Inilah 6 Manfaat Tanaman Herbal dan Cara Pengolahannya untuk Dikonsumsi

Inilah 6 Manfaat Tanaman Herbal dan Cara Pengolahannya untuk Dikonsumsi –  Sebuah rumah akan tampak asri ketika ditanami banyak tumbuhan, baik itu buah-buahan, tanaman berdaun, bunga ataupun tanaman obat untuk keluarga. Menanam tanaman obat keluarga ini berguna sebagai obat alami atau herbal yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Namun untuk mendapatkan manafaat dan khasiat yang optimal, berbagai tanaman herbal haruslah diolah dengan cara tepat.  Berikut ini ada berbagai jenis tanaman obat keluarga untuk obat herbal beserta cara yang tepat dalam pengolahannya.

Manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya
Manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya

Manfaat Tanaman Herbal dan Cara Pengolahannya

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh ini memiliki rasa asam, sehingga sering dijadikan bumbu makanan atau untuk bahan pelengkap rujak. Selain itu, belimbing wuluh juga dikenal ampuh untuk dijadikan sebagai tanaman herbal pengobatan. Manfaat dari belimbing wuluh ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yaitu memberi sistem kekebalan tubuh yang kuat, mengatasi sakit batuk, sakit gigi, diabetes, sariawan, dan juga penyakit kulit seperti panu, dan jerawat.

Cara pengolahan

  • Siapkan bagian buah, bunga, serta daun belimbing wuluh, lalu cuci hingga bersih.
  • Selanjutnya, rebus air hingga mendidih dan masukkan bahan tersebut ke dalam rebusan air selama kurang lebih setengah jam lamanya.
  • Setelah itu, saringlah air rebusan dan tunggu biar agak dingin.
  • Atau anda juga bisa mengonsumsi buah dari belimbing wuluh ini secara langsung dengan cara membersihkan dan langsung mengonsumsinya.

Daun dewa

Daun dewa sudah banyak dikenali oleh banyak orang sebagai tanaman obat herbal, lantaran manfaatnya yang begitu banyak. Bahkan sekarang ini, tanaman obat keluarga tersedia dalam bentuk kapsul atau serbuk yang bisa didapatkan di toko obat. Ada banyak manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya dalam meredakan rasa nyeri, peradangan, melancarkan aliran darah yang tersumbat, menurunkan tekanan darah tinggi, dan membantu detoksifikasi. Selain itu, tanaman daun dewa juga efektif dalam mengatasi gangguan kesehatan yang dialami oleh penderita kencing manis atau diabetes.

Cara pengolahan

  • Siapkan 5 helai daun dewa dan cuci daun hingga bersih.
  • Siapkan air panas yang sudah direbus sebelumnya hingga mendidih, lalu tuang ke dalam gelas.
  • Masukkan 5 helai daun dewa yang sudah disiapkam ke dalam gelas yang berisi air panas, lalu seduh hingga air seduhan berubah warna.
  • Setelah itu, ramuan daun dewa bisa dikonsumsi sebagai minuman sehat. Anda bisa meminumnya 1 kali setiap harinya.

Seledri

Seledri juga merupakan TOGA atau tanaman obat keluarga yang memiliki manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya pun cukup mudah. Seledri bisa dipakai untuk mengobati penyakit, sekaligus sebagai bumbu masakan. Bahkan ada pula yang memanfaatkannya sebagai asupan diet, lantaran kandungan kalori di dalamnya yang cukup rendah yaitu sekitar 16 kalori per 100  gram. Ditambah lagi dengan banyaknya kandungan lain seperti zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, kalium, dan mineral yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, menenangkan syaraf, meredakan stres, mengatasi masalah perut dan sembelit, serta menurunkan kolesterol.

Cara pengolahan

  • Anda perlu mempersiapkam 2 batang seledri besar atau 4 batang seledri kecil, 1 sdm madu dan lemon, dan air dingin secukupnya.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender, lalu haluskan hingga semua bahan tercampur dan terasa lembut.
  • Setelah tidak ada bahan yang kasar, anda bisa menuangkan bahan yang sudah diblender ke dalam gelas.
  • Selanjutnya jus seledri siap untuk dikonsumsi. Bila perlu, Anda bisa mengonsumsinya sehari sekali setiap pagi untuk mendetoksifikasi tubuh.

Mengkudu

Buah yang satu ini cukup jarang disukai, lantaran bau yang kurang sedap dan rasanya yang begitu tajam. Padahal dibalik rasa dan aromanya tersebut, mengkudu memiliki begitu banyak manfaat yang sering kali diabaikan. Ada banyak gangguan penyakit yang bisa diobati dengan mengonsumsi mengkudu atau ekstrak buahnya, seperti mencegah infeksi bakteri jahat, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah tekanan darah tinggi. Manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang lain yaitu melegakan perut kembung, menyembuhkan radang pada lambung dan luka pada usus halus, sebagai anti kanker, serta mengobati sakit kuning.

Cara pengolahan

  • Ambil buah mengkudu secukupnya, lalu cuci hingga bersih.
  • Ambil air berapa gelas dan rebus, kemudian masukkan buah mengkudu yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Tunggu hingga air rebusan mulai hangat dan saring untuk memisahkan airnya saja.
  • Setelah dingin, Anda bisa mengonsumsi ramuan mengkudu ini secara rutin sebagai minuman menyehatkan.

Jambu Biji

Jambu biji termasuk sebagai tanaman buah yang mudah berkembang di tiap rumah Indonesia, sekaligus dijadikan sebagai tanaman obat herbal karena mengandung antioksidan alami. Tanaman ini mengandung tinggi vitamin, serat, kalium, dan berbagai nutrisi lain yang penting bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang didapat jika mengkonsumsi jambu biji adalah mnencegah kerusakan organ akibat radikal bebas, melindungi organ jantung, membantu menurunkan kolesterol, serta menaikkan kolesterol HDL yang baik. Jambu biji bisa dikonsumsi bagian buah dan daunnya untuk mendapatkan manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang tepat.

Cara pengolahan

  • Buah jambu biji ini bisa anda konsumsi secara langsung setelah matang dan rasanya tidak sepat. Atau Anda juga bisa mengonsumsi buah jambu biji sebagai minuman segar dan menyehatkan dalam bentuk jus.
  • Siapkan beberapa potong buah jambu biji yang sudah dicuci bersih, serta siapkan air matang secukupnya. Masukkan air dan potongan jambu biji ke dalam blender, lalu blender hingga halus.
  • Saring air agar terpisah bagian bijinya.

Baca artikel lain disini

Kunyit

Rempah kunyit atau biasa disebut turmeric ini kerap dijadikan pewarna alami untuk nasi tumpeng atau nasi kuning. Rasa dan aroma kunyit di dalam makanan begitu khas, serta mengandung senyawa kurkumin di dalamnya yang memberikan banyak khasiat bagi kesehatan. Manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang tepat akan berkhasiat untuk menghilangkan bau badan, membunuh virus, menurunkan tekanan darah tinggi, menyembuhkan radang gusi, serta membantu mengembalikan siklus menstruasi. Ada pula khasiat untuk mengurangi rasa gatal dan meredakan demam akibat peradangan.

Cara pengolahan

  • Ambil beberapa ruas rempah kunyit, lalu bersihkan dan kupas kulitnya. Kunyit hingga halus lalu rebus pada berapa gelas air hingga mendidih.
  • Setelah dingin Anda bisa menyaring air rebusan kunyit tersebut.
  • Lalu tambahkan lemon atau perasan jeruk nipis untuk menambah khasiat dan kesegaran. Anda juga bisa menambahkan madu sebagai pelengkap rasa.

Tidak bisa dipungkiri, ada begitu banyak manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang relatif mudah untuk dilakukan sendiri. Bahkan selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada banyak tanaman herbal lain yang juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Namun sebaiknya berhati-hatilah dalam mengkonsumsi tanaman obat herbal atau obat herbal, terlebih jika anda menderita riwayat penyakit tertentu. Akan lebih baik jika anda mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter, lalu menanyakan tanaman herbal yang tepat untuk dikonsumsi.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *