11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com – Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential yang ada di dalamnya dipercaya banyak orang dapat mengatasi banyak masalah kesehatan.

Selain di Indonesia, khasiat tapak liman juga digunakan oleh banyak masyarakat lainnya seperti di India, Cina, Myanmar dan beberapa negara besar di Afrika. Daun tapak liman sedikitnya mendung 16 senyawa aktif diantaranya seperti Lupeol, Stigmasterol, Glycoside, Steroids, Triterpenoids, hingga Flavonoids, berikut ini adalah manfaat daun tapak liman bagi kesehatan.

manfaat tapak liman
manfaat tapak liman

Inilah Khasiat Tapak Liman untuk Kesehatan

Beberapa manfaat tapak liman bagi kesehatan kita antara lain:

1. Khasiat Tapak Liman untuk Mengobati Kanker

Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2012, kandungan sesquiterpene lactones membuat salah satu khasiat tapak liman menjadi agen anti kanker yang efektif. Sesquiterpenoids lactones adalah senyawa spesifik yang dihasilkan secara alami dari tumbuhan Asteraceae atau tapak liman yang sangat berperan penting untuk kesehatan manusia.

Komponen Sesquiterpenoids yang ditemukan pada tanaman tapak liman seperti deoxyelephantopin, scabertopin, isodeoxyelephantopin, dan isoscabertopin berperan menjadi zat anti kanker alami. Nah, maka dari itu banyak orang yang menggunakan manfaat tapak liman sebagai obat untuk mencegah dan mengobati kanker.

Alasan lain khasiat tapak liman dijadikan obat kanker adalah di dalam daun tanaman ini terkandung zat atau senyawa yang dalam banyak ilmuwan bisa membuktikan mampu menunjukkan aktivitas sitotoksik atau melawan sel sel kanker, termasuk tumor maligna.

2. Manfaat Tapak Liman sebagai Zat Antioksidan

Khasiat tapak liman salah satunya yaitu memiliki zat antioksidan yang berasal alami dari aktivitas biologis tumbuhan tersebut. Antioksidan merupakan zat alami yang berfungsi sebagai pencegah atau memperlambat kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang jika jumlahnya melebihi kapasitas yang bisa dimaafkan oleh tubuh, maka dapat menimbulkan sel kanker aktif. Selain pada tanaman herbal tapak liman, sumber antioksidan alami bisa didapat dari buah dan sayur seperti raspberry, blueberry, stroberi, kangkung, kubis, dll.

3. Khasiat Tapak Liman sebagai Obat anti Diabetes

Senyawa bioaktif di tanaman herbal tapak liman seperti 28 Nor-22 (R) dengan 2, 6, 23-trienolide menjadikan manfaat tapak liman yang efektif sebagai anti diabetes. Cara kerja komponen ini menyeimbangkan kadar insulin yang diinduksi streptozotocin dan bisa mengurangi kadar darah di dalam tubuh.

Di samping itu di khasiat tapak liman karena mengandung hexane, methanol, serta ekstrak air yang diketahui mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dan triasilgliserol dan lemak jahat yang merupakan salah satu indikasi umum yang sering ditemukan pada penderita diabetes.

Di sisi lain, kandungan di dalam daun tapak liman juga mampu meningkatkan kadar HDL atau lemak baik di dalam darah. Sehingga bisa menekan gejala negatif, bahkan pada ekstrak etil asetat yang diambil dari akar tanaman serta methanol yang berasal dari daunnya, diketahui dapat secara perlahan menurunkan profil lemak sekaligus meningkatkan fungsi organ hati dan ginjal serta glikogen otot.

4. Manfaat Tapak Liman sebagai Antimikroba

tanaman herbal ini dipercaya memiliki manfaat tapak liman sebagai agen antimikroba yang efektif. Antimikroba adalah agen yang sangat penting untuk memperlambat atau menghentikan mikroba yang menyebabkan penyakit influenza, batuk, dan pilek biasa.

Khasiat tapak liman terbukti secara ilmiah mampu membunuh bakteri Escherichia coli, pseudomonas aeruginosa, staphylococcus, proteus vulgaris dan bacillus subtili. Ekstrak methanol pada daun tapak limanlah yang mamapu membunuh beberapa bakteri berbahaya di atas.

5. Khasiat Tapak Liman sebagai Antiseptik

Antiseptik adalah agen yang digunakan untuk memperlambat dan menghentikan mikroorganisme penyebab berbagai penyakit. tapak liman, menghasilkan antiseptik yang bisa berguna untuk berbagai hal, terutama mengatasi demam. Manfaat tapak liman sebagai agen antiseptik alami ini dipercaya di berbagai negara seperti Indonesia, India, Filipina, dll.

6. Manfaat Tapak Liman untuk Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat tapak liman yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan liver. Selain mengandung anti hepatotoksik yang menjaga hati dari kerusakan, kandungan etanol dalam tapak liman juga membantu proses penyembuhan hari yang rusak.

Penelitian pada tahun 2009 mengemukakan bahkan kandungan etanol di tapak liman adalah bahan baku utama bagi tonik hati. Lebih dari itu, ekstrak akar tapak liman juga membersihkan radikal bebas dan mampu mengurangi lipid peroksidasi.

7. Khasiat Tapak Liman sebagai Antiplatelet

Tanaman herbal tapak liman mengandung efek antiplatelet. Antiplatelet adalah kandungan yang berfungsi mengurangi risiko pembekuan darah, umumnya obat antiplatelet dimanfaatkan untuk memecah gumpalan darah berbahaya yang terbentuk di pembuluh jantung atau darah Anda.

Belum ada data dan penjelasan lebih lanjut tentang seberapa efektif manfaat tapak liman sebagai zat antiplatelet. Untuk mengurangi resiko, anda bisa menanyakan kepada dokter terkait dengan manfaat ini.

8. Manfaat Tapak Liman untuk Mengatasi Diare

Rebusan tanaman herbal tapak liman dimanfaatkan sebagai obat diare alami oleh beberapa warga Nepal. Selain itu, tanaman herbal tapak liman juga dipercaya dapat mengobati disentri, muntah darah, gangguan lambung, dan penyakit tuberkulosis.

Namun, hingga saat ini, belum ada penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat tapak liman dalam mengatasi diare. Bila Anda menggunakan tanaman herbal tapak liman ini sebagai obat herbal, harap tetap berhati-hati terhadap efek samping yang akan terjadi.

9. Khasiat Tapak Liman sebagai Anti Hepatotoksik

Anti hepatotoksik adalah zat untuk melindungi hati dari racun serta mencegah kerusakan hati. Efek anti hepatotoksik pada khasiat tapak liman telah terbukti efektif untuk mengatasi kerusakan hati, namun belum ada uji yang dilakukan pada manusia.

10. Manfaat Tapak Liman sebagai Anti Inflamasi

Antiinflamasi adalah zat yang dibutuhkan tubuh agar mengurangi peradangan. Umumnya, obat yang memiliki anti inflamasi digunakan untuk mengobati radang sendi dan masalah peradangan lainnya.

Khasiat tapak liman juga diberitakan memiliki kandungan zat anti inflamasi, namun belum ada bukti klinis apakah efek pada tapak liman ini dapat membantu mengatasi berbagai penyakit peradangan.

11. Khasiat Tapak Liman untuk Mengatasi Batuk

Akar dan daun tapak liman banyak dimanfaatkan sebagai obat pereda batuk yang sudah terlanjur parah. Di dalam akar dan daun tapak liman tersimpan zat yang akan meringankan gejala batuk dan berangsur angsur anda akan membaik.

Cara Penggunaan Tapak Liman untuk Obat Herbal

Jika anda ingin mencoba berbagai manfaat yang diberikan tapak liman ini anda bisa mengikuti salah satu cara memasak tapak liman agar bisa bermanfaat dengan baik. Salah satu cara mengolah tapak liman sebagai obat herbal yaitu dengan cara mengubahnya menjadi teh. Anda bisa mengeringkan daun tapak liman lalu menyeduhnya dengan air panas.

Selain itu, cara memasak tapak liman lainnya yaitu dengan cara meremas remas daun liman untuk mengambil sari sarinya dan menambahkan kayu manis lalu diminum. Atau, anda juga bisa merebus daun liman yang sudah bersih dan menambahkan gul arena tau madu sebagai pelengkap.

Belakang juga sudah banyak masyarakat yang berinovasi menciptakan salah satu cara memasak tapak liman menjadi sebuah keripik. Ini merupakan terobosan agar bisa memanfaatkan keunggulan tapak liman dengan rasa yang sedap.

Dengan mengetahui apa saja manfaat tapak liman, anda semakin memiliki banyak alternatif obat tradisional bagi berbagai penyakit dan kesehatan anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat gaya hidup sehat

Yuk Kenali Lebih Dalam 5 Manfaat Gaya Hidup Sehat Bagi Tubuh

Yuk Kenali Lebih Dalam 5 Manfaat Gaya Hidup Sehat Bagi Tubuh. Aspek kesehatan adalah aspek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *