Buah Nipah Ternyata Memiliki lebih dari 5 Manfaat Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah Nipah Ternyata Memiliki lebih dari 5 Manfaat Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Tubuh Manusia – Buah nipah ini menjadi  salah satu produk yang dihasil kan oleh nipah. Meskipun belum ada data akurat yang menunjukkan potensi nipah dan buah yang dihasilkannya. Ditempat tersebut terdapat banyak endapan tanah yang berasal yang berasal dari hulu sungain, sehingga habitat sungai menjadi subur dan berlumpur.

Nipah ini disebut juga dengan Nypa fruticans yang termasuk tumbuhan dengan jenis palem (palma). Selain itu manfaat tanaman herbal untuk kesehatan, ekstrak tumbuhan nipah mampu menghambat berbagai penyakit diantaranya adalah tuberkolosis, sakit tenggorokan, masuk angin, penawar racun maupun sebagai obat penenang. Nipah yang pada umumnya memang sudah tumbuh di belakang hutan mangrove yang ada di sepanjang sungai menuju pada muara sungai.

Ditempat tersebut terdapat banyak endapan tanah yang berasal dari hulu sungai, sehingga habitat sungai menjadi subur dan berlumpur. Keadaan airnya pun akan relatif baik jika dibandingkan dengan hulu sungai. Tumbuhan Nipah ini banyak sekali tumbuh dikawasan Indonesia dan tersebar dibeberapa Provinsi diantaranya Irian jaya (Papua), Sulawesi, Kalimantan, Jawa dan Sumatera.

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan
Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan

Untuk sekarang ini manfaat tanaman herbal untuk kesehatan tumbuhan Nipah masih dianggap tanaman liar, tapi dijaman modern sekarang dengan ilmu dan pengetahuan pesat, kita harus terus berupaya berfikir kreatif  dan inovatif sehingga dapat mengolah produk dari berbagai tumbuh-tumbuhan salah satunya Nipah. Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan pada buah nipah ini juga dapat dijadikan untuk sumber alternatif pengobatan tradisional.

Karena pada buah nipah sendiri banyak mengandung Antioksidan yang sangat tinggi. Manfaat Antioksidan pada buah nipah untuk pencegah sel kanker. Ada dua jenis antioksidan yang dihasilkan dari makanan yaitu : Antioksidan alami adalah sejenis zat alami yang terdapat pada tumbuhan atau buahan yang berguna untuk mencegah, mengurangi atau memperlambat suatu gejala penyakit yang terdapat didalam tubuh, menangkal radikal bebas, membunuh racun berbahaya yang tidak dapat dikonsumsi.

Antioksidan Sintetis adalah antioksidan yang diciptakan dari berbagai reaksi kimia. Antioksidan sintetis ini tidak baik digunakan atau dikonsumsi oleh tubuh kita, maka pilihan terbaik adalah mengonsumsi buahan yang memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan alami. Selain memiliki antioksidan yang tinggi sebagai zat anti kanker alami. Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan, buah nipah sendiri dapat mengobati berbagai penyakit.

Contohnya seperti penyakit hati, mengobati gondok juga penyakit tenggorokan, penawar racun, menjadi obat penenang syaraf alami, mengobati diabetes, mengobati pengumpalan darah serta mengobati sinusitis. Selain itu, ekstrak tumbuhan nipah mampu menghambat berbagai penyakit diantaranya adalah tuberkolosis, sakit tenggorokan, masuk angin, penawar racun maupun sebagai obat penenang.

Kandungan zat penghambat peroksida lipid pada nipah dapat menunjukkan efektifitas yang kuat terhadap penyakit tersebut. Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan buah nipah ini memang menjadi salah satu buah yang sudah memiliki kadar zat antioksidan yang sangat tinggi, kandungan antioksidan di dalam buah nipah lebih tinggi. Sebenarnya masih banyak manfaat dari Nipah ini bagi kehidupan, selain bisa dijadikan sebagai ramuan obat-obatan tradisional,

Nipah ini juga bisa digunakan untuk hal lainnya. Sumber untuk Pangan pada buah nipah ini sangat bermanfaat sekali untuk kehidupan . Manfaat nipah sebagai sumber pangan belum banyak diketahui oleh masyarakat. Bahan Bangunan bisa juga digunakan sebagai tambahan bahan yang dibuat dengan buah nipah. Masyarakat pesisir banyak menggunakan bahan bangunan dari daun nipah untuk dijadikan anyaman hingga membentuk atap.

Bagian manfaat tanaman herbal untuk kesehatan ini juga membutuhkan proses yang panjang, bagian yang dibutuhkan ialah buahnya.Secara tersirat, manfaat nipah sebagai objek wisata telah dilakukan secara turun temurun, bukan hanya masyarakat setempat, bahkan pelajar maupun mahasiswa memilih kawasan mangrove khususnya daerah nipah sebagai objek wisata. Cara Pengelolaan Buah Nipah Menjadi Gula Dan Garam. Selain manfaat yang telah dijelaskan diatas buah nipah ternyata bisa untuk gula dan garam.

Nipah juga berpotensi sebagai pengganti makanan pokok (beras, jagung, dan sagu) atau sebagai substitusi dan diversifikasi pangan karena nipah memiliki kandungan karbohidrat, kadar gula, dan kadar protein yang tinggi. Memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang cukup baik. Tepung nipah berpotensi untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet karena memiliki kandungan serat yang tinggi, kandungan lemak rendah dan kalori yang rendah.

Total kandungan gulanya mencapai 27,2 g/100 g dan kadar karbohidrat 56,4 g/100 g (cukup tinggi). Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan buah nipah muda tidak mengandung vitamin E, tetapi mengandung vitamin C sebesar 0,60 g/100 g sehingga membuat segar rasa buah muda atau kolang kalingnya. Tepung nipah dapat dihasilkan dengan cara mengolah buah nipah yang sudah tua.

Tepung nipah dapat dibuat dari daging buah nipah tua. Proses pembuatan tepung nipah meliputi pemisahan daging dari tempurung, pembersihan kulit ari, dan selanjutnya ditumbuk atau di blender, setelah proses ini selesai kemudian dijemur/dikeringkan dan diayak. Rendemen tepung nipah diperoleh melalui pembuatan tepung dari setiap 100 daging buah nipah yang tua. Bobot 100 daging buah nipah rata-rata 3.613 g.

Dari manfaat tanaman herbal untuk kesehatan pembuatan setiap 100 daging buah nipah diperoleh 46,8% tepung nipah. Dengan demikian, berdasarkan rata-rata rendemen tepung nipah, maka dalam 1 hektar tegakan nipah akan dihasilkan tepung nipah sebanyak 3,27 t/ha. Tepung nipah memiliki kadar lemak (nabati) kasar yang paling rendah 0,08 % bila dibandingkan dengan jagung, beras dan lainnya.

Serat kasar yang terkandung dalam buah nipah setara dengan bungkil kelapa.  Memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang cukup baik. Tepung nipah berpotensi untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet karena memiliki kandungan serat yang tinggi, kandungan lemak rendah dan kalori yang rendah.

Perhatikan artikel lain disini

Pengembangan manfaat tanaman herbal untuk kesehatan nipah sebagai bahan pangan di Indonesia mungkin dapat terlaksana dengan baik jika dapat dilindungi dan dijaga, mengingat hutan ini termasuk dalam hutan bakau yang sering dijadikan manusia sebagai tambak ikan atau udang. Populasinya yang masih banyak dan belum terlalu dikenal oleh banyak orang menjadikan nipah sebagai bahan pangan yang berpotensi untuk dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Nipah yang merupakan tanaman potensial yang memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan menjadi produk produk yang bermanfaat bagi manusia.

Buah nipah sangat potensial untuk dikembangkan menjadi bahan pangan seperti tepung nipah, nata, manisan, makanan kaleng, minuman es buah nipah, kolak buah nipah, dan bahan pangan lainnya. Dalam rangka mengotimalkan manfaat tanaman herbal untuk kesehatan buah nipah ini, peran pemerintah masih sangat diperlukan.

Itulah sedikit ulasan pada penjelasan tentang manfaat tanaman herbal untuk kesehatan buah nipah bagi kesehatan dan kehidupan. Semoga artikel dalam ulasan ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan kepada kita semua. Dan bisa bermanfaat bagi yang membaca artikel ini agar bisa memberikan ilmu untuk kita semua.

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *