Inilah 21 Manfaat Temu Putih, Ampuh Mengobati Berbagai Penyakit

By

Sumbersehat.com – Manfaat temu putih cukup banyak bagi kesehatan tubuh. Temu putih merupakan spesies Zingiberaceae sehingga masih satu keluarga dengan jahe. Nah, selama ini temu putih dimanfaatkan dalam industri parfum, industri pangan, hingga industri obat. Hal ini karena terdapat manfaat pada temu putih yang ampuh untuk kesehatan.

Temu putih dikenal sebagai tumbuhan herbal yang mengandung flavonoid dan kurkuminoid. Selain itu, terdapat pula kandungan astringensia, sulfur, minyak atsiri, alkalod, hingga phenol di dalamnya.

Nah, karena kandungan yang sangat beragam itulah, temu putih diyakini memiliki manfaat yang kalah ampuh dengan tanaman lainnya. Apa saja sih manfaat temu putih yang bisa anda dapatkan? Mari kita simak, yuk.

Inilah 11 Manfaat Temu Putih

Berikut merupakan 11 khasiat temu putih yang tidak kalah ampuhnya dari tanaman lain untuk kesehatan manusia, diantaranya:

Meringankan rasa tidak enak badan

Manfaat temu putih yang pertama yaitu meringankan rasa tidak enak badan.Kondisi tidak enak badan sering kali ditandai dengan gejala tubuh kurang fit, timbulnya flu dan pilek, hingga sekujur tubuh menggigil. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi temu putih.

Hal ini karena temu putih mempunyai sifat yang mirip dengan obat ekspektoran serta penghilang rasa sakit. Selain itu, sama seperti jahe, temu putih juga bersifat diuretik. Artinya, temu putih dapat merangsang produksi urin sehingga racun dalam tubuh pun terbuang melalui aktivitas buang air kecil.

Baca Juga : Penyakit Addison, Inilah Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Mengatasi rasa cemas dan stres

Menurut hasil studi, manfaat temu putih diyakini bisa mengatasi serangan rasa stres dan cemas. Alasannya ialah karena di dalam temu putih ditemukan ekstrak petroleum eter dan kloroform. Kedua zat inilah yang mampu memberikan ketenangan pada orang yang mengalami stres dan kecemasan.

Membantu menurunkan berat badan

Siapa sih yang tidak ingin punya berat badan ideal? Apabila anda sedang melakukan program diet, maka ada baiknya anda turut mengonsumsi temu putih. Sebagai alternatif bahan alami, temu putih dipercaya dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

Selain itu, antioksidan dalam temu putih dapat membantu anda mengurangi berat badan secara lebih maksimal. Dengan mengambil manfaat temu putih bagi badan, anda bisa mendapatkan tubuh yang ideal.

Sumber antioksidan

Sumber antioksidan pada produk herbal yang mungkin sudah kita ketahui adalah teh hijau. Namun, tahukah anda bahwa temu putih juga merupakan sumber antioksidan alami? Seperti yang telah diketahui, antioksidan adalah zat yang berfungsi memperlambat dan mencegah proses oksidasi pada molekul lain.

Antioksidan yang terdapat pada temu putih diperlukan untuk menangkal radikal bebas yang mengenai tubuh anda. Anda bisa mengambil manfaat temu putih untuk wajah, sehingga terhindari dari penuaan dini.

Menghambat tumbuhnya sel kanker

Selanjutnya, manfaat temu putih yang wajib anda tahu adalah yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan flavonoid, demothxycurcumin, ethyl pmethoxycinnamate, bisdemothxycurcumin, dan kurkuminoidpada temu putih diyakini sebagai zat antikanker.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa kandungan tersebut berfungsi mencegah beberapa jenis kanker. Contohnya seperti kanker usus besar dan kanker pada ovarium.
Sebagai penawar racun

Manfaat temu putih yang terakhir ialah sebagai penawar racun. Hal ini tidak mengherankan karena terdapat kandungan pada temu putih yang mampu merusak neurotoksin.

Selain itu, kandungan yang terdapat dalam temu putih juga mampu menghancurkan enzim pada racun ular yang dikenal bisa melumpuhkan manusia.

Baca Juga : 13 Manfaat Adas Bagi Kesehatan, Nomer 3 Penting Diketahui!

Manfaat Temu Putih Lainnya:

  • Mengatasi gangguan pencernaan
  • Menyehatkan kulit
  • Mengatasi bau mulut
  • Melancarkan peredaran darah
  • Membantu penyembuhan alergi
  • Membantu mengobati penyakit arthritis
  • Menyembuhkan miom
  • Meredakan memar
  • Mengurangi peradangan
  • Meredakan rasa linu
  • Membantu menyembuhkan keseleo
  • Mengatasi diare
  • Menyembuhkan bisul
  • Bisa meningkatkan gairah seksual pada pria maupun wanita
  • Meredakan demam

Khasiat temu putih di atas tak lepas dari kandungan nutrisinya. Maka, sebaiknya anda mengolah temu putih dengan baik, agar kandungannya tidak hilang. Untuk mengonsumsi temu putih, biasanya dibuat menjadi minuman.

Demikianlah 6 manfaat temu putih yang dipercaya ampuh untuk memelihara kesehatan. Anda bisa mengonsumsi temu putih secara langsung maupun memerasnya terlebih dulu.
Tanaman temu putih ini sangat ideal bagi anda yang menyukai bahan alami yang tanpa menimbulkan adanya efek samping pada tubuh.

Nantikan info kesehatan dan penyakit lainnya di Sumber Sehat.

Tinggalkan komentar