Apakah Daun Pepaya Memiliki Manfaat Tanaman Herbal Dalam Dunia Kesehatan? Berikut 8 Jenis Penyakitnya

Apakah Daun Pepaya Memiliki Manfaat Tanaman Herbal Dalam Dunia Kesehatan? Berikut 8 Jenis Penyakitnya- Pohon pepaya adalah pohon yang mudah tumbuh di daerah tropis. Pohon pepaya memiliki jenis varietas yang berbeda-beda. Pepaya memiliki nama latin Carica papaya. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan. Tumbuhan pepaya kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.

Carica papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia dari bahasa Belanda yakni, “papaja”, dan juga mengambil dari nama bahasa Arawak yakni, “papaya”. Dalam bahasa Jawa pepaya disebut “katès” dan dalam bahasa Sunda disebut”gedang.” Pepaya memiliki banyak manfaat, tidak hanya buahnya saja, namun daun pepaya, juga menyimpan khasiat tersendiri yang menjadikan banyak orang menyukai jenis tanaman satu ini. Berikut ulasan seputar daun pepaya lebih dalam.

 

manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan
manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan

Morfologi Daun Pepaya Memiliki Manfaat Tanaman Herbal Dalam Dunia Kesehatan

Pepaya pada daunnya memiliki morfologi yakni, lamina serta petiolus. Tulang daunya memiliki 5 Costa atau ibu tulang yang disertai dengan nervus lateralis atau biasa disebut cabang tulang dan urat daun atau vena. Daun pepaya termasuk daun dengan toreh yang tidak merdeka dan termasuk jenis tepi daun yang bertoreh bercangap menjari atau palmatifidus tiap apex folii atau ujung daun berupa acutus atau runcing. Secara morfologi semua daun papaya bentuknya hampir sama. Daun pepaya memiliki manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan.

Manfaat Daun Pepaya Memiliki Manfaat Tanaman Herbal Dalam Dunia Kesehatan

Daun adalah salah satu jenis sayuran yang diolah pada saat daun masih muda menjadi makanan yang lezat dan bergizi tinggi.  Di samping itu dapat diolah menjadi makanan yang lezat, daun pepaya juga dapat dijadikan obat untuk berbagai jenis penyakit. Setiap helaian daun pepaya berbentuk menyerupai tangan manusia. Selain itu jika daun pepaya dilipat tepat di tengah, maka daun pepaya berbentuk simetris.

Daun pepaya memiliki manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan yang memiliki kandungan gizi sebagai berikut, vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram/100 gram daun pepaya, kalori 79 kal/100gram, protein 8,0 gram/100 gram, lemak 2,0 gram/100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram/100 gram, kalsium 353 miligram/100 gram, dan air 75,4 gram/100 gram.

Selain itu daun pepaya juga mengandung carposide yang berfungsi sebagai obat cacing pada anak-anak. Kandungan zat papain yang tinggi pada daun papaya sehingga akan terasa pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yakni dapat meningkatkan nafsu makan. Meningkatkan nafsu makan inilah salah solusi yang banyak diperlukan oleh orang tua untuk mengatasi anaknya yang susah makan.

Daun Pepaya Untuk Mengobati Penyakit

Daun Pepaya terkenal memiliki rasa pahit, namun dari rasa pahit itulah tersimpan manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Rasa pahit dapat disiasati dengan dengan menambahkan madu pada saat mengonsumsi atau daun pepaya dapat diolah terlebih dahulu menjadi aneka masakan yang rasanya menjadi enak. Berikut manfaat yang ada pada daun pepaya dan cara pengolahannya sebagai berikut..

  • Obat batu ginjal, cara pengolahannya dengan cara beberapa lembar daun pepaya dicuci bersih lalu direbus, kemudian air rebusan tersebut diminum dan diakhiri dengan meminum air kelapa Dengan rutin mengonsumsi cara ini, banyak yang membuktikan penyakit batu ginjal dapat luruh dengan sendirinya. Namun khusus untuk penderita hipertensi tidak diperkenankan menggunakan cara ini, karena ditakutkan tekanan darah menjadi semakin naik.
  • Gejala kekurangan gizi pada balita, cara pengolahannya dengan cara daun pepaya ditumbuk bersama daun dadap serep, dan kapur sirih kemudian dipergunakan sebagai bedak dan dioleskan pada perut si penderita. Daun pepaya memiliki manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan sebagai obat yang aman untu digunakan semua kalangan. Cara seperti ini aman digunakan. Jadi tidak perlu takut terjadi efek samping.
  • Nyeri pada saat menstruasi, cara pengolahannya dengan cara 1 lembar daun pepaya ditumbuk bersama dengan buah asam dan garam lalu ditambahkan air masak, campuran tersebut kemudian diperas, disaring dan diminum pada saat haid. Obat haid satu ini banyak dipraktikan pada asaat nyeri haid melanda. Pepaya efektif sebagai obat herbal yang mudah didapatkan pada saat nyeri akibat tamu bulanan mulai datang.
  •  Disentri , cara pengolahannya dengan cara 2 lembar daun pepaya direbus dalam 1 liter air bersama dengan 1 sendok teh bubuk kopi, lalu disaring dan diminum satu cangkir per hari. Daun pepaya memiliki manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan sebagai obat disentri. Cara pengolahan yang mudah dan daun papaya yang mudah didapatkan, menjadikan penanganan pada penderita disentri segera dapat teratasi dengan segera.
  • Diare, cara pengolahannya dengan cara daun pepaya direbus bersama dengan minyak kelapa, lalu daun pepaya yang layu tersebut ditempelkan pada perut penderita. Cara seperti ini sering digunakna pada anak-anak. Karena pada umumnya anak-anak sulit untuk meminum obat, dengan cara menempelkan ramuan pada perut dirasa mudah untuk dilakukan. Cara seperti ini dapat diulangi kembali apabila belum ada kemajuan, namun akan lebih maksimal jika diimbangi dengan obat oral.
  • Membasmi cacing perut, cara pengolahannya dengan cara daun pepaya direbus dalam 2 gelas air bersama dengan adas pulowaras sampai mendidih, lalu air rebusan tersebut disaring dan diminum setiap malam sebelum tidur. Daun pepaya memiliki manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan sebagai obat untuk membasmi cacing di dalam perut. Kandungan daun papaya sebagai anti bakteri, dan mengandung anti oksida tinggi sehingga akan mematikan cacing yang ada di dalam perut.
  • Mengatasi keputihan, cara pengolahannya dengan cara satu lembar daun pepaya yang telah dicuci bersih direbus dalam 1,5 liter air bersama 50 gram akar alang-alang dan pulasari, lalu air rebusan tersebut disaring dan diminum setiap hari satu kali. Rutin mengonsumsi obat herbal ini, menjadikan terbebas dari keputihan. Selain itu bagian kewanitaan akan terasa lebih kesat dan bersih dari sebelumnya. Karena secara tida langsung bagian rahim akan bersih karena mengonsumsi rebusan daun pepaya.
  • Mengatasi jerawat, cara pengolahannya dengan cara dua hingga tiga lembar daun pepaya yang sudah tua dijemur, kemudian dihaluskan dan ditambahkan air kemudian sari daun pepaya tersebut dioleskan pada bagian yang berjerawat. Daun pepaya memiliki manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan sebagai pembersih jerawat. Cara seperti ini seperti halnya membuat masker dari bahan daun papaya. Untuk hasil terbaik, lakukan cara seperti ini dua hingga tiga kali dalam satu pekan.

Simak artikel lainnya disini

Demikian informasi daun pepaya memiliki manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan. Daun ini memiliki seribu manfaat kandungan di dalamnya yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Namun apabila dalam menggunakan obat herbal ini tidak memiliki efek samping. Sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mengonsultasikan lebih lanjut.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *