10 Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Kita (Khusus Menurunkan Tekanan Darah Tinggi)

10 Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Kita (Khusus Menurunkan Tekanan Darah Tinggi). Banyak orang dewasa di seluruh dunia memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi. Terlebih dengan perubahan normal baru akhir-akhir ini, maka bisa dipastikan hampir setengah dari masyarakat Indonesia akan memiliki tekanan darah tinggi. Sementara para ahli merekomendasikan untuk mengatasi kondisi ini dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan. Namun Anda bisa menggunakan beberapa tanaman herbal untuk mengatasinya.

 

manfaat tanaman herbal di sekitar kita
manfaat tanaman herbal di sekitar kita

Jenis Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Hipertensi

Kemangi

Kemangi adalah tanaman lezat yang cocok untuk berbagai makanan, dan ini juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut studi yang dilakukan pada hewan pengerat, ekstrak kemangi terbukti menurunkan tekanan darah, meski hanya sebentar. Eugenol kimiawi, yang ditemukan dalam kemangi, dapat memblokir zat tertentu yang mengencangkan pembuluh darah. Dengan begitu ini bisa menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, ini masih perlu banyak studi. Sementara itu, Anda bisa menambahkan kemangi segar ke dalam berbagai makanan seperti sup, salad penyetan, dan sebagainya.

Kayu manis

Anda juga bisa mendapatkan manfaat tanaman herbal di sekitar kita, seperti pada kayu manis. Ini adalah bumbu lezat lainnya yang membutuhkan sedikit usaha untuk dimasukkan ke dalam makanan harian. Kayu manis dipercaya dapat menurunkan tekanan darah melalui studi pada hewan pengerat. Dalam studi itu, menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat menurunkan serangan hipertensi mendadak atau yang berkepanjangan. Sayangnya ekstrak itu diberikan secara intravena. Jadi belum jelas, apakah kayu manis yang dikonsumsi secara oral juga efektif.

Kapulaga

Kapulaga adalah salah satu bumbu masak yang berasal dari India. Ini dipercaya bisa menurunkan tekanan darah melalui studi pada 20 orang perserta. Dalam studi tersebut, peserta yang mengonsumsi 1,5 gram bubuk kapulaga dua kali sehari selama 12 minggu, cenderung mengalami penurunan hipertensi secara signifikan. Jadi cobalah untuk memasukkan bumbu khas Asia Selatan ini ke dalam masakan sup, semur, atau makanan yang dipanggang.

Biji rami

Manfaat tanaman herbal di sekitar kita juga ada pada biji rami. Biji tanaman ini umumnya kaya akan asam lemak omega-3, dan telah teruji dalam beberapa penelitian untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsi 30-50 gram biji utuh atau digiling per hari selama lebih dari 12 minggu. Ini dapat melindungi dari penyakit kardiovaskular aterosklerotik dengan bertindak sebagai antioksidan, mengurangi kolesterol serum, dan meningkatkan toleransi glukosa.

Bawang putih

Bumbu berbau tajam ini tidak hanya memberi rasa pada makanan dan merusak napas Anda. Namun ini juga memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Bawang putih dapat membantu meningkatkan zat dalam tubuh (oksida nitrat), yang dapat menyebabkan pembuluh darah Anda rileks dan melebar. Dengan demikian, ini memungkinkan aliran darah Anda lebih leluasa dan mengurangi tekanan darah. Anda bisa menambahkan bawang putih segar ke sejumlah makanan favorit. Namun jika rasanya terlalu kuat, maka Anda bisa memanggangnya terlebih dahulu.

Jahe

Sudah bukan rahasia lagi jika jahe juga memiliki manfaat tanaman herbal di sekitar kita. Ini bisa membantu mengontrol tekanan darah, dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah. Sayangnya, studi ini masih dilakukan pada hewan. Sementara studi pada manusia sejauh ini belum meyakinkan. Akan tetapi, Anda tetap bisa memiliki manfaat kesehatan lainnya dari jahe dengan cara menambahkannya pada makanan. Anda bisa menambahkannya baik ke dalam makanan atau minuman.

Hawthorn

Hawthorn adalah sejenis berry yang dihasilkan dari pohon atau semak Crataegus. Tanaman herbal ini banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengatasi hipertensi. Pada hewan pengerat, ekstrak hawthorn tampaknya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung. Ini termasuk membantu menurunkan tekanan darah, mencegah pengerasan arteri, dan menurunkan kolesterol. Sementara itu, Anda bisa mengonsumsi hawthorn ini sebagai pil (suplemen), ekstrak cair, atau teh.

Biji seledri

Biji seledri adalah ramuan yang digunakan untuk membumbui sup, semur, dan hidangan gurih lainnya. Namun ini juga memiliki manfaat tanaman herbal di sekitar kita. Seledri telah lama digunakan untuk mengobati hipertensi di China. Studi pada hewan pengerat telah menunjukkan bahwa seledri mungkin efektif. Anda bisa menggunakan bijinya, atau Anda bisa membuat jus dari seluruh tanamannya. Seledri juga dapat bersifat diuretik, yang dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap tekanan darah. Akan tetapi ini butuh penelitian lebih lanjut pada manusia.

Lavender

Aroma lavender yang khas seperti parfum bukanlah satu-satunya aspek bermanfaat dari tanaman ini. Ada banyak manfaat kesehatan lainnya dari ekstrak lavender. Ini telah terbukti menurunkan detak jantung dan tekanan darah pada hewan pengerat. Anda mungkin tidak pernah mengira untuk menggunakan lavender sebagai ramuan obat. Namun Anda bisa menggunakan bunganya dalam makanan yang dipanggang. Sementara daunnya dapat digunakan dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan rosemary.

Cakar kucing

Cakar kucing (Uncaria tomentosa) adalah obat herbal yang digunakan dalam praktik tradisional Tiongkok untuk mengobati hipertensi dan masalah kesehatan neurologis. Studi pada hewan pengerat menunjukkan jika ini bisa mengurangi tekanan darah dengan bertindak pada saluran kalsium di sel Anda. Manfaat tanaman herbal di sekitar kita, terutama dari ekstrak cakar kucing ini bisa Anda dapatkan dalam bentuk suplemen.

Seberapa Efektif Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Kita Dalam Mengatasi Hipertensi?

Tekanan darah tinggi atau hipertensi umumnya dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Beberapa di antaranya termasuk: genetika, tekanan hidup, diet, merokok, dan kurang olahraga. Sebagian besar kondisi hipertensi biasanya tanpa disertai gejala, sehingga sering dikenal sebagai “silent killer“. Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksakan tekanan darah Anda secara teratur.

Perhatikan artikel lain disini

Sementara itu, tekanan darah tinggi juga dapat meningkatkan beberapa masalah kesehatan lainnya. Contohnya seperti: serangan jantung, stroke, diabetes, gagal jantung, penyakit ginjal, kehilangan penglihatan, sindrom metabolik, dan sebagainya. Untuk itu, memiliki sedikit pengetahuan tentang manfaat tanaman herbal di sekitar kita akan sangat membantu dalam kondisi seperti ini.

Penting diingat bahwa tidak ada cukup bukti yang merekomendasikan perawatan alternatif dengan mengkonsumsi suplemen atau tanaman herbal. Bahkan penelitian tentang khasiat tumbuhan untuk mengatasi hipertensi ini sangat jarang dilakukan pada manusia. Untuk itulah, para peneliti masih kesulitan untuk menentukan efek samping, dosis, atau efek jangka panjang dari tanaman herbal ini. Jadi sebelum Anda menggunakannya, akan lebih baik untuk membicarakannya dengan dokter Anda.

Kesimpulan

Beberapa manfaat tanaman herbal di sekitar kita umumnya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Akan tetapi konsumsi berlebihan dari tanaman herbal mungkin bisa mengganggu pengobatan lain atau menghasilkan efek samping yang buruk. Untuk itu, sebelum Anda menggunakan tanaman herbal sebagai pengobatan medis, alangkah baiknya jika Anda meminta rekomendasi dokter terlebih dahulu.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *