Manfaat Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Di Masa Covid 19

Manfaat Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Di Masa Covid 19. Tanaman herbal merupakan salah satu jenis tanaman toga terbaik yang bisa ditanaman dengan mudah di perkarangan rumah. Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan memang sangat dirasakan keuntungannya bagi kelangsungan hidup masyarakat agar semakin terjaga dari segala macam penyakit. Dewasa ini, manfaat tanaman herbal di dalam kehidupan sehari – hari telah teruji dengan baik.

Tanaman herbal sebagai obat – obatan alami alternatif yang sering digunakan oleh masyarakat sehari – hari. Alasannya adalah karena tanaman herbal bebas dari bahan kimia apapun. Tanaman herbal atau tanaman obat memiliki banyak jenisnya. Hal ini menimbang dari kondisi geografis Indonesia sendiri sebagai negara yang sangat agraris yang kaya akan keanekaragaman rempah – rempah.

manfaat tanaman herbal untuk kesehatan
manfaat tanaman herbal untuk kesehatan

Terlebih lagi, tanaman herbal memberikan manfaat luar biasa dalam menyembuhkan bada dari penyakit yang ringan sampai yang berat, diantaranya manfaat dari tanaman herbal tersebut adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat agar selalu sehat . Berikut ini jenis – jenis tanaman herbal beserta manfaat tanaman herbal untuk kesehatan didalam menjaga kesehatan dimasa Covid 19, yaitu :

Meredakan Sakit Asam Urat

Manfaat tanaman herbal untuk khususnya kesehatan yang pertama adalah meredakan sakti asam urat. Dimana, peredaan pada sakit asam urat ini bersumber dari salah satu tanaman herbal Seledri atau Apium Graviolens. Adapun ciri – ciri dari seledri yaitu mempunyai tinggi kurang lebih satu meter, batang pendek, bertangkai majemuk, dan bunga tersusun dengan bentuk karang.

Meringankan Sakit Kepala Dan Tekanan Darah Tinggi

Selanjutnya, manfaat tanaman herbal untuk kesehatan yang kedua adalah mampu mengatasi gejaaln dalam meringankan sakit kepala dan tekanan darah tinggi. Dimana, salah satu contoh dari tanaman herbal ini yatiu Mengkudu. Atau dengan nama ilmiah Morinda Citrifolia.

Gumbuhan ini memiliki ciri – ciri dengan tinggi 4 sampai 6 meter, batang berbentuk pace bengkok, dahan kaku, dan sedikit kasar pada bian kulitnya. Selain itu, buah ini juga mempunyai warna yang hijau muda dengan isinya berwarna putih dengan daging yang lunak dan transparan.

Meredakan Sakit Tenggorokan

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan tubuh manusia adalah mampu meredakan sakit asma yang angkut dan juga sakti tenggorokan. Salah satu contoh dari tanaman herbal tersebut diantaranya adalah Daun sirih atau dalam bahasa ilmiahnya bernama Piper betle. Ciri – ciri tanaman herbal sirih adalah memiliki tinggi hingga 10 meter, warna batangnya coklat kehijauan, mempunyai bentuk yang bulat, dan memiliki ruas dengan ujung – ujungnya yang runcing.

Mengobati Sakit Luka Serta Untuk Perawatan Kecantikan

Selanjutnya, manfaat lainnya yang ditimbulkan dari tanaman herbal bagi kesehatan tubuh masyarakat adalah untuk mengobati luka, perawatan kecantikan terhadap rambut dan kulit, serta yang paling penting adalah untuk menjaga kulit agar selalu sehat dan terawat. Salah satu tanaman hebal untuk kesehatan tersebut diantaranya adalah lidah buaya.

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan ini memiliki ciri – ciri yang tingginya hanya mencapai 30 hingga 50 CM. Dengan karakeristik dagingnya yang tebal dan tunggal, bergetah bening, dan ujungnya yang sangat runcing serta berduri. Bukan hanya itu, warna dari lidah buaya adalah hijau pekat. Berbecak – becak putih.

Mengatasi Timbulnya Gejala Hipertensi

Manfaat lainnya dari tanaman obat atau tanaman herbal untuk kesehatan adalah mampu mengatasi timbulnya gejalan hipertensi yang bisa menyerang kapan saja. Salah satu contoh dari tanaman herbal tersebut adalah Belimbing atau Avverhoa Carambola. Yaitu buah dengan cita rasa yang manis dan asam yang mengadung banyak vitamin A, B, dan C.

Bukan hanya manfaat tanaman herbal untuk kesehatan, belimbing ini juga mengandung kalsium dan protein yang sangat tinggi. Ciri – ciri dari pohon belimbing mempuyai batang yang keras dengan tinggi 5 hingga 12 meter, dengan diameter buah yang berbentuk bintang, kulit yang tipis, dan warna yang kuning terang saat setelah masak.

Mengobati Sakit Asma

Salah satu jenis tanaman herbal atau tanaman obat yang sangat bermanfaat didalam menjaga kesehatan tubuh manusia adalah mampu mengobati masyarakat yang menderita sakit Asma, ataupun bagi masyarakat yang sedang menderita gejala Asma tersebut.

Salah satu contoh manfaat tanaman herbal untuk kesehatan tersebut adalah Blustru atau masyarakat awam menyebutnya sebagai Ketela Manis, Lapang Oyom, dan Hurung Jawa. Ini merupakan tanaman herbal keluarga yang mudah sekali untuk didapatkan. Cara pengolahan Blustru tersebut sangatlah mudah, yaitu hanya dengan menyimpannya diatas nasi panas, lalu setelah itu giling sampai halus hingga Blustru menjadi sangat lunak.

Mengobati Sakit Radang Empedu Dan Kanker Hati

Manfaat tanaman herbal untuk bidang kesehatan lainnya adalah untuk mengobati sakit radang empedu dan kanker hati. Yang mana salah satu contoh tanaman herbal tersebut yaitu Temulawak. Dimana, temulawak tersebut mempunyai manfaat dan khasiat yang sangat luar biasa yaitu mengandung banyak kurkumin dapat mengobati sakit hepatitis B yang mampu menjadi pemicu timbulnya penyakit kanker hati.

Adapun manfaat tanaman herbal untuk kesehatan dan ciri – ciri dari temulawak tersebut yaitu mempunyai bentuk batang yang semu dengan tinggi hingga satu meter, dan warna yang hijau, coklat keungu – unguan dengan lebar 10 hnigga 18 meter.

Menghindari Bau Mulut Dan Meredakan Demam Tinggi

Berikutnya, manfaat lain yang didapatkan dari tanaman herbal adalah mampu menjaga kestabilan tubuh manusia agar senantiasa terhindari dari bau mulut yang tajam serta mampu meredakan demam tinggi. Salah satu cotoh tanaman obat dan herbal tersebut adalah Beluntas atau Plucea Indica.

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan yaitu mempunyai ciri – ciri yang memiliki batang pendek, dengan letak yang menyerupai telur sunsang. Selain itu, pada ujung daunnya lebih lancip serta bergirigi pada tepinya. Bukan hanya itu saja, tanaman herbal ini mempunyai warna hijau yang sangat terang dengan bunga berbentuk bonggol serta warna sedikit putih dan coklat. Sehingga tanaman ini sangat pas dengan bentuk daun berbentuk duduk.

Perhatikan artikel lain disini

Meredekan Sakit Perut Dan Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat selanjutnya yang ditimbulkan dari tanaman herbal ini adalah mampu meredakan sakit perut serta mempelancar perederan darah. Adapun contoh ari tanaman herbal tersebut adalah Daun Seribu atau Achillea Ovellium.

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan yaitu, merupakan tanaman herbal terbaik yang memiliki ciri – ciri tinggi sekitar 45 centimeer, lalu bentuk dari batannya yang bulan dan warna yang sedikit hijau, namun dengan dau yang sedikit menyirip. Sehingga ini merupakan tanaman yang sangat majemuk.

Demikianlah informasi tentang manfaat tanaman herbal untuk kesehatan di masa Covid 19. Semoga inifo ini sangat inspiratif yang mampu memberikan motifasi terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia agar mendapatkan kesehatan yang baik dan senantias berstamina di dalam kehidupan sehari – hari. Apalagi, dewasa ini banyak sekali berbagai macam penyakit lainnya yang bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Karena selain mencuci tangan, ini juga penting untuk dilakukan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *