15 Manfaat Teh Hitam, Ternyata Luar Biasa Bagi Tubuh!

Sumbersehat.com – Manfaat teh hitam sebenarnya tak kalah bagus dengan teh hijau. Diakui atau tidak, teh hitam telah menjadi bagian dari identitas orang Indonesia. Teh hitam dapat ditemukan di setiap rumah dan tempat makan.

Rasanya yang ringan dan cocok di lidah membuatnya bisa dinikmati dalam keadaan panas atau dingin. Banyak yang mengatakan bahwa khasiat teh hitam lebih unggul dibandingkan teh hijau dan beberapa jenis teh lain. Itu karena teroksidasi lebih tinggi. Yuk, lebih kenal jauh teh hitam dengan mencari tahu apa saja manfaatnya!

Inilah 15 Manfaat Teh Hitam yang Baik untuk Kesehatan

Ada banyak khasiat teh hitam yang harus anda ketahui karena bisa membuat anda meningkatkan kesehatan dan meredakan beberapa gangguan penyakit. Berikut manfaatnya:

Meningkatkan konsentrasi

Manfaat teh hitam yang pertama adalah meningkatkan konsentrasi. Hal ini karena di dalam teh hitam terkandung asam amino/L-theanine yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Baca juga : 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Sederhana, Alami dan Cepat

Asam amino/L-theanine ini membuat tubuhberelaksasi dan lebih terfokus dengan cara meningkatkan aktivitas alfa pada otak. Anda dapat menyeduh secangkir teh hitam di pagi hari sebagai teman sarapan. Kebiasaan ini dapat membantu anda meningkatkan energi dan fokus sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

Menyehatkan usus

Selanjutnya, khasiat teh hitam yang perlu anda ketahui adalah mampu menyehatkan usus. Hal ini dikarenakan teh hitam mengandung polifenol. Polifenol merupakan zat yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik, menjaga kesehatan usus, dan menghambat tumbuhnya bakteri jahat.

Tidak hanya itu, ada juga kandungan antimikroba pada teh hitam. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki lapisan saluran pencernaan, dan menghilangkan zat-zat berbahaya.

Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan momok banyak orang karena disebut sebagai pembunuh nomor satu. Nah, hal ini dapat dicegah dengan rajin mengonsumsi teh hitam. Pasalnya, kandungan flavonoid menjadikan manfaat teh hitam dapat memelihara kesehatan organ jantung.

Menurut hasil studi, teh hitam dapat menurunkan kadar gula darah, trigliserida, dan rasio plasma LDL/HDL jika dikonsumsi selama 12 minggu. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa risiko terkena penyakit jantung lebih rendah 11% pada orang yang minum 3 cangkir teh gelas sehari.

Mengurangi risiko terkena kanker

Khasiat teh hitam selanjutnya yaitu mengurangi risiko terkena kanker. Ini masih berhubungan dengan zat polifenol di mana polifenol lah yang berperan membunuh sel kanker. Menariknya, sebuah studi menunjukkan bahwa perkembangan sel kanker dapat dihambat dengan kandungan yang ada dalam teh hitam dan teh hijau.

Menstabilkan gula dalam darah

Gula darah yang tinggi dapat memicu datangnya penyakit diabetes tipe 2. Nah, untuk mengatasinya, anda bisa mencoba mengonsumsi teh hitam tawar. Minuman ini dipercaya dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Insulin berfungsi untuk membawa gula ke otot dan mengubahnya menjadi energi.

Baca juga : 6 Cara Memilih Air Mineral Terbaik yang Sehat dengan Mudah

Pada penderita diabetes, tubuh mereka kesulitan memproduksi insulin, sehingga dapat dibantu dengan rutin meminum teh hitam. Dengan mengambil manfaat teh hitam, memungkinkan penderita diabetes bisa lebih sehat dan segar.

Sumber antioksidan alami

Teh hitam diyakini sebagai sumber antioksidan alami. Antioksidan tinggi yang ada pada teh hitam meliputi katekin, thearubigin, polifenol, dan theflavin. Rutin mengonsumsi teh hitam dinilai dapat menangkal radikal bebas, mengurangi risiko penyakit kronis, hingga mencegah kerusakan sel.

Selain 6 khasiat teh hitam di atas, masih banyak manfaat kesehatan dan kecantikan lain yang juga wajib anda ketahui.

9 Khasiat Teh Hitam Lainnya

  • Menjaga kesehatan tulang
  • Bisa mencegah dari penyakit parkinson
  • Menurunkan resiko terhadap penyakit batu ginjal
  • Menurunkan kadar kolesterol tinggi
  • Meredakan gejala asma
  • Membunuh bakter dalam tubuh
  • Meredakan stres
  • Meningkatkan kesehatan mulut
  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Karena kandungannya antioksidannya tinggi membuat teh hitam mampu mencegah penuaan dini dan membuat kulit sehat. Jadi, saat anda mengonsumsi teh hitam bisa mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan sekaligus.

Itu tadi 15 manfaat teh hitam yang luar biasa untuk kesehatan tubuh anda. Jika ingin memanfaatkan teh hitam sebagai minuman herbal alami, seduhlah selagi hangat. Sebaiknya anda tidak perlu menambahkan gula. Namun, jika anda lebih suka teh manis, anda bisa menambahkan pemanis alami seperti madu.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *