Manfaat Tanaman Herbal Mempunyai 7 Macam Jenis yang Jarang Terdengar

Manfaat Tanaman Herbal Mempunyai 7 Macam Jenis yang Jarang Terdengar – Tanaman herbal mungkin sudah ada di pekarangan rumah. Tanaman ini ternyata kaya manfaat dan mudah ditanam sendiri di pekarangan rumah. Tanah Indonesia, sebagai Negara tropis dipenuhi oleh beragam kekayaan alam, termasuk banyak jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami. Tanaman obat atau tanaman herbal sudah mulai dibudidayakan oleh setiap rumah tangga keluarga Indonesia.

Tidak hanya dari daunnya saja, bagian lain dari tanaman obat juga bermanfaat, termasuk akar, daun, umbi, batang, atau bunga. Meski memang tetap tidak dapat menggantikan obat-obatan medis yang sudah teruji klinis. Tanaman herbal adalah berbagai tumbuhan yang dapat berupa daun, bunga, atau lainnya, mengandung zat aktif yang dapat menyembuhkan atau meredakan suatu penyakit. Mulai dari menyembuhkan gejala flu ringan hingga penyakit serius lainnya.

Tanaman herbal tersebut memiliki ribuan jenis spesies. Tidak heran jika manfaat tanaman herbal juga banyak untuk kesehatan. Sekitar 40 ribu jenis obat tradisional yang sudah teridentifikasi dan dikenal di dunia, 30 ribunya diyakini tumbuh di tanah Indonesia. Meski demikian, ternyata hanya sekitar 9 ribu spesies tanaman herbal yang diduga memiliki manfaat bagi kesehatan. Jadi, apa tanaman herbal dan jenisnya yang belum banyak di dengar orang?

manfaat tanaman herbal
manfaat tanaman herbal

Apa tanaman herbal?

Jenis tanaman yang memiliki manfaat untuk kesehatan dapat dikatakan sebagai tanaman herbal. Mulai dari daun, batang, buah, umbi (rimpang), sampai akar dapat digunakan sebagai obat, bahan, atau ramuan obat-obatan. WHO mendefinisikan tanaman herbal sebagai tanaman yang digunakan untuk manfaat pengobatan dan merupakan bahan-bahan alami dalam pembuatan obat herbal. Tanaman herbal biasanya diramu dan disajikan untuk penyembuhan penyakit.

Apa saja manfaat tanaman herbal bagi kesehatan?

Manfaat tanaman herbal dapat diperoleh baik dari akar, batang, atau daunnya. Tidak heran jika dalam satu jenis tanaman sudah mendapatkan manfaat yang berbeda-beda dalam mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman herbal memiliki berbagai efek pada sistem metabolisme tubuh manusia. Mulai dari efek analgesik, antioksidan, hingga antiradang. Tidak heran jika masyarakat Indonesia banyak yang memilih mengobati beberapa masalah kesehatan, seperti demam, flu, sakit perut, gangguan pencernaan, masalah kulit, hingga insomnia dengan jenis tanaman herbal.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, beberapa tanaman obat digunakan untuk keperluan berbeda-beda, seperti:

  • Tanaman dapat digunakan bahan obat herbal atau jamu.
  • Tanaman dapat digunakan sebagai bahan utama bahan baku obat.
  • Tanaman dapat diekstraksi dan ekstraknya digunakan sebagai obat.

Beberapa sudah dikembangkan dan diolah untuk manfaat herbal lainnya, seperti dalam industri makanan atau minuman, sebagai bahan dasar kosmetik, dan kebutuhan spa tradisional.

Jenis Tanaman Herbal di Indonesia dan Manfaatnya yang Masih Jarang Terdengar

Dalam UU No. 13 tahun 2010, tanaman obat termasuk dalam kelompok hortikultura, yaitu tanaman yang menghasilkan buah, sayuran, florikultura, bahan obat nabati dan bahan estetika. Kementerian Pertanian RI menyatakan jika ada 15 jenis tanaman obat yang sudah dibudidayakan di Indonesia dan sudah banyak masyarakat yang merasakan manfaat tanaman herbal tersebut.

Kelima belas jenis tanaman obat tersebut adalah jahe, lengkuas (laos), kencur, kunyit, lempuyang, temulawak, temuireng, temukunci, dlingo atau dringo, kapulaga, mengkudu, mahkota dewa, kejibeling, sambiloto dan lidah buaya. Tanaman tersebut memang sudah terkenal khasiatnya. Namun, beberapa tanaman berikut ini mungkin masih asing di telinga. Padahal, ternyata tanaman-tanaman berikut ini juga kaya manfaat dan mudah untuk ditanam di pekarangan rumah.

Daun Meniran

Jenis tanaman ini terlihat mirip dengan putri malu. Tumbuh subur di Indonesia, sering ditemukan di pinggir jalan dan hanya dikira tanaman liar tanpa manfaat. Namun ternyata meniran hijau memiliki beberapa manfaat. Sebagian masyarakatpun sudah merasakan manfaat tanaman herbal ini. Seperti menurunkan gula darah, meningkatkan kesehatan hati, mencegah batu ginjal, mengobati rematik, mengatasi penyakit kulit, menangkal radikal bebas, bersifat antimikroba, dan bahkan mengobati penyakit kuning

Temu Mangga

Tanaman ini merupakan jenis rempah khas Indonesia yang sayangnya kurang dikenal. Namun ternyata khasiatnya tidak kalah dari rempah lainnya. Temu mangga mengandung antiseptik alami, bersifat laksatif yaitu kandungan yang ditemukan pada obat pencahar. Bermafaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan tinggi, kandungan anti kanker, antiinflamasi, dan juga meremajakan kulit.

Daun Patah Tulang

Tanaman ini memiliki bentuk menarik, cocok juga dijadikan sebagai tanaman hias. Sesuai namanya, daun patah tulang bermanfaat untuk mengobati patah tulang dan juga penyakit lainnya. Manfaat tanaman herbal ini dapat meredakan sakit gigi, penyakit kulit, juga cedera ringan. Namun perlu berhati-hati saat hendak menggunakan tanaman ini sebagai obat. Ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu pada ahli kesehatan. Getah tanaman ini dapat menyebabkan kebutaan permanen jika terkena mata.

Bunga Kenop

Selain menjadi tanaman herbal, tanaman ini juga dapat mempercantik pekarangan rumah. Bunga kenop atau dikenal bunga kancing/ kembang puter, berasal dari Amerika dan Asia. Bunga ini berkhasiat mengobati radang mata, sakit kepala, disentri, batuk, asma, juga menambah nafsu makan. Cara menanamnya juga cukup mudah, hanya perlu dipelihara dengan tetap disiram, dan pemupukan secara reguler. Khasiatnya dapat dinikmati dengan merebus sepuluh kuntum bunga bersama jahe, lalu meminum air rebusannya, rutin tiga kali sehari.

Tanaman Pegagan

Manfaat tanaman herbal ini sudah banyak dirasakan kaum hawa yang sudah tidak asing dengan nama latinnya yaitu Centella asiatica. Biasa digunakan dalam kandungan skincare untuk mengatasi jerawat dan penuaan dini. Namun selain itu, kandungan daun pegagan juga dapat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat, mengatasi depresi, memperbaiki sirkulasi darah, menyamarkan stretchmark, menyembuhkan luka, sampai mengobati penyakit alzheimer.

Daun Sage

Daun sage memang belum seterkenal tanaman obat daun lainnya, namun ternyata sudah biasa digunakan sebagai bumbu dan rempah. Bahkan sudah mulai banyak digunakan sebagai salah satu komponen pengharum pada sabun dan kosmetik. Daun ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik. Manfaatnya seperti dapat menurunkan gula darah dan kolesterol, pengobatan alzheimer, mengurangi gejala manapouse, menyehatkan mulut, mencegah diare, mengendalikan peradangan, dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Kayu Manis

Kayu manis sudah biasa dikenal untuk dipakai sebagai bumbu dalam masakan, namun ternyata manfaat tanaman herbal ini juga banyak. Kayu manis juga kerap digunakan untuk campuran dalam minuman atau membuat kue untuk menambah aroma yang menggugah selera. Kandungan kayu manis bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti infeksi, anti mikroba, polifenol, zat besi, kalsium, dan juga mangan.

Artikel lainnya bisa simak disini.

Sidaguri

Tanaman liar ini tumbuh subur di rerumputan tepi jalan, hutan dan sawah atau di tempat-tempat dengan sinar matahari langsung. Sidaguri terbukti mengandung alkaloid ephedrine, terutama dalam bijinya. Kandungan senyawa ini mampu mendinginkan badan (anti demam), melancarkan pencernaan, menguatkan stamina serta efektif untuk asam urat. Selain itu, bermanfaat untuk merangsang produksi air seni, mengobati kelemahan seksual, dan kualitas sperma buruk.

Beberapa tanaman herbal di atas sudah masuk dalam penelitian dan terbukti bermanfaat, meski jarang terdengar. Mudah juga untuk menananmnya sendiri di rumah, agar lebih mudah jika dibutuhkan untuk merasakan manfaat tanaman herbal. Namun tetap diingat, beberapa jenis tanaman herbal, meski jarang terjadi, dapat juga menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Selain alergi dengan bahan herbal tersebut, mungkin juga alergi muncul jika dikonsumsi berbarengan dengan obat dokter.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *