Manfaat Tanaman Herbal Dalam Dunia Kesehatan dan 8 jenisnya yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan dan 8 jenisnya yang perlu Anda ketahui. Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Sebagai negara tropis, berbagai jenis tanaman dapat tumbuh di tanah Indonesia. Sebagian tanaman yang tumbuh di Indonesia sering dimanfaatkan sebagai obat alami. Sejak dulu tanaman obat telah dibudidayakan oleh banyak rumah tangga keluarga Indonesia.

Berbagai bagian dari tanaman herbal bisa digunakan dan diolah menjadi obat, termasuk akar, umbi, daun, bunga dan batang. Hingga saat ini, tanaman herbal masih banyak dipilih sebagai obat, meskipun tidak dapat menggantikan obat-obatan medis yang sudah teruji secara klinis. Bahkan tanaman herbal juga banyak diolah menjadi obat-obatan langsung konsumsi yang diyakini tidak memiliki efek samping pada tubuh. Itulah salah satu alasan mengapa banyak orang memilih obat herbal, karena jauh dari efek samping. Ada banyak sekali manfaat dari tanaman-tanaman herbal yang perlu diketahui.

manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan
manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan

Jenis-Jenis Tanaman Herbal dan Manfaatnya

Apakah Anda sudah mengenal beragam manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan? Atau jangan-jangan sering mendengar namanya bahkan menggunakannya sebagai campuran bumbu masakan, namun tidak mengetahui manfaatnya bagi kesehatan. Ada banyak sekali tanaman yang tumbuh di Indonesia berguna bagi kesehatan. Diantaranya beberapa jenis tanaman di bawah ini. Anda bisa mencobanya sebagai obat alami.

Temulawak

Temulawak adalah salah satu tanaman herbal yang dipercaya mampu memberi manfaat bagi kesehatan. Tanaman satu ini dapat meningkatkan nafsu makan. Akar dan daunnya kerap dijadikan obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti perut kembung, gangguan pencernaan serta sindrom iritasi usus besar. Selain itu, tanaman yang dengan nama lain curcuma ini juga sering digunakan untuk penyembuhan penyakit lainnya. Diantaranya, sakit kuning, anti radang dan mengatasi pegal pada badan.

Jintan Hitam

Tanaman herbal ini digunakan Nabi Muhammad SAW sebagai obat pada zaman dahulu. Habbatusauda atau di Indonesia dikenal dengan nama jintan hitam ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Di antara manfaatnya, yaitu sebagai analgesik atau pereda nyeri, anti bakteri, maag, radang, menangkal gangguan imun, obat diabetes, kanker usus besar, anomali pada saluran pencernaan, asma dan alergi. Obat ini dijual di pasaran dengan berbentuk kapsul. Kapsul tersebut berisi butiran jintan hitam dan minyak dari jintan hitam tersebut. Anda harus mencoba manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan ini.

Kapulaga

Kapulaga merupakan tanaman rempah yang sering dijadikan bumbu masak. Ternyata, selain bisa dijadikan bumbu masak kapulaga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari buah, batang hingga akarnya bisa digunakan sebagai obat alami. Anda harus merasakan manfaat tanaman herbal dalam dunia kesahatan ini, karena manfaatnya untuk melancarkan keluarnya air seni sehingga dapat menjaga kesehatan ginjal. Sedangkan bijinya bermanfaat untuk mengatasi hipertensi, susah buang air besar dan diare serta gangguan pencernaan.

Lidah Buaya

Lidah buaya atau dengan nama lain aloe vera ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Aloe vera ini digemari perempuan karena ekstraknya mampu menjaga kelembapan kulit dan penghambat penuaan apabila diusapkan pada wajah. Selain sebagai pelembab wajah, aloe vera juga bisa digunakan sebagai pelembab dan penebal rambut. Sebagai kebutuhan medis atau obat, lidah buaya mampu membantu penyembuhan luka pada kulit secara cepat. Jika diminum, akan sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan bisa Anda dapatkan dalam lidah buaya.

Mengkudu

Siapa yang pernah mencoba tanaman buah satu ini? mengkudu memang rasa dan aromanya tidak enak. Tetapi manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan ini sangat luar biasa. Cukup banyak daftar jenis penyakit yang bisa diobati dengan buah mengkudu. Diantara penyakit yang mampu diatasi dengan buah ini, yaitu mencegah infeksi, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah tekanan darah tinggi, menyembuhkan radang pada lambung dan luka pada usus halus, melegakan perut kembung, anti kanker dan mengobati sakit kuning.

Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah yang biasa digunakan sebagai bahan masakan. Ternyata manfaat kayu manis tidak hanya sebagai penambah aroma dan cita rasa pada masakan, melainkan juga bisa digunakan sebagai obat. Banyak kandungan baik di dalam kayu manis yang bisa digunakan sebagai penyembuh beberapa jenis penyakit. Penyakit yang bisa diobati dengan kayu manis, yaitu meringankan perut kembung, mengurangi rasa nyeri sebab rematik, mengobati infeksi saluran pernapasan, mencegah sakit jantung, mengurangi peradangan sendi dan lainnya, dan mencegah kanker. Kayu manis memiliki manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan yang mengandung anti infeksi, anti inflamasi, anti oksidan, anti mokroba, zat besi, kalsium, dan mangan.

Daun Seledri

Daun seledri biasanya digunakan sebagai penambah aroma dan cita rasa masakan. Namun, Anda akan menemukan manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan pada daun seledri. Daun ini mampu mengobati bermacam penyakit. Diantara penyakit yang bisa diobati dengan daun seledri, yaitu rematik dan masalah sendi, menurunkan tekanan darah, diabetes, asma, dan mata kering. Daun ini bisa Anda tanam sendiri di halaman rumah Anda.

Pasak Bumi

Pasak bumi sering kali disebut-sebut pada iklan-iklan obat kuat. Pasak bumi adalah sebuah tanaman herbal, bukan ramuan khusus. Nama lain dari tanaman obat ini yaitu tongkat ali. Pasak bumi atau tongkat ali memiliki beragam manfaat, yaitu menurunkan stres, meningkatkan energi, menyuburkan pria yang mengalami disfungsi seksual, obat kuat tahan lama, viagra alami, membesarkan otot dan mencegah penuaan dini. Jadi, pasak bumi atau tongkat ali bukanlah ramuan khusus melainkan tanaman herbal. dan masih banyak lagi manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan yang dimiliki pasak bumi

Alasan Orang Memilih Tanaman Herbal Sebagai Obat

Ada beberapa alasan mengapa orang-orang banyak memilih tanaman herbal sebagai obat. Karena manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan telah teruji. Bahkan saat ini sudah banyak tanaman-tanaman herbal di ramu dan dijadikan lebih praktis. Sejak jaman dahulu hingga sekarang tanaman herbal masih terus digunakan. Berikut ini beberapa alasannya.

Rekomendasi Orang Tua

Jaman dulu orang-orang memang lebih sering menggunakan tanaman herbal untuk mengobati sakit. Jadi, tidak heran jika orang tua suka merekomendasikan obat herbal. Banyak generasi muda yang tertarik pula untuk mencoba. Pengalaman para orang tua juga menjadi referensi terpercaya sehingga timbul keinginan untuk mencoba. Nah, Anda juga patut mencoba obat tanaman herbal. dan rasakan manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan

Minim Efek Samping

Obat dari tanaman herbal sangat minim dari timbulnya efek samping, berbeda dengan obat medis yang mengandung zat kimia. Keduanya memang teruji aman dan dapat mengobati penyakit, namun obat dari tanaman herbal diyakini lebih aman dan nyaman digunakan. Itulah mengapa orang-orang memilih merasakan manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan. Karena risiko terjadinya efek samping sangat minim. Nah itulah salah satu alasan tanaman herbal lebih digemari.

Simak artikel lainnya disini

Harga Terjangkau

Obat-obatan herbal, secara umum harganya lebih murah. Hal ini dikarenakan bahan-bahannya yang berasal dari tanaman yang mudah didapatkan. Bahkan tanaman herbal banyak tumbuh disekitar kita. Kemudahan mendapatkan bahannyalah yang menjadikan obat herbal relatif murah. Selain itu pengelolaannya juga dengan cara yang lebih sederhana. dengan harga yang terjangkau manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan dapat anda rasakan

Demikianlah beberapa jenis tanaman herbal yang ada di sekitar kita dan manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan. Selain itu juga beberapa alasan mengapa obat herbal banyak dipilih orang-orang. Selain harga yang terjangkau, juga aman dan nyaman digunakan. Bahkan Anda bisa menanamnya sendiri di rumah Anda.

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *