5 Daftar Berbagai TOGA beserta Manfaat Tanaman Herbal dan Cara Pengolahannya

5 Daftar Berbagai TOGA beserta Manfaat Tanaman Herbal dan Cara Pengolahannya – Sudah sejak jaman dulu dan turun temurun, tanaman herbal sering kali dijadikan sebagai obat herbal alami khususnya di Indonesia. Tanaman herbal ini juga dikenal dengan nama Tanaman obat keluarga (TOGA) atau apotik hidup yang bisa dengan mudah ditanam dan ditemukan di lingkungan sekitar. Tujuan TOGA ini adalah untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan herbal keluarga, serta meminimalisir penggunaan obat-obatan kimia untuk penyakit ringan. Andapun bisa menanam berbagai jenis TOGA sesuai khasiat yang dimiliki, serta cara pengolahannya secara tepat.

manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya
manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya

Manfaat Tanaman Herbal dan Cara Pengolahannya

Kencur

Kencur memiliki manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya pun haruslah tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal. Untuk ramuan jamu, kencur biasa disajikan dalam bentuk minuman dengan campuran air beras. Rasa minuman ini sangatlah nikmat dan menghangatkan, sekaligus memberikan banyak khasiat bagi kesehatan. Di antaranya seperti mengatasi sakit kepala, masuk angin, batuk dan flu, sakit perut karena mulas dan diare, hingga keseleo.

Cara pengolahan

  • Untuk mengatasi keseleo ada bisa mengambil beberapa ruas kencur yang sudah dibersihkan, lalu tumbuk hingga halus.
  • Sesudahnya, Anda bisa menggunakan tumbuhan kunyit tersebut untuk dijadikan bahan kompres pada bagian yang keseleo.
  • Untuk dijadikan minuman, Anda bisa mengambil beberapa ruas kunyit yang sudah dibersihkan dan dikupas.
  • Selanjutnya, blender atau tumbuk kunyit hingga halus.
  • Anda bisa mengambil ke berapa gelas air, lalu masukkan tumpukan tersebut pada air dan rebus hingga mendidih.
  • Setelah dingin Anda bisa menyaring air rebusan tersebut dan menyajikannya untuk dijadikan minuman sehat.

Daun Dewa

Sesuai dengan namanya daun dewa memiliki ragam manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya mulai dari daun hingga akar yang bisa dikonsumsi dalam bentuk jamu, ramuan, atau pun lalapan. Di dalam daun dewa ini terdapat kandungan minyak atsiri, flavonoid, dan saponin dalam jumlah cukup tinggi untuk mengatasi berbagai kondisi penyakit. Ada banyak manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang tepat yaitu mampu melancarkan aliran darah, menghilangkan racun dalam tubuh, menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Selain itu, daun dewa juga daat dijadikan obat herbal untuk pengobatan diabetes atau kencing manis, pereda nyeri, memar, serta luka akibat gigitan binatang.

Cara pengolahan

  • Ambil 7 lembar daun dewa yang sudah dicuci hingga bersih.
  • Rebus ke 7 lembar daun tersebut pada 3 gelas air sampai mendidih.
  • Biarkan agak lama dan menyusut, hingga tersisa kira-kira 2 gelas saja.
  • Tunggu hingga dingin, lalu konsumsi secara rutin setiap pagi dan sore hari sesudah mengonsumsi makanan.

Sirih

Sirih banyak digunakan oleh para orang yang sudah lanjut usia dikunyah atau dengan nama lain nyirih. Kebiasaan nyirih ini ternyata dapat memperkuat enamel gigi dan membunuh bakteri yang aktif dalam mulut, serta menguatkan gigi. Manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yaitu dapat mengatasi hidung yang mimisan, sakit gigi, gusi bengkak, bisul, bau badan, bau ketiak, menghilangkan penyakit kulit, dan lain sebagainya. Bahkan sirih juga mampu melancarkan hadi yang tidak teratur, mengatasi batuk, sariawan, mempercepat proses penyembuhan luka bakar, mengobati demam berdarah, dan juga sebagai obat kumur alami.

Cara pengolahan

Untuk mengatasi bau badan, anda bisa mengambil 5 lembar daun sirih yang sudah dibersihkan. Rebus menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan mulai menyusut, lalu sisakan sekitar 2 gelas air rebusan. Tunggu hingga dingin, lalu Anda bisa mengonsumsinya secara rutin 1 kali setiap hari. Untuk mempercepat proses penyembuhan akibat penyakit kulit, anda bisa mengambil beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Tumbuk daun sirih hingga halus, aplikasikan dengan cara ditempel pada bagian yang terkena penyakit kulit. Tunggu hingga kering, lalu cuci bagian kulit menggunakan air bersih.

Brotawali

Brotowali memiliki manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang sebenarnya cukup mudah, namun sering diabaikan. Lantaran rasanya yang begitu luar biasa pahit, sehingga jarang dilirik. Padahal dibaliknya, rasa pahit ini memiliki banyak khasiat dalam mencegah dan mengobati banyak penyakit. Khasiat tersebut antara lain mempercepat penyembuhan luka, mengatasi penyakit kulit, sebagai penurun demam, mengobati kencing manis, mengurangi nyeri rematik, dan lain sebagainya.

Cara pengolahan

  • Persiapkan bahan yang akan digunakan seperti 6 cm brotawali, 4 lembar daun kumis kucing, 6 lembar daun sambiloto, lalu bersihkan seluruh bahan-bahan tersebut.
  • Ambil 4 gelas air untuk direbus dan masukkan bahan-bahan yang sudah disiapkan di atas.
  • Biarkan air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air saja, tunggu hingga dingin sebelum dikonsumsi.
  • Hentikan mengkonsumsi ramuan brotowali jika keluhan dan gejala penyakit sudah menurun sesuai yang diharapkan.

Daun Kemangi

Daun kemangi menjadi salah satu bahan lalapan yang biasa disajikan bersama dengan sambal. Namun beberapa di antaranya justru tidak menyukai kemangi lantaran baunya yang cenderung wangi. Padahal kemangi memiliki banyak manfaat yang akan rugi jika anda sisihkan pada piring makanan. Kemangi memiliki manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang tepat, sehingga mampu menetralisir racun yang mungkin saja terbawa pada makanan. Khasiat lain dari konsumsi kemangi yaitu untuk memperkuat sistem imunitas, menambah stamina pria, mencegah kemandulan, serta sebagai antiseptik alami.

Mengonsumsinya secara rutin juga mampu memperbaiki fungsi hati, mencegah munculnya bau badan berlebih, menurunkan kadar gula darah, mencegah keropos tulang, memperlancar ASI serta membantu menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Cara konsumsi kemangi agar mendapatkan khasiat yang optimal adalah dengan mengkonsumsinya sebagai lalapan tanpa dimasak terlebih dahulu. Atau jika ingin memasukkannya pada masakan, anda bisa merebusnya sebentar untuk memberikan aroma yang lebih nikmat.

Baca artikel lain disini

Kunyit

Bahan rempah kunyit sering kali digunakan sebagai bumbu dapur atau bumbu untuk membuat masakan, serta menambah warna pada masakan. Ada banyak manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang tepat, antara lain seperti anti mikroba, mencegah kanker, mengurangi gejala maag, menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah, dan sebagai anti oksidan. Selain itu, kunyit juga dapat mengatasi rasa mual dan menghilangkan gatal gatal pada kulit karena anti radangnya.

Cara pengolahan

  • Ambillah beberapa ruas kunyit, lalu cuci hingga bersih dan kupas bagian kulitnya.
  • Parut atau blender ruas kunyit tersebut hingga halus.
  • Siapkan beberapa gelas air untuk merebus kunyit yang sudah dihaluskan.
  • Biarkan air hingga mendidih, tunggu hingga dingin lalu saring.
  • Air rebusan kunyit ini sudah bisa untuk anda konsumsi. Untuk penambah rasa agar lebih segar dan manis, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon dengan beberapa sendok madu.

Mengonsumsi tanaman herbal tidak hanya dijadikan sebagai pengobatan saja, tetapi juga minuman kesehatan untuk menambah imunitas tubuh. Namun yang terpenting, hindari untuk mengonsumsi obat-obatan herbal agar tidak dikonsumsi berbarengan dengan obat-obatan kimia. Perhatikan pula kondisi kesehatan dengan manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya dengan tepat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *