahan ini. Karena, pada temulawak dapat meningkatkan produksi empedu yang akan memperburuk kondisi kesehatan anda.

Demikian informasi mengenai manfaat temulawak dan kunyit putih yang baik untuk kesehatan anda. Semoga informasi di atas dapat membantu anda untuk tetap menjaga kesehatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *