9 Manfaat Teh Kelor, dari Kesehatan Sampai Kecantikan


sumbersehat.com – Manfaat teh kelor sejak dulu telah beredar dari mulut ke mulut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tumbuhan ini kerap tumbuh di berbagai pekarangan rumah baik secara sengaja maupun tak sengaja. Daun kelor memang terkenal sebagai tumbuhan yang mudah ditanam dimanapun.

Beberapa orang mempercayai daun kelor kering sebagai tumbuhan yang serba bermanfaat. Hal ini dipercaya karena kandungan di dalamnya yang efektif bekerja menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari kesehatan sampai lingkungan, berikut ini beberapa poin penting tentang teh daun kelor kering yang dapat Anda olah di rumah dengan mudah.

manfaat teh kelor
manfaat teh kelor

Mengenal Daun Kelor

Kelor atau sering disebut sebagai moringa adalah tumbuhan yang dapat hidup di kondisi ekstrim sekalipun dalam kondisi yang ekstrim. Tumbuhan ini berasal dari berbagai daerah di Asia Selatan dan mampu hidup pada daerah tropis maupun subtropis.

Berbagai manfaat teh kelor mungkin sudah tak asing di telinga Anda. Sejak jaman dahulu daun kelor memang dikenal sebagai salah satu tanaman obat-obatan di Indonesia. Berbagai organ tanaman kelor ini dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, termasuk ekstrak daun kelor yang kini lazim Anda temukan.

Dilihat dari bentuk morfologinya, daun kelor dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 11 meter. Batangnya berwarna putih kotor dan permukaan kasar. Sementara itu, daun kelor berbentuk persegi dengan panjang 20-60 cm. Daun kelor berwarna hijau serta berubah kecoklatan setelah tua.

Kandungan Daun Kelor

Di balik manfaat teh kelor, pastinya ditemukan berbagai vitamin maupun mineral yang berkhasiat bagi tubuh manusia. Bahkan, daun kelor terbukti mengandung vitamin C 6-7 kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk maupun lemon. Berikut adalah kandungan daun kelor yang beragam dan kaya manfaat:

Kalsium

Daun kelor kaya akan kandungan kalsium. Bahkan salah satu penelitian pernah mengungkapkan bahwa daun kelor mengandung kalsium lima kali lebih besar daripada susu.

Vitamin A

Selain wortel maupun tomat yang kaya akan vitamin A, ternyata daun kelor juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Kandungan vitamin A ini setara dengan 5 buah wortel.

Protein

Selanjutnya, daun kelor juga memiliki kandungan protein yang cukup untuk memenuhi gizi Anda sehari-hari. Terbukti, manfaat teh kelor berasal dari kandungan protein yang tiga kali lebih tinggi daripada susu biasa.

Kandungan lainnya

Selain beberapa senyawa aktif di atas, daun kelor juga mengandung beberapa vitamin lainnya seperti vitamin B, beta-karoten, riboflavin, sampai potassium yang sangat diperlukan bagi tubuh.

Inilah Khasiat Teh Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Adapun manfaat teh kelor untuk kesehatan maupun kecantikan adalah:

1. Khasiat Teh Kelor untuk Menjaga Imun Tubuh

Terutama saat pandemi seperti ini, salah satu pertahanan yang paling utama adalah imun tubuh. Anda perlu mengkonsumsi berbagai vitamin sampai minuman yang mampu memaksimalkan imun tubuh.

Salah satu minuman tradisional untuk meningkatkan imun tubuh adalah teh daun kelor. Anda dapat membuatnya dengan mudah di rumah. Cukup menggunakan daun kelor yang masih muda atau daun kelor kering, kemudian seduh dengan air. Teh daun kelor ini cukup diminum sehari sekali.

2. Manfaat Teh Kelor untuk Menjaga Berat Badan

Khasiat teh kelor yang paling banyak digunakan adalah menurunkan berat badan. Sebetulnya terdapat banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan berat badan, tetapi perlu diingat bahwa sebagian besar cara tersebut memiliki efek samping bagi organ maupun tubuh Anda.

Oleh karenanya, jalan alternatif untuk menurunkan berat badan, salah satunya mengkonsumsi minuman herbal alami untuk membantu menjaga berat badan adalah cara paling aman. Teh daun kelor dapat Anda minum sekali di pagi hari dan satu kali di malam hari.

3. Khasiat Teh Kelor untuk Menghilangkan Flek

Manfaat daun kelor untuk wajah juga penting untuk Anda ketahui. Daun kelor tidak hanya berkhasiat untuk organ tubuh bagian dalam melainkan juga dapat memanjakan kulit wajah Anda. Masalah flek sering dialami sebagai salah satu tanda-tanda penuaan. Flek hitam dapat dihilangkan dengan menggunakan daun kelor.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal memetik beberapa buah daun kelor. Kemudian cuci sampai bersih dengan air mengalir, kemudian tumbuk daun kelor hingga sedikit kasar. Setelah itu, Anda dapat menggunakannya sebagai masker.

4. Manfaat Teh Kelor untuk Mengobati Rematik

Bagi Anda yang sering mengalami nyeri pada sendi maupun otot, jangan anggap sepele masalah tersebut. Bisa saja Anda terserang rematik, apalagi ketika Anda menginjak usia paruh baya.

Selain berbagai pantangan yang harus Anda hindari, salah satu cara meredakan nyeri rematik adalah dengan meminum teh daun kelor setiap hari secara berkala. Anda dapat merebus daun kelor, kemudian minumlah air rebusan tersebut. Atau anda dapat langsung menyeduh daun kelor kering.

5. Khasiat Teh Kelor untuk Kesehatan Ginjal

Manfaat teh kelor kering selanjutnya adalah menjaga kesehatan ginjal anda. Air rebusan daun kelor mengandung berbagai vitamin maupun mineral yang dapat secara efektif membersihkan ginjal Anda.

Apabila Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, seperti batu ginjal atau kencing manis maka Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kelor. Anda dapat meminumnya setiap hari sesudah makan pagi maupun makan malam.

6. Manfaat Teh Kelor untuk Mengatasi stress

Berbagai masalah yang muncul sebagai dampak dari pandemi, mulai dari sektor ekonomi sampai keluarga, tentu menimbulkan stress bagi sebagian orang. Oleh karenanya, Anda dapat mengambil waktu sejenak dan meminum teh daun kelor untuk meredakan stress yang Anda alami.

Manfaat teh kelor kering adalah memberikan efek ketenangan dan aroma yang merelaksasi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Selain itu, daun kelor dapat membuat tubuh kembali segar setelah sekian lama penat dengan beban pekerjaan.

7. Khasiat Teh Kelor untuk Mengobati Wajah Berjerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang kerap menyerang masyarakat Indonesia. Jerawat seringkali tak memandang usia maupun gender. Nah, manfaat daun kelor untuk wajah lainnya adalah sebagai obat alternatif untuk meringankan peradangan akibat jerawat.

Tentu tak jarang Anda mendengar beberapa produk kecantikan yang mengandung daun kelor atau masker berbahan dasar daun kelor, bukan? Hal ini dikarenakan daun kelor sendiri mengandung antioksidan yang baik untuk mengatasi peradangan akibat jerawat.

8. Manfaat Teh Kelor untuk Menurunkan Kolesterol

Selanjutnya, manfaat teh kelor kering mengatasi kolesterol. Lemak jahat dalam tubuh sering mengakibatkan obesitas sampai penyempitan pembuluh darah. Hal ini wajar bagi Anda yang kerap mengkonsumsi berbagai makanan dengan kandungan lemak yang tinggi.

Maka dari itu, selain berbagai obat herbal seperti teh hijau atau teh melati yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, Anda juga patut mencoba teh daun kelor yang dikenal memiliki manfaat 3 kali lebih efektif daripada teh hijau. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menyeduh 50 gram daun kelor kering. Kemudian, saring sisa ampasnya, dan minuman daun kelor kering pun siap diminum.

9. Khasiat Teh Kelor untuk Melancarkan Pencernaan

Apakah Anda sering mengalami susah buang air besar? Meski berbagai minuman seduh sampai obat-obatan untuk memperlancar buang air besar dapat Anda temui di berbagai apotek, tetapi daun kelor kering dapat selalu Anda andalkan. Hal ini dikarenakan efek samping yang tak ditemukan sama sekali ketika mengkonsumsinya.

Nah, di atas adalah beberapa pengenalan sampai manfaat teh kelor kering yang wajib Anda coba. Selain berkhasiat tinggi, daun kelor kering maupun yang masih hijau dapat dengan mudah Anda temukan di sekitar Anda, bahkan diperjualbelikan di berbagai toko online.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *