7 Manfaat Sirup Parijoto bagi Kesehatan, Nomor 3 Penting Sekali

sumbersehat.com – Manfaat sirup parijoto mendadak ramai diperbincangkan saat pandemi berlangsung. Sirup yang berasal dari Kudus ini memiliki beragam kandungan dan berkhasiat bagi tubuh manusia khususnya sebagai penambah daya tahan tubuh apalagi di tengah maraknya virus Corona.

Sirup parijoto merupakan sebuah usaha UMKM yang berasal dari Kudus, tepatnya dari Colo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Sirup ini berasal dari buah yang sama, yaitu parijoto atau dalam bahasa Indonesia disebut parijata. Buah ini lazim ditemui oleh para peziarah di makam Sunan Muria. Berikut adalah ulasan mengenai khasiat sirup parijoto dan cara pembuatannya yang mudah.

manfaat sirup parijoto
manfaat sirup parijoto

Mengenal Sirup Parijoto

Sirup ini berasal dari sari buah parijoto. Parijoto dalam bahasa latin disebut Medinilla speciosa, adalah tumbuhan yang mengandung oksidan serta beta-karoten dengan kadar yang cukup tinggi. Terdapat berbagai macam manfaat sirup parijoto, salah satunya adalah meningkatkan kesuburan.

Buah parijoto memiliki ciri-ciri berwarna ungu dan dengan mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Bentuknya yang kecil dan bergerombol, sedangkan ciri khas rasanya adalah masam dan sedikit pahit bila buah tersebut sudah tua. Selain itu, persebaran utama buah parijoto berasal dari Kalimantan, Jawa, dan Filipina.

Di provinsi Kalimantan, tanaman ini dengan mudah ditemui di setiap hutan bahkan yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Habitat utama buah ini adalah tempat yang rindang dan cenderung lembab. Sementara itu, penghasil terbesar buah parijoto di pulau Jawa adalah kudus, khususnya di bukit Muria.

Beragam Khasiat Sirup Parijoto yang Penting Diketahui

Sari buah parijoto terutama yang telah diolah menjadi sirup, punya beragam manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali bagi ibu hamil dan juga anda yang sedang menjalani program hamil.

1. Manfaat Sirup Parijoto untuk Meningkatkan Kesuburan

Bagi anda yang sedang hamil, konsumsi buah parijoto atau sirup parijoto sangat dianjurkan. Konon, buah parijoto sudah digunakan sebagai penyubur kandungan sejak jaman Sunan Muria. Oleh karena itu, tidak jarang anda temukan berbagai wanita di Kudus kerap minum sirup parijoto untuk menyuburkan kandungan.

Khasiat sirup parijoto juga cocok bagi anda yang sedang menjalani program hamil. Terlebih sirup ini merupakan salah satu warisan dari Sunan Muria, yang konon bila diminum sebelum berhubungan badan mampu membuat tubuh menjadi lebih fit dan cepat hamil. Dan meski tidak ada penelitian resmi, orang dulu percaya bahwa konsumsi buah parijoto dapat menghasilkan anak yang tampan atau cantik.

2. Khasiat Sirup Parijoto untuk Melindungi Janin dari Virus

Selain menyuburkan kandungan, manfaat sirup parijoto juga melindungi janin dari berbagai virus. Selain itu, kandungan vitamin di dalam sirup ini membantu bayi agar berkembang dan tumbuh secara sempurna.

Sirup parijoto juga dapat menjadi asupan vitamin tambahan sebagai pengganti suplemen kimia yang sering anda jumpai di toko obat atau apotek terdekat. Hal ini dikarenakan kandungan vitaminnya yang sempurna dapat berperan sebagai suplemen tradisional.

3. Manfaat Sirup Parijoto untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Janin di dalam kandungan perlu dilindungi, tetapi kesehatan sang ibu juga tak kalah penting. Untuk menjaga kesehatan sang ibu dari berbagai macam virus maupun bakteri, maka manfaat sirup parijoto dapat menjadi alternatif yang tepat.

Antioksidan yang terkandung di dalam buah ini dapat membantu menjaga imun tubuh ibu. Selain itu, sari-sari buah parijoto dapat membantu menciptakan penebalan dinding rahim. Seperti yang diketahui, pada trimester pertama atau kehamilan muda, sang ibu memiliki risiko tinggi mengalami keguguran.

4. Khasiat Sirup Parijoro untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat sirup parijoto tak hanya untuk ibu maupun sang janin saja, melainkan bagi orang dewasa maupun anak-anak sirup parijoto secara efektif meningkatkan imun tubuh. Sirup ini dapat meningkatkan sistem imun dan menjaga kestabilan tubuh karena kandungan vitamin C maupun antioksidan di dalamnya cukup tinggi.

5. Manfaat Sirup Parijoto untuk Mencegah Risiko Kanker

Kanker maupun tumor menjadi penyakit berbahaya yang tak kalah mengerikannya dengan virus Corona. Penyakit ini dapat diatasi dengan cara meminum sirup parijoto atau memakan buah parijoto secara langsung.

Manfaat sirup parijoto ini berasal dari kandungan dalam buahnya seperti antioksidan serta flavonoid yang mampu mencegah terjadinya radikal bebas atau pertumbuhan yang terjadi dengan tidak wajar. Bahkan, salah satu studi penelitian mengenai sirup parijoto menunjukkan bahwa buah ini mampu menurunkan risiko tumor ganas menjadi tumor jinak.

6. Khasiat Sirup Parijoto untuk Meredakan Sariawan

Untuk beberapa orang sariawan bukanlah penyakit yang bisa disepelekan. Sariawan terjadi akibat kekurangan berbagai vitamin, khususnya vitamin C. Tingginya kandungan vitamin C dalam sirup parijoto efektif membantu meredakan gusi bengkak hingga gusi berdarah yang anda alami. Terdapat dua cara bagi anda untuk memanfaatkan buah maupun sirup parijoto sebagai penghilang sairawan:

Sirup parijoto

Anda dapat secara rutin mengkonsumsi sirup parijoto. Usahakan anda meminum sirup ini sesaat setelah makan malam maupun sarapan agar manfaat sirup parijoto maksimal. Caranya dengan mencampur 3-4 sendok sirup parijoto lalu aduk hingga rata, dan minumlah secara berkala.

Buah parijoto

Kedua, anda dapat langsung menggunakan buah parijoto untuk meredakan sariawan. Caranya cukup menggunakan 3-5 buah parijoto. Caranya, tumbuk buah parijoto, boleh sedikit kasar atau sampai halus. Setelah itu campurkan dengan sedikit air, dan berkumurlah secara rutin.

7. Manfaat Sirup Parijoto untuk Meredakan Penyakit Diare

Manfaat sirup parijoto yang lain adalah mengobati penyakit diare. Anda dapat dengan mudah meredakan diare dengan mengikuti langkahnya di bawah ini:

  • Siapkan sirup parijoto
  • Gunakan 3-4 lembar daun parijoto yang telah dicuci bersih
  • Kemudian rebuslah daun parijoto hingga air mendidih
  • Saring daun atau seratnya
  • Campurkan dengan sirup parijoto
  • Usahakan meminumnya secara berkala

Cara Membuat Sirup Parijoto

Bila Anda tertarik menikmati manfaat sirup parijoto dengan cara membuatnya sendiri, ini caranya:

  • Petiklah beberapa buah parijoto yang warnanya telah memerah sampai keunguan. Anda dapat menggunakan 30-50 biji buah parijoto untuk menghasilkan satu botol sirup.
  • Pisahkah buah parijoto dari tangkainya.
  • Cuci buah tersebut di bawah air mengalir hingga bersih..
  • Peras buah parijoto, hingga mengeluarkan sari-sari.
  • Kemudian pisahkan sari buah dari kulit dan biji parijoto.
  • Rebus sari buah parijoto hingga mengental.
  • Sesekali aduk sari buah dan biarkan hingga mengental.

Cara Mengkonsumsi Sirup Parijoto

Terdapat berbagai cara maupun variasi dalam mengkonsumsi sirup parijoto, salah satunya bagi ibu hamil. Oleh karena itu, di bawah ini terdapat step by step cara mengkonsumsi sirup parijoto bagi ibu hamil.

  • Diminum langsung. Anda dapat langsung menuang satu sendok sirup parijoto kemudian meminumnya langsung.
  • Diminum bersama air. Kedua, anda dapat meminum sirup parijoto bersamaan dengan air dingin maupun air hangat. Selain itu, bagi beberapa ibu hamil yang ingin mencampur dengan minuman lain, sirup parijoto bisa diminum setelah dicampur ke dalam teh.
  • Ibu hamil dapat meminum sirup parijoto 2 hingga 3 kali dalam sehari untuk mendapat manfaat sirup petojo yang maksimal.

Nah, di atas adalah beberapa manfaat serta cara membuat sirup parijoto. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah atau membelinya langsung di Kudus. Namun, beberapa sirup parijoto juga telah tersedia di beberapa gerai di Indonesia karena manfaat sirup parijoto yang beragam.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *