25 Manfaat Serai Bagi Kesehatan, Nomer 4 Paling Berarti!

Sumbersehat.com – Manfaat serai untuk kesehatan dapat anda peroleh dengan mengonsumsi serai. Bisa menjadikannya sebagai bumbu masakan atau minuman. Serai sudah lazim digunakan dalam masakan Indonesia seperti soto, gulai hingga opor.

Serai memiliki beragam senyawa di dalamnya. Ada senyawa antiperadangan, isoorientin, hingga swertiajaponin. Ketiga senyawa tersebut berfungsi untuk mencegah masuknya berbagai macam penyakit ke dalam tubuh. Nah, untuk mengetahui manfaat serai yang selengkapnya, yuk simak pembahasan berikut ini.

Inilah Manfaat Serai yang Wajib Anda Ketahui

Ini dia 25 khasiat serai yang dapat membantu anda menjaga tubuh supaya tetap sehat dan fit, diantaranya:

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Manfaat serai untuk kesehatan yang pertama adalah mengeluarkan racun melalui urin. Nah, di dalam serai terdapat zat yang memicu efek diuretik sehingga merangsang produksi air seni. Alhasil, anda akan lebih banyak mengeluarkan urin. Efek diuretik ini juga dapat membantu dan memaksimalkan kinerja ginjal.

Anda cukup meminum air rebusan serai. Selain itu, ketika perut anda kembung akibat terisi banyak cairan, anda juga dapat meminumnya untuk merangsang keluarnya urin.

Baca juga : 25 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Wanita dan Pria, Jangan Abaikan!

Meningkatkan jumlah sel darah merah

Sel darah merah pada tubuh manusia memiliki fungsi yang sangat vital, lho. Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan anemia, tubuh lemas, dan wajah pucat. Nah, jika anda sedang mengalami anemia, bisa mengambil manfaat serai dengan membuatnya teh.

Konsumsi teh serai secara rutin dapat mengatasi anemia. Teh serai mampu meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, teh serai juga dapat memadatkan sel darah.

Solusi menurunkan kolesterol

Apabila dikombinasikan dengan jahe, serai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa akar dan daun serai punya kandungan yang bersifat antihiperlipidemia dan antihiperkolesterolemia. Manfaat serai dan jahe ini juga meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kolesterol buruk.

Meningkatkan kesehatan kulit

Khasiat serai juga bisa dirasakan pada kulit anda, lho. Rajin menggunakan minyak esensial dari daun serai dipercaya dapat meningkatkan kecerahan pada wajah. Tidak hanya itu, serai juga mampu menjaga kesehatan kulit karena bersifat astringen dan antiseptik.

Bagi anda yang memiliki masalah dengan pori-pori besar, anda juga bisa mengaplikasikan minyak daun serai. Penggunaan secara rutin dapat membantu merapatkan pori-pori dan memperkuat jaringan kulit.

Mengurangi risiko terkena kanker

Senyawa sitral dalam serai memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Caranya adalah dengan membunuh sel kanker tersebut atau memperkuat sistem imun guna melindungi tubuh.

Cara mengambil manfaat serai untuk membunuh sel kanker adalah cukup dengan meminum teh serai secara teratur. Pada beberapa kasus, penderita kanker yang menjalani kemoterapi disarankan untuk mengonsumsi teh serai ini.

Membantu menjaga kesehatan pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya, khasiat serai berikut ini bisa menjadi solusinya. Pada hasil studi National Institute of Health, disebutkan bahwa kandungan pada serai bisa menyembuhkan tukak lambung.

Penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa minyak yang dihasilkan dari daun serai dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Baca juga : Percaya Tidak? 25 Manfaat Kunyit Ini Bisa Buat Kamu Sehat dan Segar!

Membantu menurunkan berat badan

Tadi sudah disebutkan bahwa manfaat serai bisa mendetoksifikasi tubuh. Nah, proses detoksifikasi atau pengeluaran racun ini juga akan berdampak pada berat badan anda. Serai meningkatkan metabolisme serta merangsang produksi urin.

Selain khasiat serai untuk kesehatan di atas, masih banyak khasiat kesehatan lainnya. Berikut daftar manfaat serai :

  1. Meredakan sakit atau radang tenggorokan
  2. Meredakan demam
  3. Mencegah dan menghambat pertumbuhan jamur pada luka
  4. Bisa menyehatkan hati dan pankreas
  5. Mengatasi sembelit
  6. Membantu meredakan penyakit asam lambung
  7. Bisa mencegah dan membantu penyembuhan stress dan depresi
  8. Dapat menyehatkan mata karena kandungan vitamin A nya
  9. Mengurangi munculnya keringat yang berlebihan
  10. Meredakan sakit kepala dan migrain
  11. Mengatasi infeksi saluran kemih
  12. Mengatasi kurap dan scabies
  13. Meningkatkan fungsi organ pernapasan
  14. Meningkatkan sistem saraf
  15. Membantu mengatasi insomnia
  16. Mengontrol kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes
  17. Dapat merevitalisasi tubuh
  18. Membantu mengobati gigi berlubang

Demikianlah 25 manfaat sere yang dapat membantu tubuh anda agar tetap sehat. Mengonsumsi sere bisa jadi solusi bagi anda yang ingin tetap sehat dengan cara yang alami. Bagaimana? Tertarik untuk lebih sering mengonsumsi sere?

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat lidah buaya untuk wanita

6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wanita dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

sumbersehat.com - Manfaat lidah buaya untuk wanita tidak main-main. Wanita secara alaminya memang ingin selalu tampil cantik dan mulus. Tidak hanya di depan suami bagi yang sudah menikah. Kecantikan alami yang selalu dikejar dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *