14 Manfaat Temu Putih Sebagai Obat Herbal Kesehatan dan Kecantikan

sumbersehat.com – Manfaat temu putih bagi dunia kesehatan dan kecantikan ternyata cukup banyak. Karakteristiknya agak berbeda dengan temu kuning. Tekstur daging yang dimiliki lebih lunak dan rasanya lebih cenderung mirip dengan rimpang jahe, tetapi pada akhirnya meninggalkan rasa getir.

Meski belum setenar temu kuning, pada kenyataannya temu putih sudah sering digunakan dalam pengobatan tradisional di Indonesia, Cina, dan India. Mari kita simak beberapa kegunaan temu putih bagi kesehatan dan kecantikan berikut ini:

manfaat temu putih
manfaat temu putih

Inilah Khasiat Temu Putih untuk Kesehatan

Manfaat temu putih bagi kesehatan tubuh dan penawar penyakit sangat beragam. Anda bisa simak di antaranya yaitu:

1. Khasiat Temu Putih Sebagai Obat Alergi

Rimpang temu putih mengandung senyawa kurkumin yang berfungsi sebagai antihistamin yang dapat mengatasi gejala alergi pada kulit. Senyawa ini juga dapat menghambat aktivitas protein penyebab peradangan.

Manfaat temu putih diyakini mampu menjadi obat alergi. Beta-hexosaminidase sebagai zat yang mengakibatkan munculnya reaksi alergi akan dihambat pelepasannya oleh kandungan temu putih.

2. Manfaat Temu Putih untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan

Pengobatan tradisional untuk mengobati masalah pencernaan dengan temu putih telah banyak dilakukan. Anda harus mengabaikan rasa temu putih yang getir bila ingin mengkonsumsi ramuan untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Kandungan minyak atsiri di dalam rimpang ini memberikan manfaat temu putih dalam mengobati penyakit maag, perut kembung, kejang otot, kolik dan masalah lambung lainnya.

Mengkonsumsi larutan tepung atau bubuk temu putih herbal dipercaya dapat mengurangi jumlah keasaman cairan lambung sehingga dapat meredakan dan menyembuhkan tukak lambung.

3. Khasiat Temu Putih untuk Mencegah Kanker

Temu putih mengandung zat Ribosom Inacting Protein (RIP) yang diduga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Khasiat temu putih diyakini mampu menghambat perkembangan kista walau penelitian lanjutan tetap diperlukan.

Meski perlu penelitian lebih lanjut tentang manfaat temu putih untuk kista sebagai pengobatan kanker, rimpang ini diduga mampu melemahkan sel kanker di dalam tubuh tanpa merusak sel sehat di sekitarnya. Temu putih juga diyakini mampu menghambat penyebaran kanker dari satu organ ke organ tubuh lainnya

4. Manfaat Temu Putih untuk Mengatasi Bau Mulut

Munculnya bau mulut bisa disebabkan kondisi pencernaan yang bermasalah. Khasiat temu putih dalam mengatasi gangguan pencernaan juga bisa mencegah bau mulut yang tak sedap.

Anda bisa mengunyah sedikit rimpang temu putih yang masih muda sebagai obat bau mulut dari lambung. Bila enggan mengunyah, anda dapat merebus beberapa potong rimpang dengan air dan meminum air rebusannya secara teratur.

5. Khasiat Temu Putih sebagai Penawar Racun Ular

Manfaat temu putih sebagai penawar racun ular maupun hewan berbisa lainnya telah sering dilakukan dalam pengobatan tradisional. Dengan meminum ekstrak temu putih maka zat yang terkandung di dalam rimpang ini dipercaya mampu merusak enzim dan neurotoksin berbahaya yang ada di dalam bisa ular.

6. Manfaat Temu Putih untuk Menghambat Perkembangan Bakteri

Khasiat temu putih yang lain yaitu dapat menghambat perkembangan bakteri Streptococcus viridans. Bakteri ini sangat merugikan tubuh karena menyebabkan beberapa penyakit berbahaya bagi anak dan orang dewasa.

Streptococcus viridans dapat menyebabkan sepsis dan pneumonia, hingga mengakibatkan meningitis pada bayi. Manfaat temu putih untuk kesehatan sebagai penghambat pertumbuhan bakteri juga telah diuji pada bakteri Pseudomonas aeruginosa, Bacillus subtilis, dan Staphylococcus aureus.

7. Khasiat Temu Putih Meredakan Gejala Tak Enak Badan

Saat alami gejala tak enak badan seperti demam, batuk, perut kembung, muntah, dan badan menggigil manfaat temu putih bisa digunakan untuk meredakannya. Temu putih memiliki manfaat obat ekspektoran yang dapat meluruhkan dahak dan menyembuhkan gejala batuk.

Selain itu, khasiat temu putih juga sebagai obat diuretik. Zat yang dikandungnya dapat memperlancar pembentukan urin sehingga tubuh akan mengeluarkan racun lewat buang air kecil. Sehingga, mengkonsumsi seduhan temu putih juga dapat meredakan gejala tak enak badan lainnya.

Inilah Khasiat Temu Putih bagi Kecantikan

Selain bermanfaat dari segi kesehatan, banyak manfaat temu putih untuk kecantikan yang bisa anda dapatkan. Adapun beberapa manfaatnya terangkum dalam ulasan berikut:

1. Khasiat temu Putih untuk Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Manfaat temu putih dapat mengatasi kulit berminyak karena kandungan zat yang ada di dalamnya dapat menyeimbangakan produksi minyak dan sebum pada pori-pori wajah.

Anda dapat membuat masker wajah untuk kulit berminyak dari campuran 2 sendok makan bubuk temu putih dengan 3 sendok makan air perasan jeruk lemon. Lakukan secara rutin satu kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Manfaat temu Putih untuk Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini dapat dicegah dengan khasiat temu putih. Temu putih kaya akan vitamin dan antioksidan yang sangat efektif untuk mengatasi masalah kerutan, flek, dan bintik hitam yang muncul pada wajah.

Penuaan dini pada kulit dapat dihambat dengan memanfaatkan masker temu putih. Campurkan dua sendok makan temu putih, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan tomat, dan 1 sendok makan susu. Aduklah dengan air hingga membentuk pasta yang dapat dioleskan merata ke seluruh area wajah.

3. Khasiat Temu Putih yang Efektif Mengangkat Sel Kulit Mati

Tekstur tepung temu putih sangat efektif untuk eksfoliasi wajah. Manfaat temu putih dalam mengangkat sel kulit mati dapat anda peroleh dengan mencampurkan bubuk temu putih dengan oatmeal yang diberi sedikit air mawar.

Gosokkan perlahan ke seluruh area wajah dan anda akan mendapatkan wajah yang halus, cerah, dan segar. Lakukan secara rutin dua minggu sekali untuk proses eksfoliasi alami bagi kulit anda.

4. Manfaat Temu Putih sebagai Pemutih Alami bagi Kulit

Mendapatkan khasiat temu putih sebagai pemutih alami pada kulit sangatlah mudah. Anda tinggal mencampurkan bubuk temu putih dengan susu kemudian oleskan ke seluruh tubuh. Diamkan kurang lebih setengah jam sebelum dibilas.

Merawat agar wajah putih alami dengan campuran bubuk temu putih dan susu harus rutin dilakukan. Oleskan minimal dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

5. Khasiat Temu Putih untuk Mengatasi Jerawat

Manfaat temu putih bagi kecantikan dapat membantu mengatasi jerawat membandel pada wajah. Temu putih mengandung antioksidan dan mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah.

Siapkan masker temu putih yang berasal dari campuran satu sendok makan temu putih dengan madu atau yoghurt. Oleskan secara rata ke seluruh wajah dan diamkan selama dua puluh menit sebelum dibilas dengan air bersih.

6. Manfaat Temu Putih untuk Menghaluskan Kulit Kering dan Bersisik

Cuaca dan udara yang kering dan panas dapat memberi pengaruh buruk bagi kelembaban kulit. Khasiat temu putih untuk menghaluskan kulit yang kering dapat anda peroleh dengan mengaplikasikan bubuk temu putih.

Anda dapat mengoleskan campuran bubuk temu putih dengan minyak zaitun ke seluruh tubuh anda. Lakukan cara ini rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Apabila anda ingin menggunakan minyak lain, campurkan saja bubuk temu putih dengan baby oil atau minyak kelapa murni.

7. Khasiat Temu Putih untuk Mengurangi Pigmentasi pada Kulit Wajah

Pigmentasi pada kulit wajah dapat dicegah dengan manfaat temu putih. Pigmentasi biasanya disebabkan oleh kulit terpapar sinar UV yang terlalu lama tanpa pelindung dan ditandai dengan munculnya bercak coklat hingga hitam pada kulit. Anda dapat menggunakan masker yang terbuat dari bubuk temu putih yang dicampur dengan parutan mentimun. Lakukan secara rutin hingga pigmentasi pada wajah berkurang dan menghilang.

Demikianlah beberapa manfaat temu putih bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga ulasan ini bermanfaat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat keladi tikus

5 Manfaat Keladi Tikus untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

sumbersehat.com - Manfaat keladi tikus memang tidak diragukan lagi. Saat mendengar nama Keladi tikus mungkin yang terbayang di benak adalah sebuah pohon yang mungkin ada kaitannya dengan sejenis hewan pengerat yang cerdas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *