Penting Untuk Diketahui 8 Jenis dan Manfaat Tanaman Herbal dalam Dunia Kesehatan

Penting Untuk Diketahui 8 Jenis danManfaat Tanaman Herbal dalam Dunia Kesehatan – Masih sedikit sekali masyarakat yang perhatian dengan keberadaan tanaman herbal yang ada di lingkungan sekitar. Padahal Indonesia sebagai negara subur kaya sekali akan berbagai tanaman herbal atau tanaman obat yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Hanya segelintir orang saja yang peduli dan setia mengkonsumsi tanaman herbal untuk kesehatan atau mengobati penyakit tertentu.

Apa Itu Tanaman Herbal

Sesuai dengan namanya, tanaman herbal adalah tanaman yang dapat digunakan atau bermanfaat sebagai obat untuk penyakit tertentu. Bagian tanaman bisa dimanfaatkan seluruh bagian atau hanya bagian tertentu saja. misalnya daun, akar, batang, rimpang atau buahnya. Manfaat tanaman herbal sangat banyak sekali. Mengkonsumsi tanaman herbal telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Saat ini hal tersebut happening kembali dengan adanya gaya hidup back to nature. Orang-orang mulai beralih menggunakan bahan alami untuk menghindari efek samping dari obat kimia yang berbahaya untuk jangka panjang.

Manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan
Manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan

Manfaat Tanaman Herbal Bagi Kesehatan

Tiap jenis tanaman herbal biasanya mempunyai manfaat yang berbeda-beda dalam mengobati suatu jenis penyakit tertentu. Manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan tersebut bisa diambil dari bagian batang, buah, akar hingga daun dari tanaman tersebut. Karena diambil dari berbagai bagian yang berbeda, keperluan untuk pengobatan dari tanaman tersebut pun berbeda. Ada yang digunakan untuk jamu, ada yang digunakan sebagai bahan utaman bahan baku obat, ada pula yang diekstrak untuk obat tertentu.

Tanaman herbal dalam dunia kesehatan memiliki berbagai efek seperti antioksidan, analgesik hingga antiradang. Oleh sebab itu, banyak orang Indonesia yang lebih suka memanfaatkan tanaman herbal untuk mengobati flu, pilek, demam, sakit kepala, sakit perut hingga gangguan insominia. Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan memang mendominasi, tapi manfaatnya juga banyak digunakan dalam pembuatan kosmetik, industri spa tradisional dan industri makanan serta minuman.

Jenis Tanaman Herbal yang Populer di Indonesia dan Mudah Ditanam Di Rumah

Berdasarkan catatan di Kementrian Pertanian Republik Indonesia, terdapat sekitar 15 tanaman herbal yang paling umum dibudidayakan serta sering dimanfaatkan sebagi bahan obat untuk kesehatan. Adapun jenisnya yaitu, Jahe, Lengkuas, Kencur, Kunyit, Lempuyang, Temulawak, Temuireng, Temukunci, Dlingo, Kapulaga, Mengkudu, Mahkota Dewa dan Kejibeling. Untuk mengetahui apa saja manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan tersebut, jangan lupa untuk membaca ulasannya di bawah ini hingga selesai;

Jahe

Jahe menjadi tanaman herbal yang cukup populer karena telah lama digunakan dan dikenal manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat tanaman herbal yang satu ini sering berkaitan dengan gangguan pencernaan, pusing, meringankan nyeri haid, mual muntah, pusing akibat vertigo, hingga meredakan nyeri sendi. Cara konsumsinya sering dijadikan minuman wedang atau campuran jamu dengan takaran tak lebih dari 5 gram. Berlebihan dalam mengkonsumsi jahe dapat meyebabkan perut kembung dan iritasi pada mulut.

Temulawak

Di Indonesia, Temulawak dikenal sebagai tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat bagi dunia kesehatan. Salah satu manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan yang paling terkenal adalah meningkatkan nafsu makan. Manfaat lain bisa ditemukan pada akar temulawak untuk mengatasai gangguan pencernaan, gangguan lambung serta perut kembung. Tak berbeda jauh dengan tanaman Jahe, cara konsumsi Temulawak bisa dijadikan sebagai minuman jamu atau diambil ekstraknya. Namun, konsumsi tanaman herbal ini tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada lambung.

Kunyit

Jenis lain dari tanaman herbal adalah kunyit. Tanaman ini tidak hanya bermanfaat untuk dunia kesehatan saja. Digunakan sebagai bumbu dapur, campuran jamu hingga bahan baku kosmetik. Zat kurkumin yang terkandung di dalamnya sangat baik sekali manfaatnya sebagai antioksidan, antiradang, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah kanker, menurunkan kolesterol hingga menurunkan kadar gula darah. Manfaat untuk kesehatan sangat banyak dimiliki oleh kunyit, tapi dalam konsumsinya tidak boleh berlebihan karena efek sampingnya tidak baik bagi kesehatan juga.

Daun Saga

Dikenal sebagai tanaman liar, nyatanya Daun Saga juga mempunyai banyak manfaat. Dapat dikategorikan sebagai tanaman herbal karena manfaat serta segudang kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. Misalnya, Vitamin A, Vitamin B, Protein, Vitamin C, Vitamin B6, Flavonoid, Alkaloid, Pentosan serta Kalsium Oksalat. Adapun manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan ini yang banyak dikenal adalah sebagai obat yang dapat membantu mengatasi demam, sakit tenggorokan, batuk, sakit perut, flu, malaria, gigitan serangga dan ular. Daun Saga pun dikenal dapat membantu merawat rambut,lho.

Kumis Kucing

Mungkin banyak yang sering mendapati tanaman satu ini di pekarangan rumah. Tak banyak yang menyangka jika tanaman kumis kucing memiliki manfaat yang sangat baik khususnya sebagai zat anti radang untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yaitu, mengobati rematik, melancarkan saluran kemih, asam urat, diabetes, gusi bengka, hipertensi hingga meringankan luka pada kulit. Manfaat dari kumis kucing banyak diambil dari bagian daunnya yang berkhasiat untuk sakit pinggang dan menyembuhkan masuk angin.

Daun Sirih

Daun Sirih telah dikenal sebagai tanaman herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sejak dahulu. Daun ini memiliki beberapa kandungan zat yang bagus untuk tubuh seperti Kalium, Vitamin A, Yodium, Vitamin B1, dan Vitamin B2. Disamping zat tersebut, Daun Sirih juga mengandung sejumlah zat kimiawi untuk mengobati berbagai macam penyakit. Contohnya adalah minyak sirih, campene, betelphenol, chavicol dan eugenol. Manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan dari Daun Sirih dapat pula ditemukan pada Antioksidan tannin yang terkandung di dalamnya yang berfungsi untuk menyembuhkan luka.

Lidah Buaya

Manfaat kesehatan ditemukan pula pada Lidah Buaya. Tanaman ini sangat familiar di kalanga masyarakat Indonesia karena mudah sekali ditemukan. Namun, tidak hanya untuk kesehatan saja, Lidah Buaya juga sering dimanfaatkan untuk dunia kecantikan dengan cara mengoleskannya ke kulit atau mengkomsumsinya. Banyak produk kecantikan sekarang yang memanfaatkan kandungan baik pada Lidah Buaya. Manfaat umum pada Lidah Buaya antara lain untuk menyembuhkan luka, menjaga kesehatan kulit, mengobati jerawat hingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Simak artikel lainnya disini

Kencur

Mempunyai nama latin Kaempferia Galanga, Kencur adalah tanaman herbal populer lainnya yang sangat dikenal di Indonesia. Kencur termasuk satu famili dengan Jahe yang kaya manfaat sebagai obat tradisional. Diantara banyak manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan adalah menambah nafsu makan, menambah stamina, obat flu, masuk angin, diare, batuk, radang lambung dan memperlancar haid. Untuk mendapatkan manfaat tersebut cukup dengan rutin mengkonsumi minuman yang mengandung perasan kencur yang dicampur dengan madu.

Ternyata tidak sulit mendapatkan manfaat tanaman herbal dalamĀ  dunia kesehatan di sekitar Kita. Banyaknya tanaman herbal atau rempah yang ada di Indonesia yang dapat dimanfaatkan baik untuk kesehatan atau kecantikan. Untuk mendapatkan manfaatnya dengan mudah, bisa dimulai dari budidaya tanaman herbal tersebut di pekarangan rumah. Tidak hanya mendapatkan manfaatnya yang kaya, pekarangan rumah juga akan jadi cantik, bukan?

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *