18 Manfaat Teh Hijau yang Bagus untuk Kesehatan

Sumbersehat.com – Manfaat teh hijau sangat banyak bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Teh hijau memang digadang-gadang sebagai minuman sehat dengan berbagai khasiat. Nah, sebelum membahasnya lebih lanjut, mari kita mengenal jenis teh yang satu ini terlebih dulu.

Sebenarnya, teh hijau dan teh hitam berasal dari daun yang sama, hanya saja proses pembuatannya yang berbeda. Pada teh hijau, daun teh hanya mengalami proses penyaringan sebanyak 1 kali, sehingga kandungan nutrisinya pun berbeda. Nah, berikut ini beberapa manfaat the hijau yang harus anda ketahui!

Inilah Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh Anda

Berikut 18 khasiat teh hijau yang dapat memelihara kebugaran dan kecantikan tubuh anda, yaitu:

Baik untuk menurunkan berat badan

Menjaga berat badan agar tetap ideal merupakan dambaan setiap wanita. Sayangnya, godaan untuk makan-makanan yang tidak sehat sering kali susah untuk dihindari. Daripada stres memikirkan bagaimana cara menurunkan berat badan, anda bisa lho mulai mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat teh hijau .

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Radang Usus Buntu, Tanpa Operasi!

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut dengan Epigallocatechin gallate dan kafein. Kedua senyawa tersebut berfungsi memobilisasi lemak yang ada di dalam tubuh, sehingga berat badan pun bisa terkontrol.

Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Khasiat teh hijau berikutnya ialah mampu menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kadar kolesterol jahat bisa diturunkan dengan rajin mengonsumsi teh hijau. Tak hanya itu, teh hijau punya kandungan yang juga dapat menaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa risiko penyempitan pembuluh darah dapat dicegah dengan kandungan antioksidan pada teh hijau.

Bahan alami untuk melawan sel kanker

Tahukah anda bahwa teh hijau mengandung polifenol? Polifenol merupakan zat yang umum ditemukan pada tumbuhan, salah satunya yaitu pada teh hijau. Polifenol memiliki kemampuan untuk membantu melenyapkan sel kanker.

Menariknya, kandungan polifenol ini dianggap dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker ovarium dan kanker endometrium pada wanita. Jadi, anda bisa mengonsumsi teh hijau untuk mendapatka manfaat teh hijau untuk kanker.

Mampu meningkatkan kinerja otak

Selanjutnya, khasiat teh hijau ini ditunjang oleh kandungan kafein yang terdapat di dalamnya. Kafein diyakini mampu merangsang kinerja otak. Bagi anda yang menghindari mengonsumsi banyak kafein tidak perlu khawatir. Sebab jumlah kandungan kafein dalam teh hijau masih lebih rendah dibandingkan pada kopi.

Memelihara kesehatan gigi

Jangan khawatir mengalami sakit gigi jika anda rajin mengonsumsi teh hijau. Pasalnya, kandungan catechins pada teh hijau dinilai dapat mencegah munculnya bakteri pada gigi. Seperti yang kita tahu, bakteri yang berkembang biak pada gigi dapat menyebabkan gigi berlubang, gigi keropos, dan bau mulut.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat teh hijau yang terakhir masih ada hubungannya dengan kandungan catechins. Selain dapat menjaga kesehatan gigi, catechins pada teh hijau juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan energi hingga 4 persen. Selain itu, teh hijau juga mampu menambah oksidasi lemak sampai 17%. Hal ini membuat lemak dalam tubuh menjadi lebih muda terbakar.

Baca juga : 6 Manfaat Minyak Adas, Bisa Meningkatkan Kesehatan Anda!

Selain beberapa manfaat di atas, ada banyak lagi khasiat teh hijau yang masih harus anda ketahui, seperti berikut!

Khasiat Teh Hijau Lainnya

  • Mencegah penyakit diabetes
  • Karena kanduangan antioksidannya, bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini
  • Menghilangkan mata panda
  • Meningkatkan elastisitas kulit wajah, sehingga membuat wajah kencang
  • Mengatasi jerawat
  • Bisa sebagai toner kulit
  • Meningkatkan fungsi sistem pencernaan
  • Mencegah kebotakan
  • Membantu mengatasi dan mencegah flu
  • Mengurangi gangguan kardiovaskular
  • Mencegah penyakit alzeimer dan parkinson
  • Menurunkan kadar kalori yang diserap oleh tubuh

Nah, itu tadi 18 manfaat dan khasiat teh hijau yang penting diketahui. Anda dapat mulai menyeduh teh hijau setiap hari agar mendapat khasiat yang maksimal, ya. Untuk mendapatkan manfaat teh hijau secara maksimal, anda harus mengonsumsinya secara rutin. Selamat mencoba!

Tetap menjadikan Sumber Sehat sebagai website rutin untuk bacaan bermanfaat, terutama di bidang kesehatan dan penyakit. Setiap harinya, selalu ada informasi untuk anda simak dan pelajari!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *