Obati Penyakit Jadi Salah Satu Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Kita Berikut 5 contohnya

Obati Penyakit Jadi Salah Satu Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Kita Berikut 5 contohnya. Tanaman herbal atau yang  kita sebut dengan tanaman obat sering kita jumpai di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai keanekaragaman hayati. Sejak dahulu kala Indonesia menjadi salah satu negara penghasil rempah-rempah dari beragam jenis tanaman. Oleh masyarakat tanaman herbal ini dipercaya bisa sembuhkan berbagai jenis penyakit.

Tanaman herbal adalah jenis tumbuhan  yang di dalamnya diketahui mengandung zat aktif yang mempunyai manfaat dapat mencegah dan menyembuhkan suatu penyakit tertentu. Tanaman ini merupakan tanaman yang mudah di tanam dan tidak memerlukan perawatan khusus yang merepotkan. Selain itu dalam budidaya tanaman herbal ini tidak dibutuhkan lahan yang luas, sehingga cocok dibudidayakan di semua daerah baik daerah perkotaan maupun pedesaan.

manfaat tanaman herbal di sekitar kita
manfaat tanaman herbal di sekitar kita

Macam Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Kita

Selain dipercaya dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit, tanaman herbal juga dipercaya untuk perawatan kecantikan dan berbagai manfaat lainnya. Banyaknya manfaat tanaman herbal di sekitar kita ini, membuat beberapa orang menjadikannya sebagai peluang usaha di bidang obat-obatan herbal. Ada juga beberapa orang yang secara individual dengan sengaja menanamnya untuk kepentingan individu mereka dan keluarga sebagai tanaman obat keluarga (TOGA).

5 Contoh Jenis dan Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Kita

  • Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

Tamulawak (Curcuma Xanthorrhiza) adalah jenis tanaman herbal yang sangat dikenal di Indonesia. Temulawak termasuk golongan tanaman suku temu-temuan dimana batang dan akarnya menyatu di dalam tanah. Tanaman ini umumnya digunakan sebagai bahan olahan jamu tradisional. Selain itu temulawak juga digunakan sebagai bumbu dapur dan dapat diolah sebagai tambahan penyedap rasa makanan.

Manfaat tanaman herbal di sekitar kita seperti temulawak sangat banyak. Temulawak bisa digunakan untuk memperlancar proses pencernaan. Kandungan kurkumin dan serat tinggi pada temulawak sangat cocok untuk Anda yang memiliki masalah kurangnya nafsu makan dan susah  buang air besar. Temulawak juga dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

Adapun berbagai jenis penyakit lain yang bisa dicegah atau diobati dengan temulawak seperti mencegah terbentuknya sel kanker di badan, mengatasi peradangan, meredakan radang sendi, menurunkan kolesterol, dan mengatasi masuk angin. Selain itu ditemukan juga bahwa temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri dan antijamur jugadapat membantu mengeluarkan toksin di dalam tubuh.

Selain bermanfaat untuk mencegah dan megobati penyakit manfaat tanaman herbal di sekitar kita seperti temulawak juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Karena mengandung antibakteri maka temulawak bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Kandungan minyak atsiri yang tinggi pada temulawak mampu  menghalau penuaan dini pada wajah.sari pada temulawak bisa Anda gunakan sebagai masker yang melembabkan wajah.

  • Daun Katuk (Sauropus Adrugynus)

Daun yang tergolong jenis sayuran ini memiliki nama latin Sauropus Adrogynus. Di bidang kesehatan ibu dan bayi daun katuk memiliki manfaat yang cukup popular yakni untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu) bagi ibu menyusui. Seperti halnya sayuran lain daun katuk juga merupakan sayuran yang kaya akan serat, lema, protein, kalsium, zat besi, fosfor dan vitamin khususnya vitamin A, B dan C.

Daun katuk  dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi anemia, menjaga kesehatan tulang, mengobati luka, mengobati influenza, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan mata, mengurangi tekanan darah tinggi, memelihara kecantikan kulit, dan manfaat tanaman herbal di sekitar kita seperti daun katuk ini juga bisa untuk menjaga kualitas sperma dan meningkatkan vitalitas pada pria.

Akan tetapi selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh daun katuk juga memiliki  efek samping yang perlu Anda ketahui jika dikonsumsi secara berlebih. Kandungan senyawa papaverina  yang ada pada daun katuk bisa menyebabkan keracunan bahkan kematian jika Anda mengonsumsinya secara berlebih. Jenis sayuran daun katuk ini bisa berdampak buruk pada paru-paru yang dapat mengakibatkan bronchiolitis kronis.

  • Daun Sirih (Piper Betle)

Daun sirih (Piper Betle) adalah merupakan tanaman herbal bagus untuk tubuh yang mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin C, tiamin, riboflavin, dan karotin. Adapun manfaat tanaman herbal di sekitar kita seperti daun sirih sendiri yaitu untuk mengobati penyakit diabetes. Komponen yang ada di dalamnya dipercaya mampu mengurangi kadar gula dalam darah. Dengan mengunyah daun sirih diyakini dapat menjaga kebersihan mulut dan bahkan dapat menurunkan resiko kanker mulut.

  • Daun Seledri (Apium Graviolens)

Seperti yang kita ketahui daun seledri (Apium Graviolens) pada umumnya dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bumbu atau penyedap rasa pada makanan. Sop adalah salah satu macam olahan makanan berbahan campur seledri yang sering kita temui. Beberapa orang juga sering mengolah seledri ini sebagai jus. Ternyata banyak manfaat lain dari daun seledri ini yang belum diketahui oleh sebagian orang.

Manfaat tanaman herbal di sekitar kita seperti daun seledri ini antara lain sebagai antiinflamasi. Daun seledri (Apium Graviolens) mengandung zat polysaccharides dan antioksidan yang bermanfaat menurunkan resiko kanker, penyakit jantung dan arthtritis. Kandungan suplemen pada seledri dipercaya dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Seledri juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah adanya tekanan darah tinggi pada seseorang.

  • Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya (Aloe Vera) merupakan jenis tanaman herbal yang sudah sangat popular. Tanaman ini banyak ditanam orang sebagai tanaman hias di depan rumah. Kandungan gel yang ada pada daging lidah buaya ini dipercaya banyak mengandung berbagai manfaat untuk perawatan kecantikan. Untuk itu tidak heran banyak produk kecantikan terkenal di seluruh dunia yang sebagian komposisinya berasal dari lidah buaya (Aloe Vera) ini.

Beberapa manfaat tanaman herbal di sekitar kita seperti lidah buaya (Aloe Vera) ini yakni untuk melembabkan kulit.  Gel lidah buaya sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit dari kering, normal maupun berminyak. Kandungan vitamin C, E dan beta karotin yang ada pada lidah buaya  dipercaya mampu mencegah penuaan dini pada wajah. Dengan penggunaan yang rutin dari gel lidah buaya ini Anda akan tampak lebih muda dari usia Anda.

Perhatikan artikel lain disini

Gel pada lidah buaya (Aloe Vera) memiliki khasiat sebagai antimikroba yang dapat membantu melindungi kulit dari bakteri penyebab infeksi. Lidah buaya juga efektif untuk mengurangi resiko peradangan dan kemerahan pada kulit karena mengandung zat antimikroba. Dengan penggunaan kosmestik yang berbahan dasar lidah buaya secara rutin juga dapat meningkatakan kolagen sehingga kulit Anda terasa lebih kenyal dan sehat.

Nah, diatas adalah beberapa contoh dan manfaat tanaman herbal di sekitar kita yang perlu Anda ketahui. Anda bisa memanfaatkan lahan kosong Anda untuk menanam tanaman herbal tersebut dan mengambil manfaatnya. Untuk Anda yang tidak mempunyai lahan kosong, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menanamnya di pot seperti ketika Anda menanam bunga. Mudah dan nggak repot kan, selamat mencoba ya.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *