9 Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan Beserta Cara Membuatnya

sumbersehat.com – Manfaat susu kurma tentu saja tidak boleh dianggap sepele terutama bagi ibu hamil dan menyusui. Oleh karena itu, susu kurma sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Selain rasanya yang manis, susu ini sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak nutrisi.

Kehadiran susu kurma semakin digemari oleh banyak orang karena rasa yang enak dan nutrisinya yang melimpah. Adapun kandungan nutrisi yang dimaksud antara lain karbohidrat, protein, zat besi, kalium, lemak, protein, dan sejumlah vitamin seperti vitamin A, B6, dan D. Sangat banyak bukan? Apa saja khasiat susu kurma? Simak ulasannya sebagai berikut.

Manfaat susu kurma
Manfaat susu kurma

Inilah Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa khasiat susu kurma untuk kesehatan yang harus anda ketahui. Manfaatnya meliputi:

1. Khasiat Susu Kurma untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat susu kurma yang pertama adalah ampuh mengurangi kolesterol dalam darah dan mengatasi penyumbatan darah di arteri. Berdasarkan penelitian, kandungan kalium dalam kurma mampu melawan penyakit jantung secara efektif. Kalium ini bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi natrium sehingga pembuluh darah menjadi lancar.

Faktanya, empat buah kurma mengandung 6 gram serat yang bisa memenuhi lebih dari 30% kebutuhan harian. Campuran antara susu dan kurma membuat minuman ini layak untuk dikonsumsi supaya mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Manfaat Susu Kurma untuk Meredakan Konstipasi atau Sembelit

Lalu, khasiat susu kurma selanjutnya adalah menyembuhkan sembelit karena kurma mengandung banyak serat. Faktanya, serat tidak sepenuhnya dapat dicerna oleh tubuh. Namun, serat mampu menahan air saat melewati usus sehingga limbah berupa tinja menjadi lunak. Akibatnya, konstipasi atau sembelit mereda. Waktu terbaik untuk mengonsumsi susu kurma adalah pada pagi hari ketika perut masih kosong.

3. Khasiat Susu Kurma untuk Memperkuat Tulang dan Gigi

Susu dan kurma kaya akan kalsium. Selain itu, kurma mengandung selenium, tembaga, dan magnesium. Oleh sebab itu, susu kurma baik juga dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja karena nutrisi yang dikandung menjadi semakin baik bagi tulang dan gigi.

3. Manfaat Susu Kurma untuk Menyehatkan Kulit

Khasiat susu kurma selanjutnya adalah mencerahkan dan melembutkan kulit. Berdasarkan penelitian Scientific World Journal, kurma mengandung hormon phytohormone yang bersifat anti penuaan (antiaging effect). Bahkan, si manis asal Timur Tengah ini juga mampu mencegah pertumbuhan melanin (pigmen yang memberi warna pada tubuh) di dalam tubuh sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Susu mengandung vitamin D yang mampu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dan mengurangi risiko kulit kering dan eksim. Oleh karena itu, campuran susu dan kurma benar-benar membuat kulit sehat dan bernutrisi.

4. Khasiat Susu Kurma untuk Menjaga Kondisi dan Kinerja Sistem Saraf

Berikutnya manfaat susu kurma yang satu ini berasal dari kandungan vitamin B, kalium, dan natrium; tiga senyawa yang berperan penting dalam pengiriman pesan dari tubuh ke otak dan sebaliknya melalui sistem saraf. Sistem saraf berperan penting bagi daya rangsang dan kemampuan identifikasi tubuh terhadap berbagai hal di luar tubuh, terutama hal-hal yang berbahaya.

Tidak hanya ketiga senyawa tersebut, kurma juga mengandung ion yang mampu menghasilkan rangsangan saraf sehingga pesan dari otak tersampaikan ke seluruh tubuh. Minum susu kurma sebaiknya dilakukan setiap hari supaya sistem saraf tetap sehat dan bisa terus bekerja dengan baik.

5. Manfaat Susu Kurma untuk Memudahkan Melahirkan secara Normal

Para ibu hamil yang menginginkan proses kelahiran secara normal biasanya direkomendasikan untuk mengonsumsi susu kurma. Berdasarkan beberapa penelitian, khasiat susu kurma terutama bagi ibu hamil adalah susu kurma bisa mengurangi kebutuhan induksi dalam persalinan. Induksi dalam persalinan yang dilakukan terlalu intensif tentunya membuat para ibu harus melahirkan secara caesar pada akhirnya.

Berdasarkan sebuah penelitian, 69 wanita hamil yang mengonsumsi 6 buah kurma per harinya selama 4 minggu ternyata mempunyai peluang lebih besar sekitar 20 persen untuk melahirkan normal daripada wanita hamil yang tidak memakan kurma. Berdasarkan studi yang sama, para ibu hamil yang mengonsumsi kurma menyebabkan serviks melunak sehingga pembukaan untuk melahirkan semakin cepat dan mudah.

6. Khasiat Susu Kurma untuk Memperlancar Air Susu Ibu (ASI)

Manfaat susu kurma selanjutnya adalah sebagai ASI booster. Tidak hanya memperlancar ASI, susu kurma juga memberikan banyak manfaat lainnya. Berdasarkan sebuah penelitian, susu kurma yang diminum oleh para ibu menyusui juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan para ibu secara keseluruhan, khususnya stamina.

Beberapa kandungan seperti tryptophan terbukti mampu menghasilkan serotonin, yaitu hormon kebahagiaan sehingga para ibu menyusui menjadi lebih tenang dan jauh dari stres. Bahkan, serotonin juga bisa mencegah penurunan kadar prolaktin yang penting bagi proses produksi susu ibu sehingga volume ASI melimpah.

7. Manfaat Susu Kurma untuk Menyembuhkan Anemia

Susu kurma yang dikonsumsi secara rutin ampuh menyembuhkan anemia atau kekurangan sel darah merah akibat jaringan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Khasiat susu kurma mengatasi anemia berasal dari kandungan zat besi yang melimpah sehingga pertumbuhan sel darah merah meningkat dan sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Para penderita anemia yang sering terlihat lesu dan lemas butuh asupan nutrisi yang membuat mereka lebih bersemangat dan sehat. Susu kurma dinilai baik untuk menutrisi tubuh yang kekurangan sel darah merah sehingga terhindar dari anemia.

8. Khasiat Susu Kurma untuk Memperbaiki Fungsi Seksual

Kandungan asam amino dalam susu kurma dipercaya mampu meningkatkan fungsi seksual. Bahkan, kurma juga dikenal sebagai afrodisiak alami yang bisa merangsang daya seksual terutama para pria. Campuran kurma dan susu yang disebut susu kurma ini juga meningkatkan kadar flavonoid yang juga meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

9. Manfaat Susu Kurma untuk Membuat Otak Tetap Sehat

Manfaat susu kurma lainnya yang mungkin belum banyak diketahui adalah mampu menyehatkan otak. Seperti kita ketahui, otak adalah organ yang paling vital bagi manusia. Oleh karena itu, kondisinya harus selalu tetap sehat agar setiap orang mampu beraktivitas secara normal dan baik. Berdasarkan sebuah sebuah studi, kurma dapat mengurangi aktivitas protein beta-amyloid yang mengurangi kinerja otak karena terbentuknya plak di otak.

Cara Membuat Susu Kurma

Mau menikmati semua manfaat susu kurma di atas? Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa membuat jus legit yang manis dan kaya nutrisi ini sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Siapkan bahan-bahan berikut:

  • 7 buah kurma segar atau 9 buah kurma ukuran kecil
  • 500 ml susu sapi segar, Anda juga bisa menggunakan susu UHT
  • Es batu, bila suka

Cara membuat:

  • Buanglah biji kurma
  • Campur kurma dengan susu ke dalam blender
  • Tambahkan es batu bila Anda suka
  • Proses sampai benar-benar halus
  • Tuang ke dalam gelas saji (resep ini cukup untuk 2 gelas susu kurma)

Cara membuat susu kurma ini bisa Anda variasikan dengan menambahkan madu serta rempah-rempah seperti jahe bubuk atau kayu manis bubuk. Dan bila Anda tidak menyukai es batu, Anda bisa menyimpan susu di dalam kulkas terlebih dahulu.

Itulah manfaat susu kurma yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Rasanya yang enak dan manfaatnya yang banyak bagi tubuh membuat minum susu kurma menjadi sangat nikmat. Sudahkah minum susu kurma hari ini? Yuk biasakan dari sekarang!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *