Catat! Ini Manfaat Stem cell Untuk Kecantikan

By

sumbersehat.com – Tahukah Anda manfaat stem cell untuk kecantikan? Rasa-rasanya semua wanita selalu ingin tampil cantik dan sempurna. Inilah mengapa para wanita selalu berusaha untuk memiliki wajah yang cantik, glowing, dan awet muda. Meskipun dengan menempuh cara yang ekstrem seperti stem cell atau sel punca. Terapi stem cell ini bahkan mulai mencuri perhatian masyarakat.

Namun ternyata tren stem cell ini juga mengundang niat jahat dari oknum-oknum lain. Terbukti dengan banyaknya temuan sejumlah klinik kecantikan palsu yang melakukan terapi stem cell bodong. Karena keterbatasan informasi, akhirnya banyak yang terjebak dengan praktek abal-abal ini. Penasaran apa itu stem cell? Dan apa manfaat keunggulan dan kelemahan stem cell? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

manfaat stem cell untuk kecantikan

Apa Itu Stem cell?

Stem cell adalah induk dari semua sel yang ada dalam tubuh manusia. Sel punca ini mampu merangsang sel lain untuk berfungsi dengan baik. Seperti yang diketahui, semua sel yang ada dalam tubuh akan mati setelah menyelesaikan tugasnya. Untuk menggantikan sel yang mati, stem cell ini akan membelah diri dan menghasilkan sel baru. Karenanya stem cell sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan

1. Manfaat Stem cell Untuk Kesehatan Tubuh

Sel baru hasil pembelahan stem cell akan menjadi stem cell baru atau menjadi sel lain yang memiliki fungsi yang lebih spesifik. Contohnya seperti kulit, sel darah, tulang, otak dan lain sebagainya.  Stemcell mampu mengenali jaringan yang rusak dan memperbaikinya. Oleh karena itu selain memiliki manfaat stem cell untuk kecantikan, terapi ini juga menjadi popular di dunia kesehatan.

Manfaat stem cell selain untuk kecantikan diantaranya adalah untuk menyembuhkan penyakit diabetes tipe 1, Parkinson, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Selain itu terapi strem cell digunakan untuk menyembuhkan penyakit radang sendi hingga alzheimer. Disamping bermanfaat untuk kesehatan, terapi stem cell juga bermanfaat untuk kecantikan berikut ini manfaat stem cell untuk kecantikan.

2. Manfaat Stem cell Untuk Kecantikan

Manfaat stem cell untuk kecantikan diantaranya adalah mampu mengoptimalkan regenerasi dan memperbaiki sel kulit wajah. Stem cell juga mampu memberikan kelembaban antiolksidan dan kolagen. Selain itu stem cell juga dapat melindungi kulit dari ancaman eksternal. Contohnya seperti sinar UV yang berbahaya dan paparan radikal bebas dari polusi lingkungan sekitar.

Sehingga dapat mengatasi tanda-tanda penuaan seperti kulit kering dan kusam juga keriput. Wajah pun mampak lebih muda dan lebih segar. Meskipun dapat dijadikan perawatan antiaging namun manfaat stem cell untuk kecantikan yang satu ini bersifat sangat personal.

Karenanya tidak dapat disamaratakan pada setiap masing-masing pasien. Karena masing-masing pasien memiliki permasalahan aging dan kondisi yang berbeda. Selain itu manfaat stem cell untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat menghilangkan flek kulit (hiperpigmentasi), mengobati jerawat akut, dan menghilangkan luka paruk.

Prosedur Pelaksanan Terapi Stem Cell

Umumnya guna  memperoleh manfaat stem cell untuk wajah ini, stem cell akan diaplikasikan kedalam lapisan kulit wajah dengan cara disuntikan secara langsung. Stem cell yang digunakan biasanya diambil dari embrio, tali pusat (umumnya untuk wanita yang baru melahirkan), dan sumsum tulang belakang. Selain itu bisa juga diambil dari hewan atau dari rekayasa genetis.

Namun dalam pelaksanaan terapi ini untuk memperoleh manfaat stem cell untuk kecantikan, sel yang dipakai merupakan sel dari tubuh pasien itu sendiri. Biasanya sel tersebut diambil dari lemak pada bagian perut atau pinggang. Sel tersebut kemudian diproses dan disimpan dalam laboratorium khusus untuk menghasilkan stem cell.  Stem cell ini dipisahkan dari sel lemak, kemudian akan disuntikkan kembali kedalam tubuh.

Selain disuntikan secara langsung stem cell juga dapat diaplikasikan melalui perantara infus. Dengan demikian dapat disimpulkan terapi stemcell membutuhkan tenaga medis professional, laboratorium yang streril, serta prosedur yang rumit. Maka dari itu, tidak heran terapi stem cell ini memakan budget yang tidak sedikit. Bahkan dikabarkan salah satu artis harus merogoh kocek hingga 200 juta rupiah untuk terapi ini.

Biaya Terapi Stem Cell

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya biaya untuk terapi stem cell tidak bisa dikatakan murah. Tahukah Anda? Satu stem cell dibanderol Rp1-1,5 per sel. Mungkin ini nampak murah, namun takaran sel yang dibutuhkan pasien ditentukan oleh bobot badannya juga tergantung jenis penyakitnya. Misalnya bagi penderita lupus yang  membutuhkan 1-2 juta sel punca per kg bobot badannya.

Jadi jika bobot pasien 60 kg, maka dosis terendah yang dibutuhkan sekitar 60 juta stem cell dengan dosis maksimal sebesar 100 juta sel punca. Dengan demikian, biaya yang diperlukan untuk sekali terapi stem cell dalam menghadapi penyakit lupus idealnya sekitar Rp50-150 juta.

Payung Hukum Terapi Stem Cell

Tahukah Anda? Terapi stem cell di dunia kedokteran Indonesia telah memilikii payung hukum yang teruang dalam Permenkes nomor 32 tahun 2018. Undang-undang ini memuat regulasi penyelenggaraan sel punca, pelayanan dan penggunaannya. Menurut aturan ini terdapat 12 rumah sakit dan 6 laboratorium cGMP Stem Cell yang dapat melaksanakan terapi sel punca.

Rumah sakit tersebut di antaranya adalah RS Cipto Mangunkusumo, RS Dr Soetomo, RS Dr M Djamil, RSPAD Gatot Soebroto, RS Jantung Harapan Kita, RS Kanker Darmais, dan RS Persahabatan, selain itu juga ada RS Dr. Hasan Sadikin, RS Dr Sardjito, RS Dr Karyadi, RS Sanglah dan RS Fatmawati.

Sementara untuk laboratorium yang diizinkan diantaranya adalah Lab RSCM, Hayandralab, Lab Regenic, Lab Prostem, Lab Dermama, dan Lab Asia Stem Cell. Sementara kebanyakan klinik kecantikan yang menawarkan perawatan “stem cell facelift”, sesungguhnya melakukan perawatan volumetric lipofilling. Perwatan ini sendiri pada dasarnya sudah lazim dilakukan di dunia bedah kosmetik.

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Melakukan Terapi Stem Cell

Dengan segudang manfaat stem cell untuk kecantikan seperti yang telah dibahas sebelumnya, tidak heran banyak yang mulai tertarik untuk mencoba terapi yang satu ini. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk ikut melakukan terapi ini sebaiknya pertimbangakan beberapa hal. Misalnya seperti memastikan sel yang digunakan adalah milik Anda sendiri. Bukan milik orang yang tidak dikenal atau bahakan sel dari hewan.

Selanjutnya Anda juga harus melakukan pemeriksaan apakah dokter yang menangani memang kredibel, dan terpercaya. Karena transplantasi sel secara ilegal tanpa label dari BPOM dapat membahayakan Anda sebagai pasien. Karena Anda tidak akan tahu penyakit apa yang bisa dikandung stem cell abal-abal tersebut.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan apakah laboratorium yang digunakan  steril. Karena itu klinik abal-abal bisa dikenali dari bentuk fisik laboratoriumnya. Selain itu jangan tergiur dengan harga terapi stem cell yang murah  Karena alih-alih  mendapatkan manfaat stem cell untuk kecantikan, bisa jadi anda justru terjebak sebagai korban praktek stem cell palsu.

Nah, itu tadi ulasan lengkap mengenai serba-serbi manfaat stem cell untuk kecantikan yang harus Anda ketahui. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Umumnya terapi stem cell ini dapat bertahan hingga 3,5 tahun tergantung dari kondisi masing-masing pasien. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar