Nikmati 14 Manfaat Sinar Matahari Ini, Tubuh Sehat Umur Panjang!

sumbersehat.com – Manfaat sinar matahari sering disalahartikan manusia sebagai penyebab kulit gelap. Hal ini lebih dikarenakan paparan sinarnya yang terasa begitu menyengat, hingga terkadang terasa seperti terbakar. Padahal, jika tahu aturan dan waktu yang tepat, sinar matahari ini justru dapat memberikan manfaat bagi manusia.

Tidak hanya sebagai sarana untuk menjemur pakaian saja, tetapi manfaat sinar matahari bagi kehidupan itu sangat banyak. Hal yang dapat dirasakan secara langsung adalah perannya dalam menjaga kesehatan tubuh serta kecantikan kulit.

sinar matahari pagi
sinar matahari pagi

Inilah Manfaat Sinar Matahari untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai negara tropis, sinar matahari sangat mudah didapatkan di sini, terutama saat musim kemarau melanda. Sehingga tidak heran, jika kulit orang Indonesia tampak lebih eksotis dan stunning. Berikut adalah ulasan mengenai khasiat sinar matahari untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Sumber Vitamin D

Tidak sedikit orang yang menyebut vitamin D sebagai vitamin sinar matahari. Hal ini tentu saja benar, karena sinar matahari memang memiliki kandungan vitamin D paling tinggi. Bahkan, jika dibandingkan dengan yang ada di dalam makanan maupun suplemen.

Selain itu, sirkulasi vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari dapat berlangsung dua kali lebih lama. Sehingga efek dari manfaat sinar matahari bagi tubuh jauh lebih besar, daripada yang didapatkan dari sumber lainnya. Sementara jumlahnya dipengaruhi oleh usia, musim, pakaian, serta penggunaan tabir surya.

2. Menguatkan Tulang

Jika kebutuhan vitamin D dapat tercukupi dengan baik, maka tulang dapat tumbuh dengan baik. Hal ini dikarenakan vitamin D berfungsi untuk menjaga fosfor di dalam darah, serta membantu dalam proses pengaturan dan penyerapan kalsium. Kalsium inilah yang dibutuhkan tulang untuk tumbuh dan menjalankan perannya.

Sehingga khasiat sinar matahari untuk tulang sudah tidak perlu diragukan. Sebaliknya, jika tubuh kekurangan vitamin D, maka akan menimbulkan permasalahan lain. Seperti rakhitis pada anak, pelunakan tulang (osteomalacia) dan risiko terkena osteoporosis pada orang dewasa.

3. Memperbaiki Mood

Manfaat sinar matahari dapat mendukung pelepasan hormon endorfin dan serotonin yang berkaitan erat dengan suasana hati. Keberadaan hormon ini dipercaya mampu memberikan ketenangan, mengurangi stres, hingga menurunkan risiko depresi. Oleh karena itu, disarankan untuk berjemur 10-15 menit setiap hari.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Khasiat sinar matahari bagi kesehatan yang sangat terasa adalah penurunan tekanan darah. Saat sinar matahari menyentuh kulit, maka senyawa nitric oxide akan dilepaskan ke dalam pembuluh darah. Senyawa inilah yang berfungsi dalam menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Investigative Dermatology menyebutkan, bahwa sinar UVA dapat melebarkan pembuluh darah. Hal ini juga yang digadang-gadang mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan.

5. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan, karena metode pengobatan yang tepat sasaran belum dapat ditemukan. Dengan manfaat sinar matahari pagi yang banyak mengandung vitamin D, risiko ini dapat diminimalisir. Mulai dari kanker payudara, usus besar, prostat, kolorektal, hingga kanker limfoma non-Hodgkin.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Khasiat dari sinar matahari yang berikutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Paparan sinar matahari pagi mampu menekan sistem imun yang bergerak terlalu aktif. Sehingga pada beberapa kasus, sinar matahari juga digunakan sebagai terapi pengobatan penyakit autoimun. Selain itu, saat tubuh terkena sinar matahari, maka sel darah putih akan meningkat. Sehingga tubuh memiliki pertahanan yang kuat terhadap berbagai macam penyakit, serta mencegah infeksi.

7. Mengurangi Gejala pada Alzheimer

Alzheimer merupakan sebuah penyakit yang menyerang pada bagian otak, sehingga penderita mengalami penurunan kemampuan berpikir, mengingat, dan berbicara. Pada pasien Alzheimer, manfaat sinar matahari dapat sedikit menekan gejala depresi, agitasi, hingga mengurangi terjaga pada malam hari.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat berjemur sinar matahari pagi yang berikutnya adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat merangsang pertumbuhan sel-sel saraf yang ada di hippocampus. Yakni bagian dari otak yang memiliki tanggung jawab untuk menyimpan, mengatur, dan membentuk sebuah memori.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur yang berkualitas merupakan salah satu kunci kesehatan dan keseimbangan tubuh. Pada beberapa orang, hal ini menjadi sesuatu yang sulit untuk diwujudkan. Untuk mengatasi hal ini, maka orang dianjurkan untuk berjemur saat pagi hari. Sebab, manfaat sinar matahari pagi dipercaya dapat memicu mata untuk mengirim pesan ke kelenjar pineal dan memproduksi melatonin. Yaitu hormon yang dapat merangsang rasa kantuk dan tertidur pulas.

10. Pertumbuhan Anak

Saat pagi hari, tidak sedikit orang tua yang menjemur anaknya di bawah sinar matahari. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan khasiat sinar matahari pada pagi hari dapat memberikan efek pada pertumbuhan anak. Selain untuk mendapatkan vitamin D, berjemur juga mengoptimalkan tinggi badan dan tumbuh kembang anak.

Manfaat Sinar Matahari untuk Kecantikan

Memiliki hobi untuk berburu sunrise memang sangat menyenangkan. Selain mengagumi ciptaan Tuhan, khasiat sinar matahari ternyata juga sangat bagus untuk kecantikan. Apa sajakah itu?

1. Mengobati Berbagai Penyakit Kulit

Memiliki permasalahan pada kulit? Cobalah untuk mengambil manfaat sinar matahari pagi. Menurut beberapa penelitian, sinar matahari pagi dapat membantu proses penyembuhan beragam penyakit kulit. Seperti psoriasis, jerawat, penyakit kuning, eksim, dan penyakit kulit lain yang disebabkan oleh jamur.

2. Meningkatkan Oksigen di dalam Darah

Manfaat lain dari sinar matahari adalah meningkatkan oksigen di dalam darah. Jika jaringan yang ada di tubuh memiliki kecukupan oksigen, maka stamina akan terjaga. Selain itu, dengan memanfaatkan bantuan sinar matahari, proses peremajaan kulit dapat berlangsung lebih baik.

3. Kulit Tampak Bersinar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, manfaat sinar matahari dapat meningkatkan sirkulasi udara dan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, kulit tidak akan terlihat pucat dan kusam, karena semua sistem dapat berjalan dengan lancar. Sehingga aura kecantikan dapat terpancar secara alami dan sempurna.

4. Aturan Berjemur yang Baik dan Benar

Melihat begitu banyaknya manfaat sinar matahari baik untuk kesehatan maupun kecantikan, pasti banyak yang kembali berpikir ulang. Ternyata, dapat hidup dan tinggal di Indonesia merupakan anugerah tersendiri yang jarang diakui. Karena dapat berjemur dengan mudah, tanpa perlu jauh-jauh ke luar kota atau negara.

Sementara untuk durasi berjemur sendiri masih menjadi perdebatan orang. Padahal sebenarnya, mau berjemur jam berapa pun diperbolehkan, asal memperhatikan durasi atau waktu. Jika ingin berjemur di bawah jam 10 pagi, maka lakukan dengan intensitas agak lama (kurang lebih 15 menit). Sebab, kadar UVnya cukup rendah.

Sebaliknya, jika ingin berjemur di atas jam 10 sampai jam 2 siang, cukup lakukan selama 5 menit. Hal ini dikarenakan indeks UV sedang sangat tinggi, sehingga risiko terkena kanker kulit juga lebih besar. Untuk meminimalisir risiko tersebut, maka oleskan lotion yang memiliki kandungan minimal SPF 30.

Selain itu, gunakan baju berlengan panjang dengan warna cerah, agar sinar matahari dapat mengenai kulit. Tak perlu berdiam diri, berjemur dapat dilakukan sambil berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya. Tubuh sehat, bugar, kulit pun bersinar alami. Tetap semangat untuk mendapatkan manfaat sinar matahari. Semoga bermanfaat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menghilangkan rasa cemas

13 Cara Menghilangkan Rasa Cemas yang Paling Efektif, Sudah Tahu?

sumbersehat.com – Cara menghilangkan rasa cemas merupakan hal yang bisa dilakukan ketika rasa cemas menyerang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *