13 Khasiat dan Manfaat Teh Oolong yang Tak Banyak Orang Tahu

Sumbersehat.com –  Manfaat teh Oolong cukup banyak untuk kesehatan tubuh. Teh oolong adalah teh tradisional Cina yang dibuat dari daun tanaman Camellia sinensis. Tamanan ini sama dengan tanaman untuk teh hijau dan teh hitam. Ramuan alami ini mengandung flavonoid, kafein (tidak sebanyak dalam teh hitam), fluoride, dan theanine.

Sebagian besar khasiat teh oolong dapat dikaitkan dengan katekinnya yang membuatnya sangat efektif dalam mencegah beberapa gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan ituseperti penyakit jantung, kanker, obesitas, diabetes, stres oksidatif, dan bahkan penurunan kognitif. Di bawah ini penjelasan tentang kandungan, khasiat dan manfaat teh oolong!

Kandungan Gizi Teh Oolong

Teh oolong kaya antioksidan, mineral seperti kalsium, mangan, tembaga, karoten, selenium, kalium dan vitamin A, B, C, E dan K. Selain itu, mengandung asam folat, niasin amida dan alkaloid detoksifikasi lainnya. Karena sifatnya yang semi-fermentasi, teh oolong mengandung banyak senyawa polifenol yang memberikan manfaat kesehatan tambahan.

Daun teh ini, sama seperti yang lainnya, juga mengandung sedikit kafein. Proses seduhan teh mengurangi kandungan kafein secara signifikan. Waktu seduhan satu menit menurunkan kandungan kafein di bawah 50mg.

Inilah Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa khasiat teh oolong yang perlu anda ketahui untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan, diantaranya:

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Peneliti Cina menemukan bahwa orang yang minum setidaknya 10 ons teh oolong seminggu memiliki risiko lebih rendah kolesterol tinggi. Dan orang-orang yang mengkonsumsi teh oolong dalam waktu yang lama memiliki kadar kolesterol terendah.

Selanjutnya, manfaat teh oolong juga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Kafein dan antioksidan dalam teh oolong juga meningkatkan metabolisme, dan ini secara langsung bermanfaat bagi jantung.

Dapat Meningkatkan Berat Badan Dan Melawan Obesitas

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cina, minum teh oolong selama enam minggu membantu para peserta mengurangi berat badan. Khasiat teh oolong Ini dikaitkan dengan kandungan polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan metabolisme, sehingga mempercepat penurunan berat badan.

Baca juga : 4 Cara Diet Sehat dan Murah dengan Teh Oolong yang Mudah Dilakukan

Dalam sebuah studi 2009 menemukan bahwa teh yang mengandung katekin dan kafein menyebabkan penurunan berat badan. Penurunan badan ini lebih banyak daripada teh yang hanya mengandung salah satu komponen. Kedua komponen bekerja bersama untuk mempertahankan massa tubuh tanpa lemak.

Menurunkan Risiko Kanker

Studi menunjukkan bahwa setiap cangkir teh oolong yang dikonsumsi setiap hari mengurangi risiko kanker hingga 4 persen. Lalu, menurut penelitian di Cina, manfaat teh oolong bagi perempuan adalah menurunkan kanker ovarium. Teh ini juga telah ditemukan untuk mencegah melanoma atau kanker kulit. Dan itu juga bisa membantu resiko kanker kandung empedu.

Membantu Mencegah Diabetes

Satu studi menunjukkan bahwa minum enam cangkir teh oolong secara teratur selama 30 hari dapat membantu penderita diabetes tipe 2. Memungkinkan juga mengurangi dan bahkan menstabilkan kadar gula darah. Temuan serupa juga dicatat dalam laporan oleh American Diabetes Association.

Polifenol dalam teh oolong dapat meningkatkan aktivitas insulin, yang secara langsung bermanfaat bagi penderita diabetes. Meskipun begitu, khasiat teh oolong tidak bisa meningkatkan metabolisme glukosa pada orang dewasa yang tidak menderita diabetes.

Menagatasi Peradangan

Polifenol dalam teh oolong adalah apa yang kita lihat lagi. Senyawa turunan ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat mengatasi peradangan, termasuk radang sendi. Flavonoid lain dalam teh oolong yang bertanggung jawab untuk sifat anti-inflamasi adalah EGCG (epigallocatechin gallate). Kandungan Ini melawan radikal bebas penyebab peradangan.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Ada penelitian yang menunjukkan manfaat teh oolong dapat meningkatkan fungsi otak dan bahkan mencegah Alzheimer. Juga, kafein dalam teh memicu pelepasan norepinefrin dan dopamin, dua bahan kimia otak yang meningkatkan suasana hati dan mengalahkan stres.

Asam amino lain dalam teh, yang disebut theanine, membuat khasiat teh oolong mampu meningkatkan fokus dan menghilangkan kecemasan. Polifenol dalam teh juga diketahui memiliki efek menenangkan pada pikiran.

7 Manfaat dan Khasiat Teh Oolong Lainnya

  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Meningkatkan kesehatan kulit
  • Meningkatkan fungsi saluran pencernaan
  • Meningkatkan kesehatan rambut
  • Menambah sistem kekebalan tubuh
  • Bekerja sebagai minuman energi
  • Memperkuat tulang dan gigi

Demikianlan khasiat dan manfaat teh oolong yang wajib anda ketahui dalam usaha meningkatkan kesehatan dan kecantikan anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

obat sakit gigi anak

Sebelum Bunda Memberikan Obat Sakit Gigi Anak Ada 5 Penanganan Pertama Sakit Gigi

Sebelum Bunda Memberikan Obat Sakit Gigi Anak Ada 5 Penanganan Pertama Sakit Gigi. sakit gigi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *