12 Manfaat tanaman herbal untuk jantung dapat ditemukan di sekitar rumah

12 manfaat tanaman herbal untuk jantung dapat ditemukan di sekitar rumah. Tanaman herbal adalah tanaman yang berupa daun, bunga, atau lainnya yang bisa digunakan sebagai obat penyembuh suatu penyakit. Sebutan lainnya adalah tanaman toga (tanaman obat keluarga). Sejak dahulu tanaman herbal terbukti mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Bahkan ada beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit jantung.

Jantung merupakan salah satu organ manusia yang paling vital. Karena berfungsi untuk mengedarkan sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami masalah, maka akan berakibat pada organ lainnya. Kolesterol tinggi juga bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, perlu menjaga kesehatan jantung dengan pola hidup sehat. Selain obat dari dokter, konsumsi juga tanaman alami yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Ada beberapa tanaman herbal yang ampuh melindungi kesehatan jantung.

manfaat tanaman herbal untuk jantung
manfaat tanaman herbal untuk jantung

Berbagai Macam Dan Manfaat Tanaman Herbal Untuk Jantung

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung. Bisa dengan joging selama 30 menit, senam jantung, konsumsi kacang-kacangan, menjaga tekanan darah, rutin konsumsi buah dan tomat, serta mengganti minyak kelapa dengan minyak zaitun. Selain cara diatas, bisa menggunakan tanaman herbal. Berikut macam dan manfaat tanaman herbal untuk jantung.

Daun sirsak

Sudah dikaji secara ilmiah oleh beberapa ahli bahwa daun sirsak bisa digunakan sebagai obat jantung. Berasal dari keluarga Annonaceae, ekstrak daun sirsak berkontribusi untuk melemahkan aktivitas vasodilatasi yang artinya pelebaran diameter pembuluh darah akibat otot-otot dinding pembuluh darah melemah. Selain itu daun sirsak juga mengandung senyawa alkaloid dan senyawa fenolik yang memiliki sifat famakologis untuk anti inflamasi dan anti kanker.

Bawang putih

Menurut penelitian, bawang putih memiliki manfaat tanaman herbal untuk jantung. Konsumsi bawang putih segar memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan aktivitas fibrinolik, menghambat agregasi trombosit, mengurangi kadar trigliserida dan kadar serum, serta melindungi sifat elastis dari aorta. Kenapa begitu banyak manfaat? Karena di dalam bawang putih mengandung antiinflamasi, antitrombotik, dan antiolatetet. Cukup makan satu atau bawang putih mentah untuk merasakan manfaatnya.

Kunyit

Tanaman herbal yang kedua adalah kunyit. Selain untuk bahan makanan dan pewarna alami, ternyata kunyit bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Memiliki senyawa curcumin yang mengandung antioksidan tinggi berupa flavoniod dan anti inflamasi. Oleh karena itu curcumin bermanfaat untuk kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan mencegah pembekuan darah sehingga bisa mencegah serangan jantung.

Jahe

Ternyata jahe juga memiliki manfaat tanaman herbal untuk jantung. Dikarenakan jahe memiliki sifat anti inflamasi yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Bahan aktif gingerol pada jahe merupakan senyawa yang bisa merelaksasi pembuluh darah dan merangsang aliran darah ke jantung menjadi lancar. Kombinasikan jahe pada minuman atau susu secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

Teh hijau

Manfaat teh hijau untuk kesehatan jantung didapatkan karena di dalamnya terdapat senyawa katekin yang merupakan polifenol aktif. Kandungan ini bisa untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Studi klinik menunjukkan bahwa teh hijau juga memiliki sifat antioksidan yang bisa mencegah aterisklerosis dan mengatasi peradangan nyeri.  Selain itu, teh hijau juga bisa menurunkan kadar LDL atau kolesterol buruk.

Kayu manis

Selain sebagai pemanis alami, kayu manis juga memiliki manfaat tanaman herbal untuk jantung. Kayu manis bisa digunakan untuk membantu melindungi dari penyakit jantung. Senyawa anti inflamasi yang berlimpah dimiliki oleh kayu manis mampu menyeimbangkan tekanan darah dan kolesterol. Antioksidan dalam kayu manis juga menawarkan perlindungan untuk kesehatan jantung.

Wortel

Wortel merupakan tanaman sayur yang bisa tumbuh sepanjang tahun. Kandungan karatenoid dalam wortel bukan hanya untuk kesehatan mata juga terbukti bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu ekstrak wortel bisa menurunkan tekanan darah. Cara membuat ramuannya dengan memeras tiga buah wortel dicampur dengan madu. Minum tiga kali sehari sampai sembuh.

Itulah tanaman yang memiliki manfaat tanaman herbal untuk jantung. Selain tanaman herbal di atas, pola hidup sehat harus terjaga dengan cara melakukan diet sehat, hidup tanpa rokok, menjaga berat badan, dan olahraga secara teratur. Namun cara-cara tersebut tidak berhasil jika tidak menjaga asupan makanan yang masuk di dalam tubuh. Selalu tingkatkan konsumsi makanan yang menyehatkan jantung, misalnya sayuran,  buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan kaya omega 3. Selain itu hindari beberapa makanan di bawah ini.

Makanan tinggi lemak dan kolesterol

Penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah pada arteri oleh plak merupakan penyebab paling umum penyakit jantung. Adanya plak pada arteri membuat aliran darah tidak lancar. Terjadinya plak dikarenakan makanan tinggi lemak dan kolesterol yang dikonsumsi setiap hari. Jika dikonsumsi setiap hari akan memperburuk penyakit jantung. Oleh karena itu pasien penyakit jantung pantang makan makanan tinggi lemak dan kolesterol.

Makanan tinggi gula

Salah satu faktor risiko penyakit jantung adalah obesitas, bahkan bisa memperparah penyakit tersebut. Hindari makanan yang mengandung gula yang tinggi agar berat badan tidak berlebihan. Contohnya manisan buah kering, permen, kue-kue manis, dan eskrim. Gantilah dengan memakai gula alami dari bahan yang memiliki manfaat tanaman herbal untuk jantung. Misalnya kayu manis. Ganti semua makanan tinggi gula dengan konsumsi yogurt rendah lemak dan tanpa rasa, buah-buahan, dan kacang almond.

Daging olahan

Mengurangi asupan garam harus dilakukan bagi orang yang memiliki masalah jantung. Karena garam bisa menaikkan tekanan darah dan menghalangi aliran darah yang kaya oksigen menuju jantung. Untuk itu perlu menghindari makanan daging olahan, misalnya sosis, kornet, dan daging asap. Karena daging olahan tersebut mengandung bahan pengawet. Dan bahan pengawet yang digunakan adalah garam dan nitrit. Dibandingkan konsumsi makanan yang dilarang, ganti dengan daging sapi segar yang dibuang lemaknya.

Camilan dan makanan asin

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa penderita jantung harus menghindari makanan yang mengandung garam yang tinggi. Jadi, tidak diragukan makanan asin seperti makaroni gurih dan keripik kentang merupakan makanan pantangan bagi penderita jantung. Ganti semua camilan dengan makanan yang memiliki manfaat tanaman herbal untuk jantung, misalnya wortel, buah-buahan, dan yoghurt rendah lemak tanpa gula. Pastikan juga makanan yang dimasak sendiri tidak terlalu banyak memakai garam.

Baca artikel lainnya disini

Mayonaise dan margarin yang tinggi lemak trans

Mayonaise sering ditambahkan ke makanan sebagai pelengkap atau penyedap rasa. Meskipun rasanya enak, untuk pengidap penyakit jantung harus menghindari makanan yang memakai mayonaise. Selain mayonaise, penggunaan margarin juga harus dihindari. Karena keduanya mengandung lemak trans tinggi yang bisa memicu kenaikan kolesterol. Ganti mayonaise dengan yoghurt rendah lemak. Bisa juga menggunakan minyak zaitun. Yaitu minyak yang sehat bagi jantung.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari penderita penyakit jantung. Menentukan makanan yang aman mungkin agak terlalu sulit. Tapi bisa dikonsultasikan lebih lanjut kepada dokter spesialis jantung. Jangan lupa konsumsi tanaman yang memiliki manfaat tanaman herbal untuk jantung namun jangan berlebihan. Sesering mungkin makan tanaman berbasis alami minim proses. Karena makanan ini lebih baik untuk dikonsumsi.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat daun suji

10 Manfaat Daun Suji dari Mengatasi Batuk sampai Leukemia

sumbersehat.com - Manfaat daun suji secara umum dipakai masyarakat sebagai pewarna hijau makanan. Warna hijau yang dihasilkan daun suji lebih pekat daripada daun pandan wangi. Hanya saja, daun suji tidak memiliki aroma wangi yan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *