7 Manfaat Tanaman Angkung sebagai Ramuan Herbal yang Berkhasiat

sumbersehat.com – Manfaat tanaman Angkung mungkin baru diketahui oleh segelintir orang. Padahal banyak khasiat yang bisa didapatkan dari tanaman ini. Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam memanfaatkan tumbuhan herbal sebagai alternatif pengobatan maupun perawatan tubuh secara tradisional. Terutama Anda yang ingin menghindari efek samping obat kimia, penggunaan tanaman Angkung merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh.

Kini, khasiat tanaman angkung mulai dilirik oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari banyaknya toko online yang menjual ekstrak tanaman Angkung. Angkung adalah tanaman yang baik untuk tubuh, sehingga memilih Angkung untuk pengobatan maupun perawatan tubuh bukanlah pilihan yang keliru. Melainkan merupakan pilihan yang berdasarkan rasionalitas tinggi.

manfaat tanaman angkung
manfaat tanaman angkung

Tanaman Angkung dan Hegemonitas Negeri Tiongkok

Angkung adalah tanaman yang kaya akan kandungan senyawa aktif yang bermanfaat. Angkung yang merupakan jenis tanaman merambat ini juga terkadang diolah di pabrik ke dalam bentuk pil. Hal ini dimaksudkan agar manfaatnya dapat dengan lebih praktis digunakan dan dirasakan oleh si pengguna.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tanaman herbal ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan tubuh yang berhubungan dengan kesehatan dan kebugaran. Hal ini telah dikenal oleh orang-orang di negeri Tiongkok sejak lama. Seperti tanaman tanaman tradisional lainnya, Angkung memiliki senyawa-senyawa aktif yang sangat baik bagi tubuh.

Orang-orang dari negeri Tiongkok atau China sangat meyakini manfaat tanaman Angkung. Sehingga saat inipun ketika Anda mencari pil atau ekstrak tanaman Angkung baik di toko online maupun toko konvensional, pasti akan cenderung didapatkan pil Angkung merk China.

Inilah Khasiat Tanaman Angkung untuk Pengobatan Herbal

Manfaat tanaman angkung untuk pengobatan mungkin belum familiar bagi sebagian orang di Indonesia. Bahkan mendengar tanaman Angkung saja mungkin masih asing bagi mereka. Namun, sebenarnya tanaman ini dapat menolong banyak manusia untuk sembuh dari penyakitnya dan kembali sehat. Tentunya jika kita mengetahui khasiat apa saja yang dapat diberikan dari pohon Angkung ini.

1. Khasiat Tanaman Angkung untuk Mengobati Demam Berdarah

Tanaman Angkung berkhasiat menyembuhkan penyakit-penyakit yang tergolong memiliki tingkat bahaya yang tinggi bagi nyawa seseorang. Dalam hal ini, tanaman Angkung dapat digunakan untuk mengobati penyakit Demam Berdarah.

Berdasarkan pernyataan Sinse Johanes, tenaga kesehatan yang bekerja di daerah Jakarta Barat, biasanya untuk mengobati Demam Berdarah, pasien baru akan merasakan manfaat tanaman Angkung setelah meminum pil Angkung sebanyak 6 sampai 8 butir dengan teratur. Meski memang harga pil Angkung mahal, yakni sekitar RP250.000,00 per butir, tapi manfaatnya tidak dapat diragukan lagi.

2. Manfaat Tanaman Angkung untuk Membantu Penderita Stroke

Penyakit stroke dapat diobati dengan megkonsumsi tanaman Angkung. Cara pengobatan penyakit stroke dengan alami menggunakan tanaman Angkung harus dilakukan secara teratur. Penyakit stroke adalah penyakit yang memerlukan jangka waktu penyembuhan cukup lama. Sehingga konsumsi Angkung diharapkan dapat mempercepat proses penyembuhan.

Tentunya, tanaman herbal seperti Angkung ini memiliki efek samping yang sangat minim. Jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia, mengkonsumsi Angkung sangatlah aman terutama bagi pasien yang telah lanjut usia.

3. Khasiat Tanaman Angkung untuk Membantu Memperbaiki Fungsi Hati

Manfaat tanaman Angkung lainnya adalah memperbaiki kerja hati, salah satu organ vital dalam tubuh, karena asupan nutrisi penting bagi kesehatan organ hati. Peningkatan fungsi hati diyakini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi tanaman Angkung. Sejalan dengan hal itu, konsumsi Angkung juga dapat membantu penyembuhan berbagai gangguan dalam penyakit hati.

4. Manfaat Tanaman Angkung untuk Membantu Melancarkan Penyumbatan Darah

Tanaman Angkung juga dapat membantu melancarkan penyumbatan pada aliran pembuluh darah. Perlu diingat bahwa aliran pembuluh darah apabila terjadi penyumbatan maka akan memberikan akibat yang fatal seperti memicu gangguan pada jantung.
Kandungan zat yang ada di dalam tanaman Angkung dipercaya dapat membantu melancarkan aliran pembuluh darah. Sehingga penyakit lain seperti penyakit jantung dapat dihindari.

5. Khasiat Tanaman Angkung untuk Mengobati Radang Selaput Otak

Manfaat Tanaman Angkung selanjutnya adalah untuk pengobatan radang pada selaput otak. Radang selaput otak merupakan penyakit serius yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat mengancam nyawa. Tanaman Angkung yang sudah sejak lama dimanfaatkan di China, diyakini memiliki khasiat besar sehingga dapat membantu penyembuhan radang selaput otak.

6. Manfaat Tanaman Angkung untuk Membantu Mengatasi Asam Urat

Asam urat adalah salah satu penyakit yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan mengkonsumsi pil ekstraksi tanaman Angkung, atau buah Angkung, asam urat dapat secara bertahap teratasi. Selain mengatasi atau menyembuhkan, konsumsi tanaman Angkung juga dapat berperan pada tahap pencegahan. Minum herbal dari ramuan Angkung secara rutin dapat membantu mencegah asam urat.

7. Khasiat Tanaman Angkung untuk Membantu Reaksi Kejang-kejang Ketika Suhu Tubuh Tinggi

Manfaat tanaman Angkung juga dapat meminimalisir reaksi kejang-kejang pada tubuh. Ketika suhu tubuh naik drastis menjadi tinggi yang tidak sewajarnya, biasanya tubuh meresponnya dengan kejang-kejang. Meminum ramuan Angkung dapat membantu dalam mengurangi kejang-kejang dan membuat tubuh menjadi rileks.

Cara Mengkonsumsi Tanaman Angkung

Tanaman Angkung memiliki batang lunak, tanaman ini tumbuh merambat seperti tanaman sirih. Angkung juga memiliki buah. Buah Angkung berbentuk kecil-kecil dan berderet. Baik daun maupun buahnya, semuanya dapat dikonsumsi dan baik untuk kesehatan. Namun sayangnya, tanaman Angkung ini masih dapat dikatakan langka di Indonesia. Padahal manfaatnya sangat baik untuk tubuh.

Manfaat tanaman Angkung juga sebenarnya telah dikenal oleh para peramu obat dari China. Sehingga terkadang di toko online Angkung ini dijual dengan menggunakan tagar obat China. Angkung hasil produksi China biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal. Hal ini karena khasiat Angkung memang tidak bisa dikatakan rendah.

Dilain sisi, tanaman Angkung pada bagian daunnya sering digunakan masyarakat Indonesia sebagai sayur atau lalapan. Lalu bagian bijinya sering dimakan secara langsung. Ini adalah cara mengkonsumsi Angkung secara langsung dan praktis. Cara ini bisa ditempuh jika tidak mau ribet tapi tetap ingin mendapatkan khasiatnya. Asalkan saja kita bisa menelan rasa Angkung yang agak bau langu ini.

Cara Minum Angkung yang Tepat

Berikut ini beberapa cara minum Angkung:

Jika Anda menggunakan tanaman Angkung yang sudah diproduksi dalam bentuk pil, maka hanya perlu melarutkannya dengan air. Air yang digunakan adalah air hangat. Ini dimaksudkan agar manfaat tanaman Angkung lebih mudah diserap oleh tubuh.

Cara minum Angkung yang lain adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu pil Angkung dan gelas berisi air hangat sebanyak yang memenuhi setengah gelas. Buka pil Angkung lalu keluarkan serbuknya dari pil. Serbuk Angkung tersebut dimasukkan ke dalam gelas berisi air hangat. Lalu aduk-aduk sampai merata hingga memunculkan warna kekuningan.

Anda juga bisa melakukan cara minum Angkung dengan alternatif lain. Jika Anda memiliki pohon Angkungnya, maka dapat pula mengambil buah Angkungnya langsung yang dipetik dari pohonnya. Cukup ambil kira-kira 6-7 buah biji Angkung yang berwarna hitam (biji Angkung yang sudah matang). Setelah itu, cuci biji Angkung menggunakan air masak. Setelah itu biji Angkung bisa langsung dimakan. Jangan lupa minum air putih setelahnya.

Nah, meskipun setiap orang memiliki caranya berbeda dalam mengkonsumsi obat herbal ini, namun manfaat tanaman Angkung yang dapat dirasakan tetap maksimal.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat gaya hidup sehat

Yuk Kenali Lebih Dalam 5 Manfaat Gaya Hidup Sehat Bagi Tubuh

Yuk Kenali Lebih Dalam 5 Manfaat Gaya Hidup Sehat Bagi Tubuh. Aspek kesehatan adalah aspek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *