7 Manfaat Tanaman Porang untuk Kesehatan dan Lingkungan, Wajib Tahu!

sumbersehat.com – Manfaat tanaman porang kian santer diperbincangkan akibat beredarnya kabar tentang kesuksesan para petani umbi unik ini di Indonesia. Mungkin sebagian dari Anda baru mengenal porang sejak menonton tayangan di televisi, salah satunya dalam talkshow Kick Andy. Andy F. Noya sempat berbincang dengan tamu spesial yang merupakan seorang petani porang sukses asal Jawa Timur, beliau bernama Pak Paidi.

Porang merupakan sebutan tanaman bernama latin Amorphophallus muelleri B. Terdapat beberapa spesies saudara porang dari famili yang sama, yaitu; suweg, iles – iles dan walur. Bentuk umbi dan pohon dari keempat jenis tanaman tersebut sekilas terlihat serupa. Namun, ada satu ciri khas yang hanya dimiliki oleh porang sebagai perbedaan porang dan suweg yaitu tumbuhnya bulbil dari pangkal daun, dan nantinya dapat digunakan sebagai bibit.

manfaat tanaman porang
manfaat tanaman porang

Apa Saja Sih Khasiat Tanaman Porang?

Banyak orang yang menginginkan informasi detail tentang manfaat tanaman porang. Well, berbagai khasiat dari umbi primadona ini dapat Anda simak dalam uraian berikut:

1. Khasiat Tanaman Porang Sebagai Bahan Pangan Alternatif

Kebutuhan bersifat kontinyu bagi manusia di seluruh dunia adalah makanan. Dewasa ini, banyak lahan pertanian yang beralih fungsi menjadi pondasi berdirinya beragam bangunan demi berbagai kepentingan. Terlebih lagi, tak sedikit orang yang enggan untuk menggeluti bidang pertanian dengan alasan nominal income yang rendah. Lantas, bagaimana nasib manusia nantinya jika tak ada lagi tanaman untuk dijadikan bahan pangan?

Salah satu manfaat tanaman porang yang berperan dalam pemenuhan kebutuhan manusia tersebut adalah kemampuannya sebagai bahan pangan alternatif. Umbi unik ini dapat diolah menjadi tepung porang yang selanjutnya berpotensi untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan. Beberapa contoh bahan pangan yang dapat dihasilkan dari tepung porang ini adalah tahu, mie dan jelly.

2. Manfaat Tanaman Porang untuk Menurunkan Kadar Glukosa Darah

Penderita Diabetes Mellitus sudah tak lagi dapat dikatakan sedikit, terutama akhir – akhir ini. Terlebih lagi diketahui bahwa kelainan fungsi organ tubuh ini tak hanya menyerang lansia, tetapi juga remaja dan manusia dewasa. Dikabarkan pula adanya potensi faktor genetik yang memicu bertambahnya penderita Diabetes Mellitus. Tahukah Anda bahwa satu diantara banyak khasiat tanaman porang adalah kemampuannya menurunkan kadar gula darah?

Ada satu penelitian dimana penderita Diabetes Mellitus diminta untuk mengkonsumsi olahan porang berupa mie shirataki selama total 14 hari. Alat ukur kadar gula darah atau glukometer digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nyata pada perlakuan pemberian tepung porang terhadap penurunan kadar gula darah penderita Diabetes Mellitus. Luar biasa sekali manfaat tanaman porang ini, ya?

3. Khasiat Tanaman Porang untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi kerap kali menjadikan penderitanya mengalami keresahan yang berulang. Selain anjuran untuk menghindari makanan yang relatif ‘enak’, beberapa aktivitas juga menjadi terbatas akibat rasa tak nyaman yang ditimbulkan. Metode pengobatan dalam menangani masalah darah tinggi selama ini hampir selalu sama, yaitu berobat dan istirahat. Bagaimana jika sebaiknya kita mencoba manfaat tanaman porang sebagai metode penyembuhan?

Pemanfaatan porang dalam mengatasi tekanan darah tinggi hampir sama dengan penanganan keluhan penyakit lainnya. Anda sebaiknya mengkonsumsi porang dalam bentuk olahan makanan, yang tujuan sebenarnya adalah menjadikan umbi ini sebagai pengganti beras. Sumber karbohidrat minor seperti porang ini dikenal baik untuk kesehatan, karena kandungan glukosa yang tidak setinggi sumber karbohidrat mayor.

4. Manfaat Tanaman Porang sebagai Bahan Dasar Pembuatan Kosmetik

Hasil budidaya porang yang banyak di kembangkan di Indonesia, khususnya Jawa Timur lebih banyak berperan sebagai komoditi ekspor. Masih sedikit industri di negara ini yang menggunakan porang sebagai bahan dasar produksi. Padahal, banyak sekali manfaat porang yang bersifat premium untuk menghasilkan produk dengan kualitas tinggi. Sebagian besar hasil panen diolah menjadi chip atau keripik porang yang nantinya diekspor ke luar negeri.

Kita semua tentu tahu bahwa kosmetik merupakan salah satu faktor pendukung penampilan, khususnya bagi para wanita. Porang merupakan satu dari sekian banyak bahan baku yang dimanfaatkan dalam industri pembuatan kosmetik. Perlu dipelajari bagaimana cara mengolah porang agar pemanfaatannya di dalam negeri juga bisa lebih optimal, sehingga bangsa ini semakin sejahtera.

Khasiat Tanaman Porang untuk Lingkungan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, tanaman porang juga memiliki manfaat bagi lingkungan yaitu meliputi:

1. Sumber Serat Alami

Bahan pangan yang dikenal mengandung serat tinggi adalah biji – bijian dan sayur – mayur. Namun, tahukan Anda bahwa kandungan serat dapat ditemukan pula pada glukomanan yang merupakan salah satu manfaat tanaman porang? Hal inilah yang menjadikan porang berperan sebagai serat larut air yang tentunya baik untuk proses pencernaan dalam tubuh. Lancarnya proses pencernaan akan berpengaruh pula pada penurunan berat badan.

Keseimbangan asupan makanan berdasarkan kebutuhan kalori tubuh yang biasa disebut ‘diet’ akan menjadi lebih efektif jika melibatkan porang di dalamnya. Berdasarkan hasil beberapa penelitian, olahan porang yang telah bersifat edible sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Terutama bagi Anda yang sedang melakukan program diet dengan tujuan menurunkan berat badan. Khasiat tanaman porang yang kaya serat dapat dijadikan pilihan terbaik.

2. Bahan Dasar dalam Berbagai Industri

Perlu diingat, bahwa hampir seluruh manfaat tanaman porang dapat diperoleh setelah dilakukan pengolahan khusus. Beberapa industri yang memanfaatkan porang sebagai bahan baku juga perlu memperhatikan proses pengolahan secara detail. Industri jasa pangan, kesehatan, kecantikan dan lain – lain sebagian besar menggunakan tepung porang dalam proses produksinya. Dengan serangkaian proses yang tepat, hasil optimal akan bisa diperoleh.

3. Manfaat Tanaman Porang sebagai Bahan Pembuatan Lem

Porang memiliki tekstur yang unik setelah diolah dengan metode tertentu, yaitu lengket atau memiliki daya rekat tinggi. Hal ini mendasari poin manfaat tanaman porang yang salah satunya adalah sebagai bahan perekat atau lem. Kandungan glukomanan pada tepung porang mampu menciptakan lem berkualitas tinggi. Selain lem, glukomanan juga berperan sebagai pengganti agar – agar atau gelatin yang kerap digunakan dalam bidang mikrobiologi.

Tanaman Porang Memiliki Nilai Ekonomi yang Tinggi

Tak dipungkiri lagi bahwa manfaat tanaman porang yang beragam menjadikan harga porang berada di atas rata – rata. Banyak petani porang telah berhasil membudidayakan jenis umbi tersebut hingga mampu memperbaiki keadaan perekonomian keluarga. Dibalik khasiat yang terbilang ajaib, tahukah Anda bahwa porang ini merupakan tanaman yang tidak rewel dan mudah untuk dikembangbiakkan?

Salah satu tokoh yang mengenalkan porang dan menjadikannya populer adalah Pak Paidi, atau sering disapa dengan paidi porang. Seperti dijelaskan pada prolog di awal paragraf, beliau berhasil menjadi pengepul porang, petani, sekaligus eksportir porang yang sukses di bidangnya. Melalui saluran televisi, penyampaian informasi mengenai porang dan perannya dalam kehidupan dapat diterima oleh banyak pemirsa.

Suatu sumber menyebutkan bahwa budidaya porang awalnya dilakukan untuk mendukung upaya konservasi hutan. Kemampuan porang dalam berkembang biak sangat memudahkan para petani untuk mengelolanya. Secara umum, bibit porang diperoleh dari umbi yang masih kecil dan bulbil. Bulbil atau katak porang yang merupakan ciri khas dari tanaman ini akan tumbuh pada pangkal daun yang telah berusia sekitar 2 bulan.

Itulah manfaat tanaman porang yang penting untuk diketahui terutama bagi kesehatan. Dengan begitu, anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan maupun mengatasi beberapa penyakit di atas.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *