12 Manfaat Tanaman Binahong Merah untuk Kesehatan yang Sangat Ampuh

sumbersehat.com – Manfaat tanaman Binahong merah dapat dirasakan oleh seluruh kalangan usia. Tanaman Binahong memang sangat kaya akan khasiat untuk penyembuhan penyakit ringan maupun berat. Binahong memiliki batang lunak, daun tunggal, dan menjalar.

Binahong merah juga sudah sejak lama terkenal dijadikan sebagai obat tradisional yang ampuh dan aman. Pada artikel di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tanaman binahong. Beberapa penyakit bisa sembuh karena penderita rajin minum racikan binahong. Berikut adalah uraian lengkapnya!

manfaat tanaman binahong merah
manfaat tanaman binahong merah

Inilah Khasiat Tanaman Binahong Merah

Untuk mengetahui manfaat tanaman Binahong Merah, perhatikanlah penjelasan di bawah ini:

1. Khasiat tanaman binahong merah untuk mengobati penyakit Maag

Penyakit Maag adalah salah satu penyakit yang banyak diderita manusia. Maag terjadi karena penderita kurang memperhatikan pola makan setiap harinya. Sebagai solusinya, buatlah jus binahong atau minum air rebusannya. Ini bisa dijadikan sebagai obat disentri sistem pencernaan.

Manfaat tanaman Binahong Merah ini bisa mengendalikan tingkat asam lambung. Dengan mengkonsumsi jus atau rebusan binahong lambung akan sedikit tenang dan maag bisa dinetralisir dengan baik.

2. Manfaat tanaman binahong merah untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit

Luka Bakar adalah penyakit ringan namun membutuhkan penanganan yang sangat cepat. Tahukah Anda jika khasiat tanaman Binahong Merah ini bisa dijadikan sebagai penyembuh luka bakar? Hal ini sudah resmi karena ada penelitian yang membuktikannya.

Pada tahun 2017, terdapat penelitian adanya salep yang didalamnya mengandung ekstrak daun binahong sebanyak 5%. Pada dasarnya, penyembuhan luka bakar itu adalah dengan adanya pembentukan kolagen. Daun Binahong mampu untuk memaksimalkan proses penyembuhan luka tersebut.

3. Khasiat tanaman binahong merah untuk mencegah penyakit Kanker

Selanjutnya, manfaat tanaman Binahong Merah bisa mencegah penyakit kanker. Sebagai informasi, penyakit kanker terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak wajar atau tidak normal. Di dalam Daun Binahong terdapat kandungan yang sangat bagus dan penuh manfaat.

Dalam Daun Binahong mengandung antioksidan pigmen karotenoid esensial yang sangat tinggi. Antioksidan ini dapat dipecah seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Untuk memaksimalkan khasiat tanaman Binahong merah kandungan tersebut, Anda bisa minum rebusan daun binahong 3 kali sehari.

4. Manfaat tanaman binahong merah untuk menjaga kesehatan Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda bisa minum rebusan Binahong sebanyak dua kali sehari. Tanaman Binahong mengandung saponin yang dapat menurunkan tingkat kolesterol yang jahat di dalam tubuh. Anda bisa menambahkan madu jika tidak menyukai rasa yang terlalu manis.
Jantung adalah organ terpenting dan berpengaruh dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga kesehatan jantung dengan rajin minum air binahong.

5. Khasiat tanaman binahong merah untuk mengobati penyakit asam urat

Manfaat tanaman binahong merah ternyata bisa mengobati penyakit asam urat. Jika Anda rajin minum air binahong maka kadar purin dalam tubuh akan turun. Apakah Anda tahu apa itu Purin? Purin merupakan senyawa organik yang ada di dalam DNA tubuh. Ini timbul ketika Anda telah mengkonsumsi makanan yang memicu asam urat.

Sehingga, ketika Anda selesai makan-makanan hidangan yang memicu asam urat seperti daging, jeroan, dan kacang-kacangan lebih baik Anda juga minum rebusan binahong (air rebusan binahong).

6. Manfaat tanaman binahong merah untuk menjaga kesehatan mata

Mata manusia sangat membutuhkan adanya nutrisi berupa vitamin A, C, zeaxanthin, beta karoten, dan lutein. Beberapa kandungan nutrisi baik tersebut akan memberikan perlindungan yang maksimal untuk mata dari berbagai radikal bebas. Ternyata, manfaat tanaman binahong merah juga sangat bagus untuk mata.

Daun binahong mempunyai kandungan vitamin A yang sangat baik dan dibutuhkan oleh mata. Jika Anda mengalami kendala seperti rabun maka konsumsi air binahong untuk pengobatan alami.

7. Khasiat tanaman binahong merah untuk mencegah penyakit Diabetes

Diabetes terjadi karena kadar gula dalam tubuh manusia yang terlalu tinggi. Penyakit ini tergolong penyakit yang bukan untuk disembuhkan namun untuk distabilkan. Kendalikan gula darah dalam tubuh agar diabetes tidak terjadi. Bagaimana caranya? Anda harus mengatur pola makan sehari-hari.

Manfaat tanaman binahong merah bisa digunakan untuk mencegah penyakit diabetes. Di dalam Binahong terdapat senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Ini sangat terkenal akan khasiat daun binahong merah untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, binahong juga akan selalu menjaga kestabilan penderita diabetes.

8. Manfaat tanaman binahong merah untuk menjaga stamina tubuh

Manfaat yang berikutnya, Binahong bisa memulihkan dan menjaga stamina tubuh. Jika Anda merasakan kelelahan yang terlalu berlebihan Anda bisa minum rebusan air binahong. Selain untuk memulihkan tenaga, binahong juga akan meningkatkan vitalitas pria jika dikonsumsi dalam kadar atau ukuran yang banyak.

Stamina tubuh harus selalu terjaga. Karena, jika stamina tubuh Anda rendah semua pekerjaan tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu berolahraga dan minum rebusan air binahong.

9. Khasiat tanaman binahong merah untuk menyembuhkan anemia

Anemia adalah kondisi dimana tekanan darah seseorang berada pada ukuran di bawah normal. Untuk itu, diperlukan asupan berupa zat besi untuk membuat tekanan darah menjadi normal. Manfaat tanaman binahong merah ini mengandung zat besi yang sangat baik untuk tubuh.

Zat besi ini sangat dibutuhkan oleh sel darah merah sehingga seseorang tidak merasakan anemia lagi. Konsumsi daun binahong untuk jus atau rebus untuk mendapatkan manfaat dari air rebusannya.

10. Manfaat tanaman binahong merah untuk menyembuhkan masalah otak

Banyak sekali masalah-masalah yang menyerang otak baik itu untuk usia dini hingga dewasa. Ini biasanya disebabkan oleh virus dan bakeri. Dengan membuat air binahong dan meminumnya bisa menyegarkan pikiran Anda. Disisi lain, kandungan baik di dalam Binahong juga akan menjaga kesehatan otak. Konsumsi secara rutin untuk menjaga kestabilan kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk tetap memperbanyak minum air putih setiap harinya.

11. Khasiat tanaman binahong merah untuk meminimalisir tingkat penuaan dini

Manfaat daun binahong merah juga bisa meminimalisir tingkat penuaan dini. Dan binahong mempunyai kandungan antioksidan yang sangat baik seperti Lutein. Selain Lutein terdapat juga vitamin A dan Vitamin C yang berfungsi memberikan perlindungan kulit dari radikal bebas.

Vitamin tersebut akan menjadikan kulit semakin elastis. selain itu, rebusan daun binahong juga bisa meremajakan kulit manusia. Inilah sebabnya mengapa daun binahong dianggap bisa mencegah penuaan dini secara maksimal.

12. Manfaat tanaman binahong merah untuk menambah nafsu makan

Banyak jamu tradisional yang menggunakan daun binahong sebagai obat perangsang nafsu makan. Dan ini terpercaya dan terbukti ketika seseorang meminum air atau jamu dari binahong pasti akan mudah merasakan lapar. Tidak ada efek negatif dialam ramuan binahong ini. Dengan tidak adanya efek negatif yang ditimbulkan, daun binahong bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia bahkan untuk anak-anak.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat tanaman binahong merah. Banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa diambil dari daun binahong. Anda jangan khawatir untuk efek negatif yang akan ditimbulkan karena hal tersebut memang sangat kecil dan hampir tidak ada.

Minum binahong secara rutin untuk menyembuhkan penyakit yang Anda derita. Jangan lupa juga untuk selalu minum air putih untuk mensterilkan semua bahan bahan makanan yang sudah masuk di dalam tubuh. Untuk mengkonsumsi daun binahong Anda bisa membuatnya sebagai jus atau hanya merebusnya di dalam air dan meminum air hasil rebusannya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *