Manfaat Tanaman Herbal disekitar Kita, Kenali 5 Jenisnya!

Manfaat Tanaman Herbal disekitar Kita, Kenali 5 Jenisnya! –Memanfaatkan tanaman sebagai obat herbal untuk menjaga dan menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan telah sejak dulu dilakukan oleh nenek moyang kita. Tanpa disadari, sesungguhnya banyak tanaman yang tumbuh di lingkungan sekitar kita yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan alami. Selain itu dedaunan maupun rimpang yang sering digunakan sebagai bumbu masakpun juga dapat berfungsi sebagai obat herbal. Berikut beberapa jenis tanaman yang kita jumpai sehari-hari yang dapat berfungsi sebagai pengobatan secara herbal.

 

manfaat tanaman herbal disekitar kita
manfaat tanaman herbal disekitar kita

Manfaat Tanaman Herbal disekitar Kita: Daun Salam

Masakan bersantan pasti kurang sedap rasa dan aromanya apabila tidak diberi tambahan daun salam. Tapi tahukah anda kalau dengan hanya meminum air rebusan daun salam dapat mengurangi gejala bahkan menyembuhkan berbagai macam penyakit? Daun salam mengandung vitamin A dan C, serta asam folat. Selain itu, daun ini juga mengandung berbagai mineral penting seperti besi, seng, tembaga, selenium, mangan, magnesium, potasium, dan kalsium.

Diketahui bahwa manfaat tanaman herbal disekitar kita yang diperoleh dari daun salam antara lain dapat menurunkan kandungan gula di dalam darah. Daun salam mengandung zat antioksidan yang mampu meningkatkan produksi insulin sehingga dapat mengontrol kadar gula di dalam darah. Air rebusan daun salam yang diminum secara rutin dua kali sehari juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan membantu menurunkan kadar asam urat.

Manfaat Tanaman Herbal disekitar Kita: Bayam Duri

Kita mengenal bayam duri sebagai tanaman liar yang sering tumbuh tak beraturan di pinggir-pinggir jalan. Tanaman ini serupa bayam, hanya daunnya lebih lebar, batangnya berduri, dan rasanya agak pahit. Masyarakat sering memanfaatkan daun bayam duri sebagai bahan pelengkap untuk lalapan. Akan tetapi belakangan ini bayam duri sudah mulai dibudidayakan untuk diolah menjadi penganan berupa keripik bayam.

Manfaat tanaman herbal disekitar kita dari bayam duri sangat banyak. Tanaman ini tinggi akan serat sehingga dapat membantu program penurunan berat badan. Bayam duri mengandung vitamin A dan karotenoid yang diperlukan untuk kesehatan mata. Kandungan asam folat dan vitamin B9 yang tinggi sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu pencegahan bayi cacat saat lahir. Mengkonsumsi bayam duri juga dapat membantu mengatasi msalah varises karena tanaman ini tinggi kandungan flavonoid, antaranya Rutin, yang befungsi memperkuat dinding kapiler.

Manfaat Tanaman Herbal disekitar Kita: Putri Malu

Sewaktu kecil kita tentu sering bermain dengan tanaman putri malu. Tanaman liar berbunga cantik ini akan menutupkan daunnya bila terkena sentuhan. Sangat menyenangkan, namun hati-hati dengan duri tajamnya ya? Selain menarik, siapa sangka tanaman ini sangat kaya manfaat, terutama sebagai obat herbal. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa manfaat tanaman putri malu bagi kesehatan.

Meminum air rebusan dari 10gram daun putri malu dapat menyembuhkan batuk. Manfaat tanaman herbal disekitar kita yang didapat dari tanaman ini juga ampuh digunakan untuk menyembuhkan masalah pernafasan lainnya seperti pilek serta penyakit pernapasan atas. Bagi yang mengalami insomnia atau susah tidur, coba atasi dengan meminum rebusan daun putri malu di waktu malam hari sebelum tidur. Tanaman ini mengandung zat anti-depresan yang dapat membantu anda menjadi lebih santai dan dapat tidur dengan nyaman.

Hasil penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa putri malu bisa menghambat pertumbuhan bakteri periodontitis seperti Actinobacillus actinomycetemcomitans, Capnocytophaga spp., dan Treponema denticola. Batang tanamannya bisa digunakan untuk membersihkan gigi sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pada mulut, mengurangi plak, mengatasi gingivitis, dan memutihkan gigi.

Hasil penelitian lain membuktikan bahwa akar dari putri malu sangat baik sebagai manfaat tanaman herbal disekitar kita untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Tanaman ini dapat melancarkan saluran kemih hingga membantu meningkatkan kekuatan seksual pada pria bila anda rutin mengkonsumsi air rebusan daun putri malu ini. Sifat anti bakteri yang dikandung oleh tanaman putri malu mampu menghindarkan tubuh dari serangan bakteri dan kuman.

Manfaat Tanaman Herbal disekitar Kita: Pepaya

Buah pepaya sangat mudah didapatkan karena selalu ada di sepanjang musim. Rasanya yang manis dengan tekstur daging yang lembut sangat disukai oleh semua usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Mengkonsumsi buah papaya sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Akan tetapi terdapat manfaat lain dari buah ini yang perlu anda ketahui. Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah pepaya yang perlu anda ketahui.

Manfaat tanaman herbal disekitar kita dari buah pepaya bisa kita dapatka dari kandungan vitamin dan antioksidannya yang sangat tinggi. Pepaya mengandung likopen yang dapat menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh kita. Radikal bebas ini dapat meningkatkan stress, dan memicu penyakit Alzheimer. Pepaya sangat berguna untuk menangkal dan mencegah penyakit ini. Likopen dan vitamin C yang terkandung di dalam buah pepaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara memberikan perlindungan terhadap kolesterol baik di dalam tubuh.

Pepaya juga sangat baik untuk kecantikan. Kandungan vitamin C dan likopen di dalam buah yang sangat tinggi membantu melindungi kulit dari kerusakan seperti kerutan dini, kulit kendur, dan flek hitam pada wajah. Gunakan buah pepaya yang sudah dilembutkan sebagai masker, campur dengan susu atau madu. Aplikasikan secara rutin ke wajah yang sudah dibersihkan. Maka anda mendapatkan kulit wajah yang cerah, segar, dan terasa kembali kenyal. Untuk mendapatkan rambut yang kuat, sehat, dan lembut, anda dapat mengaplikasikan pepaya yang telah dilembutkan ke atas kulit kepala.

Manfaat Tanaman Herbal disekitar Kita: Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh memiliki rasa yang sangat asam. Masyarakat biasanya menggunakan buah ini untuk campuran masakan seperti sayur asam, botok, olahan ikan, dan lain-lain. Masakan akan memiliki cita rasa yang segar dan sangat nikmat. Akan tetapi tidak banyak yang tahu bahwa buah belimbing wuluh juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kita ketahui.

Perhatikan artikel lain disini

Belimbing wuluh dapat memberi manfaat tanaman herbal disekitar kita dengan membantu mengatasi reaksi alergi. Alergi adalah kondisi hipersensitifitas yang terjadi pada tubuh akibat adanya rangsangan tertentu. Meminum segelas infused water berisikan belimbing wuluh setiap hari dapat membantu meringankan gejala alergi. Buah belimbing wuluh juga dapat mengatasi masalah flu dan demam. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan virus penyebab infeksi.

Mengukus bunga belimbing wuluh dengan gula batu dan meminumkan cairannya dipercaya dapat membantu meredakan batuk pada anak. Belimbing wuluh juga dapat membantu mengurangi berat badan. Buah ini mengandung agen anti-hiperlipidemik yang dapat mencegah penambahan berat badan. Belimbing wuluh dapat mengurangi kadar gula di dalam darah serta menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus atau berupa air rebusan buah belimbing wuluh.

Demikian beberapa manfaat tanaman herbal disekitar kita yang bisa dijadikan alternatif pengobatan alami. Perlu diingat untuk pengbobatan penyakit yang cukup berat sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dulu dengam dokter.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *